Ini merupakan fitur menu yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan resi sesuai dengan kebutuhan.
Berikut langkah-langkahnya :
Business info, terdapat atribut seperti Logo, Company Name, Branch Name, Address, City, Province, Phone, Email, Note dan Footer yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt
Data Logo, Note, Facebook, Instagram, Twitter, dan Website dapat diubah sesuai kebutuhan, dengan langkah sebagai berikut :
Merupakan menu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan company.
Berikut langkah-langkah penggunaanya :
Langkah- langkah Penggunaan Method of Payment pada Aplikasi dRetail :
Multi Price Shopee pada tablet
Harga yang akan digunakan pada transaksi pemesanan menggunakan tipe ini akan menyesuaikan dengan harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee Price pada halaman Detail item, Paket item, atau Item branch. untuk melakukan transaksi pemesanan, lakukan langkah berikut ini.
Berikut langkah-langkahnya:
Pada versi terbaru kini terdapat fitur QR menu dinamis pada meja pesanan. Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut.
Langkah kerja fitur pada website backoffice:
Langkah kerja fitur pada tablet
Kemudian pilih meja yang diinginkan untuk generate QR.
Dipilih meja 1 untuk dilakukan generate QR, kemudian klik tombol hasilkan QR 1 meja.
Kemudian QR Menu Dinamis akan tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.
Untuk panduan penggunaan QR Dinamis pada ponsel konsumen bisa dilihat disini
Pengaturan pada backoffice
Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan penambahan data member. Setelah login kemudian pilih menu Membership → Member List → New Member.
Pengaturan pada tablet
Shoplink hanya dapat integrasi dengan merchant tipe retail, dengan syarat harus company baru atau merchant yang belum pernah terdaftar, jika merchant yang sudah terdaftar maka harus membuat company baru. Pada company baru ini, terdapat Inventory Baru yang meliputi Add Stock, Supplier, Purchase, Receive, Stock Opname, dan Movement.
Fitur Inventory → Add Stock
Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan penambahan stock item. Sebelum menambahkan stok terlebih dahulu harus menambahkan data category dan data detail item. terdapat Add stock dan History add stock.
Untuk langkah kerja fitur silahkan download guidebook dibawah
Inventory → Supplier
Berisi data supplier yang dimiliki company.
A. Tambah Supplier, Klik tombol tambah > Isi Form > Simpan data.
B. Edit Supplier, Klik nama yang akan di edit > ubah data > Simpan data.
C. Hapus Supplier, Klik icon hapus Konfirmasi > Data terhapus.
D. Search, untuk mempermudah pencarian data dengan menuliskan salah satu dari acuan data yang sedang di cari (Misal berdasar nama atau phone).
Inventory → Purchase
Berisi data purchase yang didalamnya terdapat fitur Add purchase, History purchase, dan close purchase.
*Untuk langkah kerja silahkan download guidebook dibawah
Inventory → Receive
Berisi data daftar purchase yang akan dilanjutkan pada proses receive suatu barang.
*Untuk langkah kerja silahkan download guidebook dibawah
Inventory → Stock Opname
Merupakan data Stock Opname pada gudang dengan branch yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. fitur ini memiliki 2 submenu yaitu Add Stock Opname dan History Stock Opname.
*Untuk langkah kerja silahkan download guidebook dibawah.
Inventory → Movement
Berisi data jumlah barang yang tersedia pada suatu item barang.
*Untuk langkah kerja silahkan download guidebook dibawah.
Integrasi ShopLink dan Back Office dRetail
Berikut adalah cara integrasi antara Shoplink dengan web backoffice dRetail:
Masuk ke halaman Plugin, kemudian klik Online Orders.
Pada halaman Plugin, pilih Shoplink.
Akan tampil pop up Confirmation, tekan tombol Confirm untuk melanjutkan.
Pilih Device yang akan digunakan pada aplikasi MPOS. Lalu tekan tombol Save.
Maka akan tampil notifikasi Success.
Untuk masuk ke web Shoplink, tekan tombol lalu klik Shoplink
Maka akan otomatis masuk ke halaman web Shoplink.
Untuk menyinkronkan item pada Backoffice Dretail dengan Shoplink, ke halaman Integrasi Market. Lalu pada MPOS Dretail tekan tombol Sync Item.
Pada halaman Match SKU, terdapat Master Item dan Item from dRetail. Klik tombol Match All.
Akan tampil pop up notifikasi Integrasi Sukses.
Setelah sync item, maka selanjutnya Sync Stok untuk menyamakan stok antara Shoplink dengan Backoffice Dretail.
Akan tampil pop up notifikasi Integrasi Sukses.
Item yang telah disinkronkan akan tampil pada halaman Item.
Website ShopLink
Akses untuk masuk ke web Shoplink ada 2, yaitu melalui Backoffice dRetail dan login melalui web Shoplink. Untuk login pada web shoplink, melalui url: https://shoplink.co.id/
Pada halaman utama, klik Login.
Login menggunakan Username dan Password yang sama dengan company. Lalu tekan tombol LOGIN.
Pada halaman Beranda akan tampil informasi Pending Order, Total Item, dan Ringkasan Penjualan.
Pada halaman Item akan tampil item yang telah disinkronkan pada backoffice dretail. Untuk melihat detail item, tekan pada SKU.
Untuk mengubah detail item, tekan ikon pada pojok kanan atas.
Berikut tampilan halaman berisi daftar pesanan yang masuk. Detail pesanan meliputi Order ID, Status, dan Total.
Pada Menu Pelanggan berisi informasi mengenai pelanggan, seperti nama, alamat, no. telp, dan lain lain.
Menu Laporan
Pada halaman ini terdapat 2 jenis laporan yaitu, laporan penjualan berdasarkan item dan laporan penjualan berdasarkan channel.
Laporan penjualan berdasarkan item berisi informasi Nama Item, SKU, Qty, dan Penjualan.
Laporan penjualan berdasarkan channel berisi informasi Channel, Order, Terjual, Penjualan Kotor, dan Penjualan Bersih.
Menu Cek Ongkir
Digunakan untuk mengecek ongkos kirim pesanan dari kota asal ke kota tujuan dengan 3 pilihan ekspedisi, yaitu SiCepat, JNE, dan AnterAja. Untuk mengecek ongkos kirim, masukkan Asal (Provinsi, Kota, Kecamatan), Tujuan (Provinsi, Kota, Kecamatan), dan Berat. Lalu tekan tombol Confirm.
Anda juga dapat melakukan top up untuk E-wallet
Menu Chat List, berisi pesan singkat dari customer. User dapat memilih marketplace mana yang akan ditampilkan chatnya.
*Tutorial lengkap tentang ShopLink dapat mengunduh guidebook dibawah
Pengaturan
Digunakan untuk merubah pengaturan pada web shoplink.
Mapping Stock, digunakan untuk mengatur jumlah stok pada masing-masing marketplace. Berisi Nama Toko, Marketplace, Branch, dan Action.
Setelah memilih Branch, lalu tekan tombol Tambah.
Maka akan tampil pop up Mapping Success.
Akun, berisi Informasi Umum dan Lokasi dari company.
Peran / Jabatan, berisi daftar peran / jabatan pengguna shoplink yang meliputi Nama Peran, Jumlah Pengguna, dan Action.
Staff, berisi daftar staff yang meliputi Nama Staff, Peran, dan Action.
Pengiriman, berisi pengaturan pengiriman pada marketplace.
Integrasi ke Marketplace
Digunakan untuk sinkronisasi item dan stok antara Backoffice Dretail dengan Shoplink seperti yang telah dijelaskan pada halaman 23. Dan juga untuk integrasi dengan marketplace lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.
Untuk integrasi dengan marketplace Shopee langkahnya sebagai berikut:
Tekan tombol (+) pada Shopee.
Lalu akan tampil sidebar Shopee, tekan tombol Connect.
Maka akan langsung ditujukan ke halaman login Shopee. Silakan masukkan username dan password yang digunakan pada akun Shopee. Klik tombol Login.
Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke no. handphone yang terdaftar pada akun Shopee. Klik tombol Verify.
Pada halaman Open Platform, klik tombol Confirm Authorization untuk integrasi antara Shoplink dengan Shopee.
Maka akan tampil notifikasi pop up Integrasi Sukses, dan akan kembali ke halaman Shoplink.
Selanjutnya yaitu menyinkronkan item yang ada di Shopee dengan Shoplink, klik tombol Sync Item.
Klik tombol Match All.
Maka pada halaman Integrasi Marketplace, pada Shopee tampil informasi tanggal integrasi ke Shoplink.
Untuk integrasi dengan marketplace Tokopedia langkahnya sebagai berikut:
Tekan tombol (+) pada Tokopedia.
Lalu akan tampil sidebar Tokopedia, silakan masukkan Shop Name dan URL, lalu tekan tombol Request Integration.
Maka akan tampil notifikasi untuk menunggu persetujuan integrasi dari tim Shoplink.
*Klik disini untuk penggunaan ShopLink pada MPOS
Jika pesanan telah di lakukan approve oleh kasir dan dan ingin melakukan membayar klik button Request Bill.
- Terdapat 2 metode pembayaran :
1. Manual payment atau jump app. Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan pada halaman PWA adalah resi.
2. Bayar di kasir (Cash, QRIS, Debit, Credit Card). Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan hanya bill saja
Klik tombol request bill.
1. Void item lalu void lagi totalnya tidak sesuai
Pada versi sebelumnya, saat dilakukan void item kemudian dilakukan void kembali maka totalnya tidak sesuai.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan
2. Void di pending item tidak hilang
Pada versi sebelumnya, tombol void tampil pada halaman data pending seharusnya tombol void ini tidak tampil.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Bahasa
Pada versi sebelumnya, terdapat bug pada Bahasa. Jika dipilih setting Bahasa Inggris namun pada display menu tetap akan menampilkan Bahasa Indonesia.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Nama customer
1. Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke hal penjualan
Pada versi sebelumnya, Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke halaman penjualan.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
2. Nama customer nyangkut ketika 3x transaksi PENDING
Pada versi sebelumnya, terjadi data nama customer yang menyangkut ketika dilakukan 3x transaksi PENDING
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Transaksi Meja
1. Split pada meja masih bisa semua item harusnya ada sisa 1 item
Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan split item pada meja maka semua item dapat dilakukan split namun seharusnya tidak bias dan harus ada sisa 1 item.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
2. Diskon tidak ketika menambahkan item yang sama dan diskon item di meja
Pada versi sebelumnya, jika menambahkan diskon pada item yang sama maka data diskon tidak tampil begitu juga dengan diskon item pada meja.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
3. Split bill yang ada discount masih ambil discount dari QTY sebelumnya
Pada versi sebelumnya, jika dilakukan split bill item yang terdapat discount maka datanya tetap mengambil discount dari QTY sebelumnya.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
4. Gabungkan tagihan FC ketika salah satu meja tidak ada item
Pada versi sebelumnya, sebagai contoh melakukan reservasi pada meja. Reservasi bisa reserve meja tanpa ada pesanan terlebih dahulu. Jadi kasir melakukan Gabung Meja dengan meja yang kosong tersebut maka akan terjadi force stop.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Multi Price
1. Multi price pajak tetap tampil walaupun settingan web nya NO
Pada versi sebelumnya, Pajak akan tetap tampil ketika telah dipilih setting NO pada website.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
2. UI Multi price tidak rapi 10,12,16 inch
Pada versi sebelumnya, UI Multi price tidak rapi pada tablet 10, 12, 16inch.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
3. Multi price simpan ke cart harga masih ambil harga dine in
Pada versi sebelumnya, ketika melakukan transaksi dengan tipe multi price kemudian simpan pada cart maka harga yang digunakan adalah harga dari Dine In.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Harga diambil sesuai dari jenis transaksinya.
Resi Pembayaran
Pada versi sebelumnya, pada Receipt WA dan SMS tidak terdapat uang total kembalian.
Pada versi terbaru Kini, pada Receipt WA dan SMS terdapat uang total kembalian.
Saved Order
1. Penambahan detail subtotal, diskon bill & Item, biaya kirim, pembulatan dan kuantitas di save order
Pada versi sebelumnya, tidak terdapat rincian detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan penambahan detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order.
2. Setelah save order takeaway atau delivery kirim resi WA tidak jump app ke WA
Pada versi sebelumnya, saat melakukan save order takeaway atau delivery kemudian kirim resi WA namun tidak jump app ke WAnya langsung.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
3. Simpan pesanan delivery ke cart beda dengan yang di input totalnya
Pada versi sebelumnya, saat dilakukan simpan pesanan delivery ke cart maka total yang tersimpan dengan yang di input adalah beda.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
4. Save Dine in lalu simpan ke meja FC
Pada versi sebelumnya, saat dilakukan
Saat dilakukan tahap-tahap berikut maka akan terjadi force stop.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Member
1. Saat create member, input ID dari tab tidak terkirim ke server
Pada versi sebelumnya, saat melakukan create member input ID dari tablet tidak terkirim ke server.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Saat melakukan cerat data member dari tablet maka ID akan dikirim pula ke server.
2. Data member disable ketika setelah edit reservasi
Pada versi sebelumnya, Data Member disable ketika setelah dilakukan edit data reservasi.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Setelah edit reservasi maka data member dapat diubah dan pilih member sesuai kebutuhan
Promo Otomotis
1. Promo Otomatis 1 dan 3 ( A dan B gratis C kelipatan) tidak sesuai
Pada versi sebelumnya, saat menggunakan promo otomatis 1 dan 3 (A dan B gratis C kelipatan) hasilnya tidak sesuai.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
2. Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika simpan ke cart
Pada versi sebelumnya, saat menggunakan Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika data disimpan ke cart.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Ritel→ Retur
Retur masih bisa dibuka padahal sudah retur bill
Pada versi sebelumnya, Retur masih bisa dibuka setelah dilakukan retur bill.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali
Pada versi sebelumnya, sebelumnya terjadi bug Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Tidak bisa retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen
Pada versi sebelumnya, tidak bisa melakukan retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen.
Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.
Printer
Penambahan fitur
Penambahan nama pelanggan pada meja
Settlement merupakan penyelesaian akhir transaksi yang telah dilayani oleh seorang kasir selama menjadi kasir sebagai sebuah laporan. Bila kasir ingin berganti shift dihari yang sama, maka seorang kasir harus melakukan settlement terlebih dahulu. Selanjutnya dapat berganti shift dengan kasir lain (login dengan username dan password dari seorang kasir yang akan menggantikan shift).
Proses settlement dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Preview dan Non Preview.
Pada backoffice masuk ke halaman Settings → Setup, kemudian pilih jenis settlement lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan
Untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, lakukan Langkah berikut:
Kemudian tunggu hingga QR Code tampil pada halaman. Selanjutnya scan barcode menggunakan Handphone customer. QR code dapat dicetak dengan cara menekan tombol QR Print. Bila transaksi telah sukses dan ingin menampilkan QR Code klik Tombol cek pembayaran yang tersedia.
Setelah scan barcode maka akan tampil rincian pembayaran pada handphone, klik tombol Lanjutkan untuk menyelesaikan proses pembayaran.
Jika proses pembayaran pada aplikasi Shopee Pay telah selesai, laman QR Code akan tertutup, dan akan tampil pop up Pembayaran Berhasil. Tekan tombol OK untuk kembali ke halaman penjualan.
Jika user belum melunasi transaksi QRIS, pop up QRIS bisa ditutup terlebih dahulu dengan menekan tombol X di pojok kanan atas.