Sales
Daftar "Sales"

Ini merupakan fitur menu yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan resi sesuai dengan kebutuhan.

 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Setelah melakukan login pada backoffice dRetail, klik menu  Settings lalu klik Receipt
  • Tambah data Design Layout Receipt, Klik tombol tambah (+), pilih atribut yang ingin ditampilkan pada receipt
  • Isi Profile Name.

Business info, terdapat atribut seperti Logo, Company Name, Branch Name, Address, City, Province, Phone, Email, Note dan Footer yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt

  • Transaction, terdapat atribut seperti Reff No, Order Type, Custom Name, Table, Total Qty Item, Item Code, Unit Price, Queue No yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt.

  • Contact, terdapat atribut seperti Facebook, Instagram, Twitter, Website yang dapat dipilih dan diberi tanda centang agar tampil pada layout design receipt

 

Data Logo, Note, Facebook, Instagram, Twitter, dan Website dapat diubah sesuai kebutuhan, dengan langkah sebagai berikut :

  • Masuk pada fitur menu Branch, Pilih Branch dan Pilih Receipt

  • ubah sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save yang tersedia untuk menyimpan perubahan data

             

  • Kemudian ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya melalui website back office
  • Untuk melakukan Edit Data Design Layout Receipt, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Sebelum data layout dapat digunakan maka diharuskan untuk menambahkan branch terlebih dahulu, klik tombol Apply to Branch untuk menambahkan branch kemudian pilih branch sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya klik tombol save untuk menyimpan data
  • Kemudian Ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya memalui website backoffice

 

Apakah artikel ini membantu ?

Merupakan menu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan company.

Berikut langkah-langkah penggunaanya : 

  • Method of Payment, diharuskan untuk membuat data method of payment terlebih dahulu sebelum membuat data configuration
  • Untuk menambah Data, Klik tombol tambah (+) → Isi Form → Simpan data
  • Untuk edit Data, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Configuration, setelah membuat data method of payment data ini harus dilakukan konfigurasi agar dapat digunakan pada Aplikasi dRetail. 
  • Untuk menambah Data Configuration, Klik tombol tambah → Isi Form: Configuration name, Pilih branch
  • Daftar data Method of Payment yang telah dibuat sebelumnya akan tampil pada form tambah data Configuration ini, pilih sesuai kebutuhan

  • Setelah form terisi lengkap, klik tombol save untuk menyimpan data.

 

Langkah- langkah Penggunaan Method of Payment pada Aplikasi dRetail :

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih metode pemesanan dan masukkan item pesanan sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol total untuk melanjutkan pembayaran.

  • Selanjutnya pilih metode pembayaran lainnya, Method of Payment yang telah diatur sebelumnya melalui website backoffice akan tampil pada halaman ini
  • Pilih metode pembayaran sesuai kebutuhan, lanjutkan pembayaran hingga selesai
Apakah artikel ini membantu ?

Multi Price Shopee pada tablet

Harga yang akan digunakan pada transaksi pemesanan menggunakan tipe ini akan menyesuaikan dengan harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee Price pada halaman Detail item, Paket item, atau Item branch. untuk melakukan transaksi pemesanan, lakukan langkah berikut ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih tipe pemesanan.

  • Pilih Multi Price.

  • Pilih Shopee
  • Pilih item pesanan, sebagai contoh dimasukkan 1 item dengan harga Rp 20.000. Harga item yang digunakan menyesuaikan dengan data harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee price. Kemudian lanjutkan proses pembayaran dengan cara menekan klik total pembayaran yang tersedia.

  • Lakukan proses pembayaran hingga selesai. 
  • Selanjutnya riwayat transaksi akan ditampilkan pada halaman riwayat >Transaksi, dengan tipe Shopee Food

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini terdapat fitur QR menu dinamis pada meja pesanan. Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Langkah kerja fitur pada website backoffice:

  • Masuk pada halaman website backoffice.
  • Pilih Menu > Digital Menu.

 

  • Buat data digital menu, pada setting > Generate QR Code pilih Dynamic. Kemudian klik tombol save untuk menyimpan data digital menu.

Langkah kerja fitur pada tablet 

  • Klik meja untuk masuk terlebih dahulu pada halaman meja.

  • Kemudian Klik button disudut kanan bawah pada tablet

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih Hasilkan QR ( Generate QR ).

  • Kemudian pilih meja yang diinginkan untuk generate QR.

  • Dipilih meja 1 untuk dilakukan generate QR, kemudian klik tombol hasilkan QR 1 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis akan tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.

  • Dapat pula melakukan merge pada meja sebelum melakukan generate QR.
  • Merge ini dapat dilakukan pada lebih dari 1 meja. 
  • Dengan cara memilih meja sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Hasilkan QR ( Generate QR ) yang tersedia.
  • Sebagai contoh dipilih meja 1 dan meja 2, kemudian klik tombol hasilkan QR 2 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis pada kedua meja akan tercetak, Kondisi Meja yang dilakukan merge akan di cetak pada urutan terakhir.
  • Setelah QR menu dinamis pada meja pertama tercetak maka akan tampil informasi untuk melanjutkan cetak QR pada meja selanjutnya yang dilakukan merge. Klik tombol lanjut.

  • QR Menu pada meja 1 dan meja 2 berhail tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.
  • Setelah QR dilakukan scan menggunakan handphone maka akan tampil halaman meja pesanan pada handphone. 

Untuk panduan penggunaan QR Dinamis pada ponsel konsumen bisa dilihat disini

 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Pengaturan pada backoffice 

Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan penambahan data member. Setelah login kemudian pilih menu Membership Member List → New Member.

  • Akan tampil Form Tambah Data Member, pada menu ini ditambahkan kolom Term of Payment.

  • Isi form data member lalu klik tombol Save untuk menyimpan data member.
  • Untuk melihat data yang baru saja ditambahkan, klik pada Nama Customer tersebut.

  • Akan tampil detail dari member tersebut yang berisi Tanggal Periode, Personal Information, Top 10 Items, dan Transaction History dari member tersebut.

  • Terdapat metode Term of Payment (TOP) pada Personal Information.

  • Untuk mengubah data Personal Information, klik tombol edit data telah disediakan.

 

  • Kemudian akan tampil Form Edit Data Member, silahkan ubah data sesuai kebutuhan lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan data.

  • Data transaksi pending akan tampil pada backoffice, masuk pada halaman Cash Activity Receivables Credit To Pay, pada halaman ini tampil Due Date. Total transaksi ditampilkan pada bagian kanan bawah.

  • Terdapat penambahan general setup Term of Payment on Tablet, masuk pada halaman Settings → Setup, pada Term of Payment on Tablet terdapat dua jenis opsi, Uneditable dan Editable on tablet. pilih sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan data.

Pengaturan pada tablet

  • Masukkan item pesanan kemudian klik tombol TOTAL.

  • Setelah masuk ke halaman pembayaran, klik Lainnya.

  • Kemudian pilih Pending

  • Masukkan nama member, maka Jangka Waktu Pembayaran akan otomatis terisi. Kemudian klik tombol Bayar untuk melanjutkan proses pembayaran.

  • Untuk melakukan pembayaran dan melihat data remaining payment pending dari data customer, masuk pada halaman Riwayat.

  • Masuk ke menu Tertunda, kemudian klik no Reff Number dari data yang baru diinput.

  • Pada halaman Transaksi akan tampil rincian pelanggan beserta penambahan rincian Waktu Pembayaran.

 

 

 

 

Apakah artikel ini membantu ?
  • Scan QR Code yang telah di cetak ( Keterangan : Proses pemesanan sama dengan type static ).

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih item yang akan dibeli kemudian masukan kedalam cart.

  • Pilih dan masukkan pesanan, klik tombol Add cart.

 

  • Klik tombol item untuk melanjutkan proses pemesanan.

 

  • Klik tombol Place Order.

  • Kemudian klik tombol Yes, make my order untuk menyimpan pesanan pada Meja
  • Tunggu hingga kasir melakukan approve pada pesanan.

  • Jika pesanan telah di lakukan approve oleh kasir dan dan ingin melakukan membayar klik button Request Bill.

-          Terdapat 2 metode pembayaran :

1.      Manual payment atau jump app. Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan pada halaman PWA adalah resi.

  • Klik tombol request bill.

 

  • Sebagai contoh akan dipilih gopay, kemudian klik tombol procced request bill

  • Tunggu hingga kasir melakukan konfrimasi pembayaran
  • Setelah kasir melakukan konfirmasi maka akan tampil halaman berikut, klik tombol pay.

  • Klik tombol yes, proceed payment.
  • Klik tombol pay.

  • Kemudian akan langsung diarahkan pada halaman Aplikasi Gojek.
  • Lakukan pembayaran hingga selesai.
  • Setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil resi pada halaman handphone customer. Resi dapat disimpan atau di kirim via email dengan cara menekan salah satu tombol yang terdapat dibawah halaman.

2. Bayar di kasir (Cash, QRIS, Debit, Credit Card). Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan hanya bill saja

Klik tombol request bill.

  • Sebagai contoh akan dipilih cash, kemudian klik tombol procced request bill

  • Kemudian lakukan pembayaran pada kasir, setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil bill pada halaman handphone customer. 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Void

1. Void item lalu void lagi totalnya tidak sesuai

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan void item kemudian dilakukan void kembali maka totalnya tidak sesuai.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan

2. Void di pending item tidak hilang

Pada versi sebelumnya, tombol void tampil pada halaman data pending seharusnya tombol void ini tidak tampil.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Bahasa

Pada versi sebelumnya, terdapat bug pada Bahasa. Jika dipilih setting Bahasa Inggris namun pada display menu tetap akan menampilkan Bahasa Indonesia.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Nama customer 

1. Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke hal penjualan

Pada versi sebelumnya, Nama customer tidak hilang ketika lanjut dari cart lalu balik ke halaman penjualan. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Nama customer nyangkut ketika 3x transaksi PENDING

Pada versi sebelumnya, terjadi data nama customer yang menyangkut ketika dilakukan 3x transaksi PENDING 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Transaksi Meja

1. Split pada meja masih bisa semua item harusnya ada sisa 1 item

Pada versi sebelumnya, ketika dilakukan split item pada meja maka semua item dapat dilakukan split namun seharusnya tidak bias dan harus ada sisa 1 item.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Diskon tidak ketika menambahkan item yang sama dan diskon item di meja

Pada versi sebelumnya, jika menambahkan diskon pada item yang sama maka data diskon tidak tampil begitu juga dengan diskon item pada meja. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Split bill yang ada discount masih ambil discount dari QTY sebelumnya

Pada versi sebelumnya, jika dilakukan split bill item yang terdapat discount maka datanya tetap mengambil discount dari QTY sebelumnya.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Gabungkan tagihan FC ketika salah satu meja tidak ada item

Pada versi sebelumnya, sebagai contoh melakukan reservasi pada meja. Reservasi bisa reserve meja tanpa ada pesanan terlebih dahulu. Jadi kasir melakukan Gabung Meja dengan meja yang kosong tersebut maka akan terjadi force stop.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Multi Price 

1. Multi price pajak tetap tampil walaupun settingan web nya NO

Pada versi sebelumnya, Pajak akan tetap tampil ketika telah dipilih setting NO pada website.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. UI Multi price tidak rapi 10,12,16 inch

Pada versi sebelumnya, UI Multi price tidak rapi pada tablet 10, 12, 16inch.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Multi price simpan ke cart harga masih ambil harga dine in

Pada versi sebelumnya, ketika melakukan transaksi dengan tipe multi price kemudian simpan pada cart maka harga yang digunakan adalah harga dari Dine In.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Harga diambil sesuai dari jenis transaksinya.

Resi Pembayaran

Pada versi sebelumnya, pada Receipt WA dan SMS tidak terdapat uang total kembalian.

Pada versi terbaru Kini, pada Receipt WA dan SMS terdapat uang total kembalian.

 

Saved Order 

 

1. Penambahan detail subtotal, diskon bill & Item, biaya kirim, pembulatan dan kuantitas di save order

Pada versi sebelumnya, tidak terdapat rincian detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan penambahan detail subtotal, diskon bill & item, biaya kirim, pembulatan, dan kuantitas di save order.

 

2. Setelah save order takeaway atau delivery kirim resi WA tidak jump app ke WA

Pada versi sebelumnya, saat melakukan save order takeaway atau delivery kemudian kirim resi WA namun tidak jump app ke WAnya langsung.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

3. Simpan pesanan delivery ke cart beda dengan yang di input totalnya

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan simpan pesanan delivery ke cart maka total yang tersimpan dengan yang di input adalah beda. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

4. Save Dine in lalu simpan ke meja FC

Pada versi sebelumnya, saat dilakukan 

  • Buat saved order dine in
  • Masuk ke halaman cart → dine in, kemudian lakukan aksi
  • Setelah aksi, pilih meja, kemudian simpan kembali ke meja tersebut

Saat dilakukan tahap-tahap berikut maka akan terjadi force stop.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Member 

1. Saat create member, input ID dari tab tidak terkirim ke server

Pada versi sebelumnya, saat melakukan create member input ID dari tablet tidak terkirim ke server. 

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Saat melakukan cerat data member dari tablet maka ID akan dikirim pula ke server.

2. Data member disable ketika setelah edit reservasi

Pada versi sebelumnya, Data Member disable ketika setelah dilakukan edit data reservasi.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan. Setelah edit reservasi maka data member dapat diubah dan pilih member sesuai kebutuhan

Promo Otomotis

1. Promo Otomatis 1 dan 3 ( A dan B gratis  C kelipatan) tidak sesuai

Pada versi sebelumnya, saat menggunakan promo otomatis 1 dan 3 (A dan B gratis C kelipatan) hasilnya tidak sesuai.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

2. Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika simpan ke cart

Pada versi sebelumnya, saat menggunakan Item gratis dari promo otomatis tidak sesuai ketika data disimpan ke cart.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Ritel→ Retur

Retur masih bisa dibuka padahal sudah retur bill

Pada versi sebelumnya, Retur masih bisa dibuka setelah dilakukan retur bill.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali

Pada versi sebelumnya, sebelumnya terjadi bug Tombol retur semua tidak bisa ditekan kembali.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Tidak bisa retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen

Pada versi sebelumnya, tidak bisa melakukan retur item yang memiliki diskon item dan diskon bill persen.

Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Printer

  • Pada versi sebelumnya, resi akan tercetak 2x ketika tekan button OK dengan cepat, ini terjadi pada tablet imin dan printer panda USB.
  • Pada versi terbaru Kini, telah dilakukan perbaikan.

Penambahan fitur

Penambahan nama pelanggan pada meja

  • Pada versi sebelumnya nama pelanggan tidak akan ditampilkan pada meja ketika ditambahkan nama pelanggan atau data member.
  • Pada versi terbaru kini nama pelanggan akan ditampilkan pada meja ketika ditambahkan nama pelanggan atau data member.
Apakah artikel ini membantu ?

Settlement merupakan penyelesaian akhir transaksi yang telah dilayani oleh seorang kasir selama menjadi kasir sebagai sebuah laporan. Bila kasir ingin berganti shift dihari yang sama, maka seorang kasir harus melakukan settlement terlebih dahulu. Selanjutnya dapat berganti shift dengan kasir lain (login dengan username dan password dari seorang kasir yang akan menggantikan shift).

Proses settlement dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Preview dan Non Preview.

Pada backoffice masuk ke halaman Settings → Setup, kemudian pilih jenis settlement lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan

  • Pilih Settlement pada menu Aktifitas. Isi nama pengguna, kata kunci dan jumlah uang tunai. Maka akan tampil halaman seperti berikut.

  • Klik Summary → Settlement untuk melihat preview dari summary sales sebelum diprint.

  • Maka akan muncul pop up Pratinjau Settlement kemudian klik Konfirmasi Settlement untuk menyimpan settlement.

  • Setelah konfirmasi settlement maka akan muncul pop up pemberitahuan jika settlement telah berhasil.

  • Klik Rincian → Settlement untuk melihat settlement secara lebih rinci.

  • Maka akan muncul pop up Pratinjau Settlement kemudian klik Konfirmasi Settlement untuk menyimpan settlement.

  • Setelah konfirmasi settlement maka akan muncul pop up pemberitahuan jika settlement telah berhasil.

  • Untuk settlement non preview, ketika klik Summary dan Rincian akan langsung menyimpan settlement. 

Apakah artikel ini membantu ?

Untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, lakukan Langkah berikut:

  • Pilih QRIS untuk jenis pembayaran,
  • Terdapat beberapa jenis pembayaran QRIS yang disediakan yaitu ShopeePay, GoPay, LinkAja, OCTO Mobile by CIMB NIAGA, OTTO Pay, PAC Cash, Bank Sulselbar, atau Bank Lainnya.
  • Pilih salah satu jenis pembayaran, sebagai contoh dipilih ShopeePay. Kemudian klik tombol Bayar.

Kemudian tunggu hingga QR Code tampil pada halaman. Selanjutnya scan barcode menggunakan Handphone customer. QR code dapat dicetak dengan cara menekan tombol QR Print. Bila transaksi telah sukses dan ingin menampilkan QR Code klik Tombol cek pembayaran yang tersedia.

Setelah scan barcode maka akan tampil rincian pembayaran pada handphone, klik tombol Lanjutkan untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Jika proses pembayaran pada aplikasi Shopee Pay telah selesai, laman QR Code akan tertutup, dan akan tampil pop up Pembayaran Berhasil. Tekan tombol OK untuk kembali ke halaman penjualan.

Jika user belum melunasi transaksi QRIS, pop up QRIS bisa ditutup terlebih dahulu dengan menekan tombol X di pojok kanan atas.