Sales
Daftar "Sales"

Ini merupakan fitur menu yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan resi sesuai dengan kebutuhan.

 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Setelah melakukan login pada backoffice dRetail, klik menu  Settings lalu klik Receipt
  • Tambah data Design Layout Receipt, Klik tombol tambah (+), pilih atribut yang ingin ditampilkan pada receipt
  • Isi Profile Name.

Business info, terdapat atribut seperti Logo, Company Name, Branch Name, Address, City, Province, Phone, Email, Note dan Footer yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt

  • Transaction, terdapat atribut seperti Reff No, Order Type, Custom Name, Table, Total Qty Item, Item Code, Unit Price, Queue No yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt.

  • Contact, terdapat atribut seperti Facebook, Instagram, Twitter, Website yang dapat dipilih dan diberi tanda centang agar tampil pada layout design receipt

 

Data Logo, Note, Facebook, Instagram, Twitter, dan Website dapat diubah sesuai kebutuhan, dengan langkah sebagai berikut :

  • Masuk pada fitur menu Branch, Pilih Branch dan Pilih Receipt

  • ubah sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save yang tersedia untuk menyimpan perubahan data

             

  • Kemudian ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya melalui website back office
  • Untuk melakukan Edit Data Design Layout Receipt, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Sebelum data layout dapat digunakan maka diharuskan untuk menambahkan branch terlebih dahulu, klik tombol Apply to Branch untuk menambahkan branch kemudian pilih branch sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya klik tombol save untuk menyimpan data
  • Kemudian Ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya memalui website backoffice

 

Apakah artikel ini membantu ?

Merupakan menu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan company.

Berikut langkah-langkah penggunaanya : 

  • Method of Payment, diharuskan untuk membuat data method of payment terlebih dahulu sebelum membuat data configuration
  • Untuk menambah Data, Klik tombol tambah (+) → Isi Form → Simpan data
  • Untuk edit Data, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Configuration, setelah membuat data method of payment data ini harus dilakukan konfigurasi agar dapat digunakan pada Aplikasi dRetail. 
  • Untuk menambah Data Configuration, Klik tombol tambah → Isi Form: Configuration name, Pilih branch
  • Daftar data Method of Payment yang telah dibuat sebelumnya akan tampil pada form tambah data Configuration ini, pilih sesuai kebutuhan

  • Setelah form terisi lengkap, klik tombol save untuk menyimpan data.

 

Langkah- langkah Penggunaan Method of Payment pada Aplikasi dRetail :

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih metode pemesanan dan masukkan item pesanan sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol total untuk melanjutkan pembayaran.

  • Selanjutnya pilih metode pembayaran lainnya, Method of Payment yang telah diatur sebelumnya melalui website backoffice akan tampil pada halaman ini
  • Pilih metode pembayaran sesuai kebutuhan, lanjutkan pembayaran hingga selesai
Apakah artikel ini membantu ?

Multi Price Shopee pada tablet

Harga yang akan digunakan pada transaksi pemesanan menggunakan tipe ini akan menyesuaikan dengan harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee Price pada halaman Detail item, Paket item, atau Item branch. untuk melakukan transaksi pemesanan, lakukan langkah berikut ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih tipe pemesanan.

  • Pilih Multi Price.

  • Pilih Shopee
  • Pilih item pesanan, sebagai contoh dimasukkan 1 item dengan harga Rp 20.000. Harga item yang digunakan menyesuaikan dengan data harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee price. Kemudian lanjutkan proses pembayaran dengan cara menekan klik total pembayaran yang tersedia.

  • Lakukan proses pembayaran hingga selesai. 
  • Selanjutnya riwayat transaksi akan ditampilkan pada halaman riwayat >Transaksi, dengan tipe Shopee Food

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini terdapat fitur QR menu dinamis pada meja pesanan. Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Langkah kerja fitur pada website backoffice:

  • Masuk pada halaman website backoffice.
  • Pilih Menu > Digital Menu.

 

  • Buat data digital menu, pada setting > Generate QR Code pilih Dynamic. Kemudian klik tombol save untuk menyimpan data digital menu.

Langkah kerja fitur pada tablet 

  • Klik meja untuk masuk terlebih dahulu pada halaman meja.

  • Kemudian Klik button disudut kanan bawah pada tablet

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih Hasilkan QR ( Generate QR ).

  • Kemudian pilih meja yang diinginkan untuk generate QR.

  • Dipilih meja 1 untuk dilakukan generate QR, kemudian klik tombol hasilkan QR 1 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis akan tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.

  • Dapat pula melakukan merge pada meja sebelum melakukan generate QR.
  • Merge ini dapat dilakukan pada lebih dari 1 meja. 
  • Dengan cara memilih meja sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Hasilkan QR ( Generate QR ) yang tersedia.
  • Sebagai contoh dipilih meja 1 dan meja 2, kemudian klik tombol hasilkan QR 2 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis pada kedua meja akan tercetak, Kondisi Meja yang dilakukan merge akan di cetak pada urutan terakhir.
  • Setelah QR menu dinamis pada meja pertama tercetak maka akan tampil informasi untuk melanjutkan cetak QR pada meja selanjutnya yang dilakukan merge. Klik tombol lanjut.

  • QR Menu pada meja 1 dan meja 2 berhail tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.
  • Setelah QR dilakukan scan menggunakan handphone maka akan tampil halaman meja pesanan pada handphone. 

Untuk panduan penggunaan QR Dinamis pada ponsel konsumen bisa dilihat disini

 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Pengaturan pada backoffice 

Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan penambahan data member. Setelah login kemudian pilih menu Membership Member List → New Member.

  • Akan tampil Form Tambah Data Member, pada menu ini ditambahkan kolom Term of Payment.

  • Isi form data member lalu klik tombol Save untuk menyimpan data member.
  • Untuk melihat data yang baru saja ditambahkan, klik pada Nama Customer tersebut.

  • Akan tampil detail dari member tersebut yang berisi Tanggal Periode, Personal Information, Top 10 Items, dan Transaction History dari member tersebut.

  • Terdapat metode Term of Payment (TOP) pada Personal Information.

  • Untuk mengubah data Personal Information, klik tombol edit data telah disediakan.

 

  • Kemudian akan tampil Form Edit Data Member, silahkan ubah data sesuai kebutuhan lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan data.

  • Data transaksi pending akan tampil pada backoffice, masuk pada halaman Cash Activity Receivables Credit To Pay, pada halaman ini tampil Due Date. Total transaksi ditampilkan pada bagian kanan bawah.

  • Terdapat penambahan general setup Term of Payment on Tablet, masuk pada halaman Settings → Setup, pada Term of Payment on Tablet terdapat dua jenis opsi, Uneditable dan Editable on tablet. pilih sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan data.

Pengaturan pada tablet

  • Masukkan item pesanan kemudian klik tombol TOTAL.

  • Setelah masuk ke halaman pembayaran, klik Lainnya.

  • Kemudian pilih Pending

  • Masukkan nama member, maka Jangka Waktu Pembayaran akan otomatis terisi. Kemudian klik tombol Bayar untuk melanjutkan proses pembayaran.

  • Untuk melakukan pembayaran dan melihat data remaining payment pending dari data customer, masuk pada halaman Riwayat.

  • Masuk ke menu Tertunda, kemudian klik no Reff Number dari data yang baru diinput.

  • Pada halaman Transaksi akan tampil rincian pelanggan beserta penambahan rincian Waktu Pembayaran.

 

 

 

 

Apakah artikel ini membantu ?
  • Scan QR Code yang telah di cetak ( Keterangan : Proses pemesanan sama dengan type static ).

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih item yang akan dibeli kemudian masukan kedalam cart.

  • Pilih dan masukkan pesanan, klik tombol Add cart.

 

  • Klik tombol item untuk melanjutkan proses pemesanan.

 

  • Klik tombol Place Order.

  • Kemudian klik tombol Yes, make my order untuk menyimpan pesanan pada Meja
  • Tunggu hingga kasir melakukan approve pada pesanan.

  • Jika pesanan telah di lakukan approve oleh kasir dan dan ingin melakukan membayar klik button Request Bill.

-          Terdapat 2 metode pembayaran :

1.      Manual payment atau jump app. Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan pada halaman PWA adalah resi.

  • Klik tombol request bill.

 

  • Sebagai contoh akan dipilih gopay, kemudian klik tombol procced request bill

  • Tunggu hingga kasir melakukan konfrimasi pembayaran
  • Setelah kasir melakukan konfirmasi maka akan tampil halaman berikut, klik tombol pay.

  • Klik tombol yes, proceed payment.
  • Klik tombol pay.

  • Kemudian akan langsung diarahkan pada halaman Aplikasi Gojek.
  • Lakukan pembayaran hingga selesai.
  • Setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil resi pada halaman handphone customer. Resi dapat disimpan atau di kirim via email dengan cara menekan salah satu tombol yang terdapat dibawah halaman.

2. Bayar di kasir (Cash, QRIS, Debit, Credit Card). Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan hanya bill saja

Klik tombol request bill.

  • Sebagai contoh akan dipilih cash, kemudian klik tombol procced request bill

  • Kemudian lakukan pembayaran pada kasir, setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil bill pada halaman handphone customer. 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Void

1. Void item lalu void lagi totalnya tidak sesuai

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan void item kemudian dilakukan void kembali maka totalnya tidak sesuai.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan

2. Void di pending item tidak hilang

Pada versi sebelumnya, tombol void tampil pada halaman data pending seharusnya tombol void ini tidak tampil.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Bahasa

Pada versi sebelumnya, terdapat bug pada Bahasa. Jika dipilih setting Bahasa Inggris namun pada display menu tetap akan menampilkan Bahasa Indonesia.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Nama customer 

1. Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke hal penjualan

Pada versi sebelumnya, Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke halaman penjualan. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Nama customer nyangkut ketika 3x transaksi PENDING

Pada versi sebelumnya, terjadi data nama customer yang menyangkut ketika dilakukan 3x transaksi PENDING 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Transaksi Meja

1. Split pada meja masih bisa semua item harusnya ada sisa 1 item

Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan split item pada meja maka semua item dapat dilakukan split namun seharusnya tidak bias dan harus ada sisa 1 item.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Diskon tidak ketika menambahkan item yang sama dan diskon item di meja

Pada versi sebelumnya, jika menambahkan diskon pada item yang sama maka data diskon tidak tampil begitu juga dengan diskon item pada meja. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Split bill yang ada discount masih ambil discount dari QTY sebelumnya

Pada versi sebelumnya, jika dilakukan split bill item yang terdapat discount maka datanya tetap mengambil discount dari QTY sebelumnya.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Gabungkan tagihan FC ketika salah satu meja tidak ada item

Pada versi sebelumnya, sebagai contoh melakukan reservasi pada meja. Reservasi bisa reserve meja tanpa ada pesanan terlebih dahulu. Jadi kasir melakukan Gabung Meja dengan meja yang kosong tersebut maka akan terjadi force stop.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Multi Price 

1. Multi price pajak tetap tampil walaupun settingan web nya NO

Pada versi sebelumnya, Pajak akan tetap tampil ketika telah dipilih setting NO pada website.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. UI Multi price tidak rapi 10,12,16 inch

Pada versi sebelumnya, UI Multi price tidak rapi pada tablet 10, 12, 16inch.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Multi price simpan ke cart harga masih ambil harga dine in

Pada versi sebelumnya, ketika melakukan transaksi dengan tipe multi price kemudian simpan pada cart maka harga yang digunakan adalah harga dari Dine In.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Harga diambil sesuai dari jenis transaksinya.

Resi Pembayaran

Pada versi sebelumnya, pada Receipt WA dan SMS tidak terdapat uang total kembalian.

Pada versi terbaru Kini, pada Receipt WA dan SMS terdapat uang total kembalian.

 

Saved Order 

 

1. Penambahan detail subtotal, diskon bill & Item, biaya kirim, pembulatan dan kuantitas di save order

Pada versi sebelumnya, tidak terdapat rincian detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan penambahan detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order.

 

2. Setelah save order takeaway atau delivery kirim resi WA tidak jump app ke WA

Pada versi sebelumnya, saat melakukan save order takeaway atau delivery kemudian kirim resi WA namun tidak jump app ke WAnya langsung.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Simpan pesanan delivery ke cart beda dengan yang di input totalnya

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan simpan pesanan delivery ke cart maka total yang tersimpan dengan yang di input adalah beda. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Save Dine in lalu simpan ke meja FC

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan 

  • Buat saved order dine in
  • Masuk ke halaman cart → dine in, kemudian lakukan aksi
  • Setelah aksi, pilih meja, kemudian simpan kembali ke meja tersebut

Saat dilakukan tahap-tahap berikut maka akan terjadi force stop.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Member 

1. Saat create member, input ID dari tab tidak terkirim ke server

Pada versi sebelumnya, saat melakukan create member input ID dari tablet tidak terkirim ke server. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Saat melakukan cerat data member dari tablet maka ID akan dikirim pula ke server.

2. Data member disable ketika setelah edit reservasi

Pada versi sebelumnya, Data Member disable ketika setelah dilakukan edit data reservasi.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Setelah edit reservasi maka data member dapat diubah dan pilih member sesuai kebutuhan

Promo Otomotis

1. Promo Otomatis 1 dan 3 ( A dan B gratis  C kelipatan) tidak sesuai

Pada versi sebelumnya, saat menggunakan promo otomatis 1 dan 3 (A dan B gratis C kelipatan) hasilnya tidak sesuai.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika simpan ke cart

Pada versi sebelumnya, saat menggunakan Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika data disimpan ke cart.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Ritel→ Retur

Retur masih bisa dibuka padahal sudah retur bill

Pada versi sebelumnya, Retur masih bisa dibuka setelah dilakukan retur bill.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali

Pada versi sebelumnya, sebelumnya terjadi bug Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Tidak bisa retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen

Pada versi sebelumnya, tidak bisa melakukan retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Printer

  • Pada versi sebelumnya, resi akan tercetak 2x ketika tekan button OK dengan cepat, ini terjadi pada tablet imin dan printer panda USB.
  • Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Penambahan fitur

Penambahan nama pelanggan pada meja

  • Pada versi sebelumnya nama pelanggan tidak akan ditampilkan pada meja ketika ditambahkan nama pelanggan atau data member.
  • Pada versi terbaru kini nama pelanggan akan ditampilkan pada meja ketika ditambahkan nama pelanggan atau data member.
Apakah artikel ini membantu ?

Settlement merupakan penyelesaian akhir transaksi yang telah dilayani oleh seorang kasir selama menjadi kasir sebagai sebuah laporan. Bila kasir ingin berganti shift dihari yang sama, maka seorang kasir harus melakukan settlement terlebih dahulu. Selanjutnya dapat berganti shift dengan kasir lain (login dengan username dan password dari seorang kasir yang akan menggantikan shift).

Proses settlement dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Preview dan Non Preview.

Pada backoffice masuk ke halaman Settings → Setup, kemudian pilih jenis settlement lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan

  • Pilih Settlement pada menu Aktifitas. Isi nama pengguna, kata kunci dan jumlah uang tunai. Maka akan tampil halaman seperti berikut.

  • Klik Summary → Settlement untuk melihat preview dari summary sales sebelum diprint.

  • Maka akan muncul pop up Pratinjau Settlement kemudian klik Konfirmasi Settlement untuk menyimpan settlement.

  • Setelah konfirmasi settlement maka akan muncul pop up pemberitahuan jika settlement telah berhasil.

  • Klik Rincian → Settlement untuk melihat settlement secara lebih rinci.

  • Maka akan muncul pop up Pratinjau Settlement kemudian klik Konfirmasi Settlement untuk menyimpan settlement.

  • Setelah konfirmasi settlement maka akan muncul pop up pemberitahuan jika settlement telah berhasil.

  • Untuk settlement non preview, ketika klik Summary dan Rincian akan langsung menyimpan settlement. 

Apakah artikel ini membantu ?

Untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, lakukan Langkah berikut:

  • Pilih QRIS untuk jenis pembayaran,
  • Terdapat beberapa jenis pembayaran QRIS yang disediakan yaitu ShopeePay, GoPay, LinkAja, OCTO Mobile by CIMB NIAGA, OTTO Pay, PAC Cash, Bank Sulselbar, atau Bank Lainnya.
  • Pilih salah satu jenis pembayaran, sebagai contoh dipilih ShopeePay. Kemudian klik tombol Bayar.

Kemudian tunggu hingga QR Code tampil pada halaman. Selanjutnya scan barcode menggunakan Handphone customer. QR code dapat dicetak dengan cara menekan tombol QR Print. Bila transaksi telah sukses dan ingin menampilkan QR Code klik Tombol cek pembayaran yang tersedia.

Setelah scan barcode maka akan tampil rincian pembayaran pada handphone, klik tombol Lanjutkan untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Jika proses pembayaran pada aplikasi Shopee Pay telah selesai, laman QR Code akan tertutup, dan akan tampil pop up Pembayaran Berhasil. Tekan tombol OK untuk kembali ke halaman penjualan.

Jika user belum melunasi transaksi QRIS, pop up QRIS bisa ditutup terlebih dahulu dengan menekan tombol X di pojok kanan atas.

Maka akan tampil pop up Konfirmasi Tutup Dialog QRIS. Tekan tombol OK untuk menutup pop up, maka pembayaran akan masuk ke menu Riwayat untuk melakukan pembayaran.

Masuk pada halaman Riwayat.

Kemudian pilih menu QRIS, lalu pilih Reff Number pelanggan tersebut.

Maka akan tampil halaman Transaksi. Klik tombol CEK PEMBAYARAN untuk menampilkan kembali barcode pembayaran.

Akan tampil pop up barcode QRIS, scan barcode tersebut menggunakan handphone untuk menyelesaikan pembayaran.

Setelah berhasil melakukan pembayaran maka akan tampil pop up Pembayaran Berhasil.

Jika bill QRIS sudah lunas, maka akan hilang dari riwayat QRIS dan akan berpindah ke Transaksi dengan status Lunas.

Jika bill QRIS belum lunas, pada status akan tampil keterangan Belum Lunas.

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi ini terdapat fitur baru yaitu penambahan toggle dine in & take away printer

Penjelasan nya adalah sebagai berikut :

Anda harus melakukan  Login Tablet -> Menu Pengaturan -> Printer -> Setting printer Label -> Atur On/Off label printer untuk Dine in dan Take away

Tampilan ketika printer label telah di setting, akan muncul toggle Dine In dan Take Away (On/Off).

Artinya printer akan mencetak label untu jenis order type yang berstatus On

Contoh :                                                                                                                              

Dine in (On) = printer akan mencetak label untuk semua item tipe orderan dine in

Dine in (Off) = printer tidak akan mencetak label untuk semua item tipe orderan dine in

Apakah artikel ini membantu ?

Pada Fitur ini user dapat menambahkan slide show berupa gambar atau menampilkan playback video pada second display. Fitur ini hanya dapat digunakan pada perangkat tablet khusus seperti tablet IMIN.

  • Login pada tablet
  • Masuk pada halaman Pengaturan, Pilih Dual Display

  • Akan terdapat 2 jenis slide show yaitu gambar dan video.
  • Jika ingin menampilkan slide show berupa gambar pada dual display maka tidak dapat menampilkan video.
  • Jika ingin menampilkan slide show berupa video pada dual display maka tidak dapat menampilkan gambar.  Pilih salah satu sesuai kebutuhan.
  • Pilih gambar untuk menampilkan slide show berupa gambar pada dual display.
  •  Masukkan gambar pada box yang disediakan.
  • Aktifkan tombol dual display.
  • Klik tombol simpan untuk menyimpan data dual display

  • Pilih Video untuk menampilkan slide show berupa video pada dual display.
  • Masukkan video pada box yang disediakan.
  • Aktifkan tombol dual display.
  • Klik tombol simpan untuk menyimpan data dual display

Apakah artikel ini membantu ?

Promo

  • Pada versi sebelumnya, jika terdapat Promo Beli A QTY 1 dan B QTY 1 Gratis C QTY 1 kemudian dihapus salah satu item A atau B. Promo ini akan hilang dari cart.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, jika terdapat Promo Beli A QTY 1 dan B QTY 1 Gratis C QTY 1 kemudian dihapus salah satu item A atau B. Promo ini tidak akan hilang dari cart.

Printer Zonerich

 Pada versi 3.3.1.1 Kini, terdapat perbaikan library printer Zonerich

Receipt Pembayaran

1. WA dan SMS data Receipt dari tablet tidak lengkap (Diskon Item, Diskon bill, Modifier)

  • Pada versi sebelumnya, masih terdapat bug pada WA dan SMS Receipt yaitu data yang dikirimkan dari tablet tidak lengkap (Diskon item, Diskon bill, Modifier).
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan WA dan SMS Receipt yaitu data yang dikirimkan dari tablet dilengkapi pula dengan data (Diskon item, Diskon bill, Modifier).

2. Receipt WA dan SMS pada harga dan Qty yang tertukar

  • Pada versi sebelumnya, masih terdapat bug pada WA dan SMS Receipt yaitu data harga dan Qty item Tertukar.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan WA dan SMS Receipt pada harga dan Qty item.

3. Receipt WA tidak ada uang total kembalian

  • Pada versi sebelumnya, pada Receipt WA tidak terdapat uang total kembalian.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, pada Receipt WA terdapat uang total kembalian.

4. Receipt pada WA tidak menampilkan tipe order (untuk resi lebih detail cek pada resi email)

  • Pada versi sebelumnya, pada Receipt WA tidak menampilkan tipe order. Tipe apapun yang digunakan maka akan tetap ditampilkan dengan status tipe order.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, pada Receipt WA tipe order ditampilkan berdasarkan tipe order yang sedang digunakan (untuk resi lebih detail cek pada resi email).

5. Print resi 1x akan tercetak 2x

  • Pada versi sebelumnya, saat dilakukan print resi sebanyak 1 kali akan terjadi bug yaitu resi akan tercetak 2 kali
  •  Pada versi 3.3.1.1 Kini, bug telah diperbaiki.

Ritel

1. Ritel tidak ada menu cart untuk saved order

  • Pada versi sebelumnya, pada retail tidak ada menu cart untuk saved order.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan dan menu cart ditampilkan kembali.

2. Ritel ketika klik Shopeepay malah jadi Take away

  • Pada versi sebelumnya, Ketika klik shopee price maka tipe pemesanan menjadi take away.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

PPOB

1. Produk PPOB pada cart harga menjadi 0 ketika multi price

  • Pada versi sebelumnya, jika dilakukan proses pembelian produk PPOB harga pada cart akan menjadi 0 ketika menggunakan tipe multi price.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan

2. Data PPOB pada cart dapat dihapus, harusnya data ini tidak dapat dihapus

  • Pada versi sebelumnya, jika dilakukan proses pembelian produk PPOB kemudian datanya disimpan pada cart dan data ini masih dapat dihapus.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. Data pembelian produk PPOB yang ada pada cart tidak dapat dihapus

Void

1. Void item pada meja, semua item akan hilang

  • Pada versi sebelumnya, terdapat bug jika dilakukan proses void item pada meja maka semua item akan hilang.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. Jika dilakukan void item pada data pesanan maka yang akan hilang adalah item yang dilakukan void saja.

2. Data yang sudah di settlement masih muncul button void

  • Pada versi sebelumnya, tombol void akan tetap tampil ketika data transaksi telah dilakukan settlement.o
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. tombol void tidak akan ditampilkan ketika data transaksi telah dilakukan settlement.

Laci uang

  • Pada versi sebelumnya, Laci uang selalu off setelah dilakukan cetak resi.
  •  Pada versi 3.3.1.1 Kini, Laci uang selalu on setelah dilakukan cetak resi.

Menu Favorite

1. Kondisi Menu Favorit Category ketika search item tidak tampil

  • Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan pencarian item pada menu favorite maka item yang dicari tidak tampil.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Halaman favorit memiliki data kategori, harga tidak berubah sesuai dengan tipe orderan grab/gojek/ shopee

  • Pada versi sebelumnya, menu favorite yang memiliki data kategori. Harga tidak berubah sesuai dengan tipe orderan grab/gojek/shopee.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. Data yang ditampilkan telah sesuai.

3. Menu Favorit space atas terlalu luas ketika ada gambar (prod)

  • Pada versi sebelumnya, pada menu favorite space atas terlalu luas ketika ada gambar.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

Transaksi Meja

1. Penggabungan Meja

  • Pada versi sebelumnya, sebagai contoh dilakukan penggabungan meja 1 dan 2 lalu dilakukan proses transaksi pelunasan. Kemudian dilakukan kembali penggabungan meja 1 dan 2, maka pada meja ini akan tampil kembali data orderan yang telah dilunasi sebelumnya.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Forcestop Split Bill

  • Pada versi sebelumnya, terjadi forcestop ketika dilakukan split bill.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Item pada meja hilang ketika melakukan penambahan item

  • Pada versi sebelumnya, terjadi bug saat dilakukan penambahan item pada suatu meja maka item akan menghilang.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. 

Member

  • Pada versi sebelumnya, saat dilakukan pencarian data member data yang dicari tidak tampil pada halaman.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

QR Menu/PWA

1. Hapus item yang masuk melalui pemesanan WA

  • Pada versi sebelumnya, sebagai contoh ketika user membuat transaksi dari PWA, lalu data akan masuk ke tablet. Kemudian kasir menghapus item dari transaksi tersebut, saat akan dilakukan pembayaran akan terjadi kesalahan.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. PWA meja di back sales fragment

  • Pada versi sebelumnya, Ketika orderan PWA masuk pada tablet maka akan tampil notifikasi, kemudian buka data terus dan klik meja, saat data ditampilkan maka akan tampil button yang seharusnya tidak ditampilkan.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan

3. Perbaikan PWA Fastfood menggunakan pembayaran GoPay tidak tampil pada tablet

  • Pada versi sebelumnya, saat melakukan pesanan menggunakan QR Menu data PWA fastfood dengan menggunakan pembayaran gopay tidak tampil pada tablet.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. 

4. Split bill PWA item tidak berkurang

  • Pada versi sebelumnya, saat dilakukan split bill melalui PWA maka item tidak berkurang.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

5. Split bill pada PWA kemudian swipe lalu hapus item pada tablet (Item 0 pada riwayat tablet & normal pada PWA)

  • Pada versi sebelumnya, saat dilakukan split bill pada PWA kemudian swipe lalu hapus item pada tablet (Item 0 pada riwayat tablet & normal pada PWA). 
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

6. Sync orderan PWA di riwayat transaksi → id promo

  • Pada versi sebelumnya, JIka terdapat transaksi yang telah selesai dan selama didalamnya terdapat order dengan PWA data ini tidak bisa dilakukan sync akibatnya user tidak dapat melakukan settlement.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

7. Cannot find order PWA, ketika cancel table menggunakan SPV

  • Pada versi sebelumnya, saat dilakukan cancel table menggunakan SPV maka data order PWA tidak dapat ditemukan.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

8. Penambahan nama pelanggan di halaman pembayaran untuk transaksi PWA Fastfood

  • Pada versi sebelumnya, tidak terdapat nema pelanggan saat melakukan transaksi PWA Fastfood.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah ditambahkan nama pelanggan pada halaman pembayaran untuk transaksi PWA fastfood.

9.Nav bar tidak hide ketika generate QR Meja di tablet

  • Pada versi sebelumnya, navbar tidak hide ketika melakukan generate QR Meja.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

10. Forcestop  ketika menekan tombol notifikasi QR Menu di laman meja

  • Pada versi sebelumnya, terjadi forcestop ketika menekan tombol notifikasi QR Menu di laman meja.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

11. UI Notifikasi PWA tertumpuk

  • Pada versi sebelumnya, terjadi penumpukan pada notifikasi data PWA yang masuk pada tablet.
  •  Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

Pending

1. Perbaikan diskon item nominal di PENDING

  • Pada versi sebelumnya, jika terdapat transaksi pending dengan diskon item nominal, nilai diskon item nominalnya tidak tampil pada riwayat transaksi pending.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Ketika pembayaran pending input nama orderan berikutnya

  • Pada versi sebelumnya, Ketika melakukan pelunasan data pending, nama pelanggan dari transaksi pending yang dilunasi tidak tampil pada transaksi berikutnya.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

Daftar Pesanan/ Cart

1. Cart hilang ketika tidak jadi pilih meja

  • Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan proses pilih meja namun tidak jadi maka tombol Cart akan hilang
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2.Button save order take away  ketika lanjut dari reservasi forcestop

  • Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan proses penyimpanan data take away lanjut dari reservasi maka akan terjadi force stop.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan

3. Nama staff kosong ketika print bill atau kitchen dari save order / cart take away

  • Pada versi sebelumnya, Nama staff akan kosong ketika print bill atau kitchent dari save order list atau cart take away.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Diskon persen masih ambil dan harga dine-in

  • Pada versi sebelumnya, Data diskon persen masih mengambil dari harga dine in.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. Harga akan menyesuaikan masing-masing tipe pemesanan

Reservasi

1. Reservasi take away atau delivery masih bisa disimpan ke cart

  • Pada versi sebelumnya, saat akan melakukan pembayaran pada proses pemesanan reservasi masih dapat dilakukan save data lagi ke saved order dan tipe data pemesanan dapat diubah.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan. Saat akan melakukan pembayaran pada proses pemesanan reservasi masih dapat dilakukan save data lagi ke saved order dan tipe data pemesanan tidak dapat diubah.

2. Forcestop aksi reservasi take away→ penjualan→ history

  • Pada versi sebelumnya, terjadi forcestop ketika dilakukan proses reservasi take away → penjualan → history.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

Perbaikan UI

1. Forcestop di layar 7 inch ketika klik setting double

  • Pada versi sebelumnya, terjadi forcestop ketika dilakukan setting double.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Forcestop 7inch ketika layar mati

  • Pada versi sebelumnya, terjadi forcestop ketika layer mati.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Akan tampil 3 button pada tipe pesanan Take Away

  • Pada versi sebelumnya, akan tampil 3 button pada saat melakukan pemesanan dengan menggunakan tipe take away.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Halaman pembayaran mengikuti settingan terakhir

  • Pada versi sebelumnya, pada halaman pembayaran ketika dipilih cetak resi 1x atau 2x kemudian dilakukan back dari halaman tersebut maka setting printnya tetep 2x. tidak dapat kembali menjadi 1x.
  • Pada versi 3.3.1.1 Kini, telah dilakukan perbaikan
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berfungsi untuk mengelompokkan member yang nanti nya dapat di mapping ke promo otomatis khusus member group.

Langkah pertama dalam menggunakan fitur ini yaitu setting member group terlebih dahulu.

Penjelasan nya sebagai berikut :

Pada menu Membership à Member Group atur member grup, admin dapat menambah, mengubah dan menghapus member group.

 

Penjelasan nya sebagai berikut :

1. Kolom Search, digunakan untuk input pencarian nama grup

2. Kolom Data ,

  • Description, Berisi data keterangan grup
  • Total Member, total member yang masuk ke dalam grup
  • Status, Active/ Non Active

 

3. Action Delete, digunakan untuk mengahapus member grup (klik yes maka sistem otomatis menghapus member group). 

4. Add Member Group

 

Penjelasan nya sebagai berikut :

 A. Status,

  •  On, status member group aktif
  • Off, status member group Non Aktif

 B. Group Name, Tambahkan nama member grup

C. Description, Tambahkan deskripsi member grup

D. Choose Member, Klik tombol “Add Member” untuk memilih member yang telah terdaftar untuk ditambahkan ke member grup.

 

E. Tabel Member Terpilih,  member yang telah dipilih akan masuk ke dalam tabel member ini, admin juga dapat menghapus member yang telah ditambahkan dengan klik icon delete.

Setelah data selesai ditambahkan, klik save lalu sistem akan otomatis menyimpan data member grup baru, seperti berikut :

5. Edit Member Group

 

Ubah data member grup

 

Setelah member group ditambahkan, masuk ke menu promo otomatis untuk mapping group member ke promo otomatis sehingga saat melakukan transaksi dan admin memasukan nama member yang telah terdaftar di member grup dan promo otomatis, sistem otomatis menerapkan promo ke transaksi.

Promo Khusus Member

Langkah selanjutnya adalah menerapkan group member pada promo otomatis

Penjelasan nya sebagai berikut :

 

Pada promo otomatis à promo terms, terdapat pengaturan untuk siapa promo tersebut, maka pilih member group dan pilih grup member yang telah terdaftar.

Apakah artikel ini membantu ?

Detail Payment Type merupakan penambahan fitur yang berfungsi untuk menampilkan detail pada tipe pembayaran .

Ditambahkan Detail Payment Type dengan penjelasan sebagai berikut :

Masuk ke Menu Laporan          Berikut Halaman laporan

                             

 

Berikut halaman laporan untuk "Tipe Pembayaran"

Klik “Cash” untuk melihat list transaksi

 

Berikut halaman  list transaksi 

Pembayaran Cash

Klik pada transaksi untuk melihat resi

 

Berikut tampilan resi transaksi ketika klik no transaksi 

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru Kini, terdapat fitur baru berupa toggle untuk mengaktifkan Tax pada Take away, Grab connect, DIP Connect, Grabfood, GoFood, dan Shopee Food. Untuk masuk pada halaman ini lakukan langkah berikut.

  • Login pada halaman back office.
  • Masuk pada halaman Menu → Tax → Add atau Edit data
  • Pada halaman ini terdapat tombol toggle pada Tax yang dapat diaktifkan.

  • Isi form dan aktifkan toggle sesuai kebutuhan.
  • Pilih tipe tax sesuai kebutuhan.

Kemudian aktifkan tombol toggle dan pilih cabang sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save untuk menyimpan data TAX.

Jika toggle aktif maka ketika membuat pemesanan dengan menggunakan multi price pada tablet maka pajak ini akan ditambahkan secara otomatis.

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini merupakan penambahan parameter pada mop dinamis compliment. Buat terlebih dahulu mop dinamis dengan tipe “Compliment”, seperti berikut: 

Berikut Halaman Configuration Payment – Method of Payment Klik + untuk menambahkan mop dinamis

Berikut Tampilan Halaman Add MoP Dinamis

Pada data mop dinamis baru pilih tipe mop ke “Compliment” maka sistem otomatis menampilkan parameter harga yang diterapkan ke transaksi.

Penjelasannya sebagai berikut:

Terdapat 2 parameter harga, yaitu

  • Selling Price, Harga yang dipakai pada transaksi saat melakukan pembayaran “MOP dinamis
  • Compliment” tersebut adalah harga Selling Price.
  • Actual Price, Harga yang dipakai pada transaksi saat melakukan pembayaran “MOP dinamis - Compliment” tersebut adalah harga Actual price.

Contoh nya sebagai berikut:

 

Transaksi

1. Selling Price → Existing

Harga yang tertera di cart dan harga saat menggunakan mop dinamis compliment harga nya sama yaitu menggunakan selling price.

2. Actual Price

Pada saat dilakukan transaksi dengan MoP dinamis compliment maka sistem otomatis menerapkan transaksi dengan Actual Price, seperti berikut:

Berikut Contoh Harga Item di Cart (Selling Price) 

Berikut Harga Item Menggunakan MoP Dinamis (Compliment - Actual Price)

Saat mop dinamis compliment diterapkan, harga berubah menjadi actual price.

Dengan Ketentuan Pada “Mop Dinamis Compliment - Actual Price” sebagai berikut :

  • Diskon Item Tidak Ada
  • Diskon Bill Tidak Ada
  • Service dan Pajak Tidak Ada
  • Pembulatan Tidak Ada
  • Price include Tax n Service Tidak Ada
  • Promo Otomatis Tidak Ada (Buy A free B, untuk item fee B, tetap ditampilkan harga actualnya) Temporary Item, pakai harga Unit Price.

Report Compliment 

Ketika transaksi yang digunakan menggunakan MoP Dinamis – Compliment – Actual Price maka pada report compliment harga yang masuk ke sistem adalah actual price.

Apakah artikel ini membantu ?

Pada aplikasi dRetail pemesanan dapat dilakukan dengan cara Dine in, Take Away, atau Reservation. Untuk melakukan proses pemesanan secara Dine in lakukan langkah-langkah berikut ini. 

  • Terdapat fitur pilih meja yang dapat digunakan untuk pemesanan dine in
  • Pilih Meja yang akan di tempati
  • Setelah pemilihan meja berhasil, lakukan proses pemesanan item atau menu.
  • Klik tombol Dine In , kemudian akan tampil pilihan Dine in, Take Away & Reservastion.
  • Pilih Dine In
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini merupakan penambahan fitur yang menjadikan mop compliment menjadi diskon bill 100%.

Setting - Setup 

Untuk mengaktifkan fitur compliment diskon bill 100%, atur parameter terlebih dahulu pada setting-setup seperti berikut :

Transaction 

Pada saat dilakukan transaksi dengan MoP compliment maka sistem otomatis menerapkan transaksi menjadi diskon bill (100%) sehingga total transaksi di resi transaksi otomatis menjadi R0.

Compliment diskon bill ini diterapkan pada semua transaksi compliment termasuk compliment item seperti berikut.

Berikut Tampilan Resi Transaksi Item Compliment.

Diterapkan diskon 100% pada item compliment seperti yang ditampilkan pada cart.

Berikut Tampilan Resi Transaksi MOP Compliment

Otomatis diterapkan diskon bill 100%

Note:

Compliment diskon 100% ini hanya berlaku untuk MOP Statis Compliment dan MOP Dinamis compliment yang tipe nya Selling Price.

Jika MOP Dinamis Compliment menggunakan Actual Price, tidak akan kena disc 100%

Report Payment Type 

Berikut Transaksi Compliment Pada Report Payment Type

Compliment Item 

Jika compliment item maka nilai diskon masuk ke report sebagai discount item dan nilai lainnya (tax, service, etc) menjadi Rp0

Compliment Bill

Jika compliment item maka nilai diskon masuk ke report sebagai discount bill dan nilai lainnya (tax, service, etc) menjadi Rp0

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi sebelumnya, jika terdapat diskon dari DIP Connect maka tidak akan tampil pada MPOS dRetail.

Pada versi terbaru kini, semua data yang ditransaksikan dalam 1 receipt akan ditampilkan.

Pesanan baru akan ditampilkan pada halaman cart DIP → Connect dengan status new order, Klik kamar untuk menampilkan data order.

Akan tampil halaman rincian pesanan, klik tombol proses pesanan untuk melanjutkan proses pesanan.

Data pesanan akan berubah status menjadi On process, untuk melanjutkan pesanan klik kamar.

Akan tampil halaman rincian pesanan seperti berikut ini, bila item memiliki diskon maka akan ditampilkan pula pada halaman ini. Untuk melanjutkan pesanan klik tombol Tandai Sebagai Terkirim.

Data pesanan telah berubah status menjadi delivered. Untuk menampilkan rincian datanya klik kamar dari data.

Kemudian akan tampil halaman berikut, semua rincian item pesanan, subtotal, diskon, service, pajak akan ditampilkan pada halaman.

 

Apakah artikel ini membantu ?

Dengan mendaftarkan item ke menu favorit mempermudah Anda dalam mencari item yang sering di pesan.

Berikut langkah - langkahnya:

  • Setelah login akan masuk ke tampilan penjualan menampilkan produk item penjualan berdasarkan menu terpilih
  • Klik icon (+) , akan tampil semua item dan kategori yang dapat ditampilkan pada halaman produk item penjualan
  • Pilih pada salah satu kategori atau item yang akan di tampilkan
  • Anda bisa gunakan kolom pencarian data untuk mencari kategori atau item yang akan di pilih
  •  Kemudian data kategori yang dipilih akan tampil pada halaman penjualan di menu favorite.
  • Untuk menambahkan kategori dan item lain, lakukan seperti langkah - langkah yang telah dijelaskan di atas.
  • Untuk menghilangkan atau menghapus kategori yang telah ditampilkan pada halaman, tekan dan tahan icon kategori atau menu yang akan dihapus hingga tampil informasi membuat tampilan
  • Tekan icon (X) untuk menghapus kategori atau item
  •  Klik tombol simpan pada kanan halaman untuk menyimpan perubahan data
  • Untuk menambahkan kategori menu pada menu 2, menu 3, menu 4 dan menu selanjutnya lakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.
  • Posisi pada menu favorite dapat dipindah sesuai dengan kebutuhan dengan Tekan dan tahan icon kategori/item yang di pilih geser ke posisi box yang di inginkan.
Apakah artikel ini membantu ?

Pada Aplikasi dRetail untuk tipe Ritel dengan versi 3.1.0 atau yang paling terbaru, kini telah dapat melakukan scan barcode.

 

Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Login pada Aplikasi dRetail. Pilih tombol untuk menampilkan semua item menu.

  • Pilih tombol scan barcode

  • Akan tampil halaman scan barcode
  • Scan barcode dari item, selanjutnya rincian item pesanan akan tampil disebelah kanan halaman.

  • Klik tombol total pemesanan untuk melanjutkan proses pembayaran.

  • Jika data tidak tampil saat item dilakukan scan barcode, lakukan tambah data terlebih dahulu melalui menu Item → Detail Item pada website back office. 

  • Kemudian daftarkan detail item pada cabang yang diinginkan melalui menu Company Setup → Branch → Pilih Branch → klik Item Branch → Add Item pada website back office.

  • Setelah itu refresh menu pada Aplikasi dRetail. 
  •  Kemudian lakukan scan barcode pada item.
Apakah artikel ini membantu ?

Diskon Bill di Halaman Utama

Pada versi ini di tambahkan menu diskon di halaman utama seperti berikut :

Klik icon di bawah untuk menambahkan diskon.

 

Maka sistem akan menampilkan halaman daftar diskon yang telah terdaftar di web admin, seperti berikut :

Pilih diskon, maka sistem otomatis menerapkan diskon yang dipilih

 

Diskon diterapkan

 

Diskon di Meja

Pada versi ini ditambahkan fitur diskon di meja yang fungsinya untuk menambahkan diskon bill ke meja secara lebih cepat.

Penjelasan nya sebagai berikut : 

 

Masuk ke menu meja, lalu pilih meja terisi

 

 

Lalu pilih rincian order untuk menerapkan diskon

Lalu pada halaman rincian order, klik tombol “Tambah Diskon Bill” 

 

Tambahkan diskon yang telah terdaftar di web admin, klik diskon lalu sistem akan menerapkan diskon ke transaksi di meja

 

 

 

Diskon diterapkan

Apakah artikel ini membantu ?

1. Print CO Copy - Penambahan Redaksi Tambahan saat melakukan Tambah Item di Print CO Copy

Pada versi sebelumnya ketika ada penambahan item, maka pada print CO copy tidak ada keterangan bahwa item tersebut merupakan item tambahan. Pada versi ini ketika ada penambahan item maka pada print CO copy terdapat keterangan ‘TAMBAHAN’. Contohnya sebagai berikut:

- Kitchen Order

- Dine In Order

- CO Copy

- CO Kitchen 

Perbaikan bug V3.10.1

Print Cash in/Cash out - jika gagal mencetak pada dialognya ditambahkan "gagal mencetak, tetapi data berhasil disimpan"

Jika user telah memasukkan nilai Kas Masuk dan data telah berhasil disimpan, maka akan tampil pop up konfirmasi apakah ingin mencetak atau tidak, seperti berikut:

 

Lalu jika user ingin mencetak kembali data kas masuk yang telah diinputkan sebelumnya, maka ke halaman History Manajemen Uang Tunai klik tombol Print. Namun jika printer tidak terhubung maka akan tampil pop up Gagal Mencetak dengan pilihan Tutup atau Coba Lagi.

Perbaikan big V3.10.4

Dine in - perbaikan split tagihan dengan item sama tapi beda tipe order (multi type order)

Pada versi sebelumnya jika pada meja terdapat 2 item yang sama tetapi dengan tipe order yang berbeda, misal terdapat 2 item Summer Pie Cream yang satu dine in dan yang lainnya take away, maka pada saat print split tagihan kedua item akan tercetak tipe order take away. Pada versi ini telah diperbaiki, sebagai berikut:

Dine-in Cancel item diberi pembeda item dine-in / take-away

Pada versi sebelumnya, pada saat akan membatalkan item pada meja yang terdapat 2 tipe order yaitu dine in dan take away, tidak ada keterangan tipe order pada item tersebut sehingga user tidak tahu mana item yang dine in dan mana yang take away. Pada versi terbaru ini sudah diberi keterangan pembeda item dine in dan take away, sebagai berikut:

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini digunakan untuk melakukan cetak (Print) pada cash in cash out.

Berikut langkah-langkahnya : 

Login Tablet – Ke Menu “Aktifitas” – Menu “Cash Management”- Pilih Cash in atau Cash Out – Lalu tekan tombol   , Sistem akan menampilkan halaman “History Cash Management” – Klik pada tombol   (Print) untuk mencetak data.

Pilih Cash Management (Activity),  Lalu Klik tombol   untuk melihat history cash management

Halaman History Cash Management, lalu klik tombol  untuk mencetak data 

 

Bisa juga di print satu persatu seperti berikut : 

 

Klik pada icon print pada tiap-tiap data cash, maka sistem aka otomatis mencetak data.

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini merupakan fitur reservasi berbayar, yang nantinya dapat memudahkan user untukmelakukan pembelian item secara online.

Web Admin 

Langkah pertama adalah setting payment reservation pada menu “Company Setup - Branch–Payment Reservation”. 

Klik pada panah untuk format setting payment reservation

Berikut Tampilan Setting Payment Reservation

Pada Web Payment Reservation 

Masuk ke link yang sudah disediakan

Halaman pertama yang ditampilkan adalah popup ketentuan yang telah diinput, klik tutup

Lalu sistem akan menampilkan bagian “Reservasi"

  • Pada halaman ini pilih tanggal reservasi

Berikut tampilan pilih tanggal

Pilih 1 tanggal

 

Setelah tanggal dipililh, web akan menampilkan item yang tersedia

  • Item regular, jika tanggal yang dipilih bukan special date 
  • Item special date, jika tanggal yang dipilih adalah special date

Berikut Tampilan Regular Item

Berikut Tampilan Regular Item

Ketika special date dipilih, sistem akan menampilkan gabungan item regular dan special date

Pilih item dengan klik +

Ketika item sudah dipilih, klik tombol total

Setelahnya sistem menampilkan summary pesanan untuk melanjutkan proses reservasi payment

Klik “Lanjut”

Berikutnya setelah memilih item, sistem menampilkan halaman “Kontak” yang berfungsi sebagai nama yang terdaftar melakukan reservasi.

Masukan data sebagai berikut:

  • Nama > nama yang terdaftar melakukan reservasi
  • Email > data resevasi yang dilakukan akan dikirim ke email yang dimasukan
  • No. Handphone > data kontak

Klik lanjut

Setelah klik “Lanjut” sistem menampilkan halaman ringkasan dari semua itemdan data kontak

Selanjutnya, lakukan pembayaran dengan klik “Bayar”

Ketika klik “Bayar” sistem masuk ke halaman checkout

Klik checkout

Pada halaman checkout ini, klik “Proceed to Payment” untuk melanjutkan pembayaran

Selanjutnya pilih metode pembayaran

Terdapat beberapa metode pembayaran yang tersedia, diantaranya seperti berikut:

Virtual Account > Hanya BNI

Pilih bank, lalu klik “Generate VA”

Lalu sistem menampilkan halaman BNI Virtual Account

Credit Card

Isi data credit card dengan benar

QR Code

Berikut daftar QRIS yang tersedia, pili QRIS lalu klik Generate QR

Online Debit

Masukan data online debit dengan benar