Mulai Menggunakan
Daftar "Mulai Menggunakan"

Self Registration dapat dilakukan untuk mendaftarkan company dan mengaktifkan device tablet untuk dapat menggunakan aplikasi dRetail. langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut ini.

Masuk pada halaman website https://backoffice.dretail.id/admin/.kemudian klik Daftar Sekarang.

Isi data pendaftaran, kemudian klik tombol buat akun.

Kode OTP akan dikirimkan via sms pada nomor telepon yang telah dimasukkan sebelumnya.

Masukkan kode OTP pada halaman website, kemudian klik tombol konfirmasi.

Dapat pula merubah nomor telepon sesuai kebutuhan. Setelah nomor diganti klik tombol kirim ulang sms untuk mengirim ulang OTP pada nomor baru.

Setelah OTP dikirimkan pada nomor baru, masukkan OTP pada kolom verifikasi OTP yang tersedia seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian klik tombol konfirmasi.

Isi lengkap data Company, kemudian klik tombol simpan.

Data berhasil dibuat, email verifikasi akan dikirimkan melalui email yang telah dimasukkan pada saat mendaftar sebelumnya.

Pada email yang dikirimkan berisi tombol Verify my email dan OTP untuk mengaktifkan device. Untuk melakukan konfirmasi email, klik tombol verify my email.

Verifikasi email berhasil, akan langsung masuk pada halaman backoffice dRetail.

Jika verifikasi email belum dilakukan maka pada halaman backoffice akan tampil informasi seperti berikut. Lakukan verifikasi dengan membuka email yang telah dikirimkan.

Registrasi pada tablet

Setelah itu download Aplikasi dRetail pada tablet. Lalu pada email yang dikirimkan sebelumnya terdapat OTP yang dapat digunakan untuk melakukan aktivasi pada device.

Masukkan OTP pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol mengaktifkan.

Device berhasil diaktifkan, untuk login pada Aplikasi dapat menggunakan email dan password yang sebelumnya telah dimasukkan pada saat melakukan registrasi. Selain itu dapat pula menambahkan username dan password melalui halaman staff pada website back office.

Masuk pada halaman Company Setup  Staff   Klik tombol   untuk menambah data baru.

Isi sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save untuk menyimpan data.

Kemudian masukkan Username dan password yang telah ditambahkan pada halaman staff backoffice untuk melakukan login pada tablet.

Login berhasil, aplikasi siap digunakan

Apakah artikel ini membantu ?

Setelah melakukan pembayaran invoice, Anda bisa menetapkan lisensi pada cabang yang telah terpilih. Sebelum melanjutkan Anda harus mempunyai setidaknya 1 cabang, langkah menetapkan lisensi pada cabang dimulai dari poin 6Caranya :

  • Masuk ke Panel Branch pada Company Setup
  • Pilih (+) pada Branch List
  • Isi semua data cabang yang diperlukan
  • Pastikan semua data cabang yang diisi sudah sesuai
  • Klik "SIMPAN"
  • Masuk ke Panel Device Setup pada menu Setting
  • Pilih Lisensi yang akan digunakan, tekan ikon "Edit"
  • Pilih Cabang
  • Klik "Generate", aktivasi kode berhasil
  • Kemudian kode OTP akan dikirim melalui email yang sudah didaftarkan
  • Unduh aplikasi dRetail di Play Store kemudian masukan OTP pada aplikasi dRetail dan klik "Activate''
  • Login dengan username dan password yang didaftarkan sebelumnya pada website backoffice.
  • Login pada aplikasi dRetail berhasil dan aplikasi siap digunakan

Masa awal trial dari self registration adalah 14 hari

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur dRetail kini makin lengkap dengan adanya fitur Sales by Summary dan Sales by Item. Untuk melihat kegunaannya, login terlebih dahulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin, dan pilih menu "Dashboard"Caranya :

  • Sales Summary berisi data item-item yang terjual dari cabang-cabang yang dimiliki tempat usaha Anda, disajikan dalam diagram dan tabel.
  • Diagram dan tabel ini bisa disesuaikan tampilannya dari rentang waktu, tanggal dan jam, staff yang mengoperasikan tablet, dan cabang yang beroperasi pada saat itu.
  • Kolom Gross Sales berisi data penjualan kotor yang terjadi di branch pada saat itu, Anda dapat mengatur jenis datanya di kolom "Area", atau bisa diatur sesuai harian atau mingguan dengan klik kolom "Hours"
  • Pada gross sales dilengkapi pula dengan data angka yang ditampilkan pada kolom pada tabel seperti "Date", "Gross Sales", "Sales Receipt", "Item Sold", "Void Receipt", "Item Void", "Void", "Discount", "Net Sales", "Average Sales", "Service", "Delivery", dan "Tax".
  • Untuk memilih data apa saja yang ingin ditampilkan, klik tombol (+) yang tersedia pada kanan atas dari tabel, beri tanda centang (✓) untuk menampilkan data pada tabel.
  • Discount, berisi mengenai data-data diskon yang dimiliki tempat usaha Anda.
  • Void, berisi mengenai data-data mengenai void atau barang cancel
  • Receipt, berisi mengenai data-data mengenai nota atau faktur
  • Net Sales, berisi mengenai data-data mengenai penjualan bersih yang terjadi di tempat usaha Anda
Apakah artikel ini membantu ?

Login ke Backoffice dRetail, Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu Klik login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :

  • Masuk ke Panel Menu
  • Pilih Category > klik (+New Category) untuk menambahkan category baru, klik "New Category"
  • Input category name pada textbox "Category Name"
  • Input sub category name pada textbox "Sub Category Name"
  • User bisa menambahkan sub category dengan klik pada tombol "Add Sub Category"
  • Input profit sharing pada textbox "Profit Sharing"
  • Pilih "Category Color"
  • Setelah selesai input category, user klik tombol "Save"
  • Note : Untuk mempercepat proses User bisa langsung mengisi "Category Name" saja lalu klik "Save"
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Menu ini berfungsi untuk menunjukkan spesifikasi menu atau item yang tersedia di perusahaan Anda. Fiturnya terdiri dari: "Category", "Delivery Partner", Modifier", Detail Item", "Paket Item", dan "Upload File"Caranya :

  • Category: berfungsi untuk mengelompokkan menu atau item yang tersedia, Anda juga bisa menambah data baru menu atau item dengan klik (+), lalu isi form yang terdiri dari nama kategori menu atau item, sub kategori, profit sharing, dan warna kategori.
  • Delivery Partner: berfungsi untuk menunjukkan list mitra pengiriman barang Anda.
  • Modifier: berfungsi untuk menunjukkan modifier dari menu yang dimiliki.
  • Detail Item: berfungsi untuk menunjukkan detail menu yang dimiliki perusahaan Anda, data-datanya terdiri dari "Category", "Sub Category", Menu Name", Modifier", "Ingredients", Actual Price (Rp)", Selling Price (Rp)", "Template", dan "Description". Tombol "Apply" diterapkan pada menu baru, sedangkan "Apply to All" diterapkan ke semua menu yang tersedia
  • Paket Item: menunjukkan paket-paket menu yang dimiliki
  • Upload File: untuk mengunggah menu-menu atau item yang akan dijual.
Apakah artikel ini membantu ?

Jika Anda mempunyai beberapa cabang, Anda bisa mengatur Item per Branch. Anda juga dapat menambahkan discount item yang sedang dijalankan dalam Branch.Caranya :

  • Untuk melihat list of Branch menu, klik "Company Setup", lalu klik "Branch"
  • Sistem akan menampilkan Nama Branch yang sudah didaftarkan
  • Untuk melakukan update harga menu, pilih Branch mana yang akan Anda update, lalu input harga pada menu yang diinginkan di textbox "Price"
  • Untuk melakukan update diskon, input harga diskon pada textbox "Discount"
  • Untuk menghapus menu, klik pada checkbox "Delete"
  • Setelah selesai melakukan update menu, klik tombol "Update"
  • Untuk melakukan add menu Branch, klik tombol "Add Menu"
  • Setelah itu, klik tombol "Add Menu" ,sistem akan menampilkan halaman List non Menu in (Nama Branch)
  • Untuk melakukan add menu, klik pada checkbox "Add"
  • Setelah selesai add menu, klik tombol "Add"
  • Anda dapat melakukan add all menu dengan klik tombol "Add All Menu"
  • User klik tombol "Yes" untuk menambahkan semua menu.
Apakah artikel ini membantu ?

Detail item digunakan untuk mendaftarkan menu ke dalam list menu. Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu klik Login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :

  • Pilih category name pada combobox "Category Name"
  • Pilih "Sub Category Name"
  • Input code product pada textbox "Code Product"
  • Input item name pada textbox "Item Name"
  • Input initial name pada textbox "Initial Name"
  • Input price pada textbox (Actual Price) untuk input harga HPP atau harga sebelum jual
  • Input price pada textbox (Selling Price) untuk input harga jual item
  • Pilih template pada combobox "Select Template"
  • Pilih leftover pada combobox "Leftover"
  • Input description pada textbox "Description"
  • Upload foto menu dengan klik (Choose File) untuk mencari foto atau memasukan foto yang sudah disiapkan
  • Untuk memasukan menu baru, User klik tombol "Apply To All" atau "Apply".
Apakah artikel ini membantu ?

Selain fitur Dashboard yang berfungsi untuk memantau grafik perkembangan penjualan barang Anda, fitur Company Setup pun berfungsi untuk mengetahui identitas perusahaan Anda. Fitur Company Setup terdiri dari "Company Profile", "Promo Display", "Brand", "Region", "Branch", "Staff", "Group of Discount", "Warehouse", dan "Vehicle"Caranya :

  • Company Profile: fitur yang berisi profil perusahaan Anda yang berisi nama perusahaan, alamat, email, nomor telepon, website, dan foto/logo perusahaan.
  • Promo Display: berfungsi untuk melihat dan menambahkan Promo yang sedang berjalan dan akan muncul di perangkat Anda pada saat transaksi
  • Brand: berisikan merk dagang yang akan dipasarkan, Anda bisa menetapkan sebuah merk dagang berdasarkan cabang yang akan menggunakan merk tersebut.
  • Region: untuk mengatur perhitungan persenan pajak berdasarkan wilayah cabang perusahaan Anda, terdiri dari "Tax", "Service", "Take Away", dan "Service Take Away".
  • Branch: untuk menunjukkan list cabang yang sudah didaftarkan, data-datanya terdiri dari wilayah cabang, nama cabang, alamat dan nomor telepon cabang, list menu yang dimiliki cabang, bahan baku dan PPOB.
  • Staff: untuk menunjukkan list Staff yang bekerja di perusahaan Anda.
  • Group of Discount: untuk menunjukkan program diskon yang sedang berjalan, Anda juga bisa mengatur diskon yang akan dijalankan sesuai kebutuhan.
  • Warehouse: untuk mendata Gudang yang Anda miliki
  • Vehicle: untuk menunjukkan inventaris berupa kendaraan operasional yang digunakan sehari-hari di perusahaan Anda, lengkap dengan data-data kendaraan Anda seperti jenis mobil, merk mobil, dan nomor polisi.
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berfungsi untuk mencatat nota atau faktur yang terjadi selama penjualan di cabang yang beroperasi. Datanya disajikan dalam tabel. Untuk melihat tampilannya, login terlebih dulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/adminCaranya :

  • Setelah Anda login, klik "Dashboard" dan pilih "Receipt"
  • Terdapat kolom data "All Receipt", "Sales" dan "Void"
  • "All Receipt" merupakan semua data receipt yang dimiliiki oleh cabang yang dimiliki. Datanya disajikan dalam tabel. Data ini terdiri dari No Receipt, Transaction Date, Employee, Payment Type, Type, Total Amount, Store, dan Customer.
  • "Sales" yaitu semua data penjualan yang dimiliiki oleh cabang yang dimiliki, yang disajikan dalam tabel juga, dan format tampilannya sama seperti kolom "All Sales"
  • "Void" yaitu semua data void atau barang cancel yang dimiliiki oleh cabang.
  • Semua data pada tabel dapat diexport dalam bentuk excel, dengan cara menekan tombol klik pada tombol "Export Excel" yang berada dibawah tabel data. Tunggu hingga proses export selesai.
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Inventory ini berfungsi untuk mendata seluruh pencatatan bahan baku dan item lainnya yang ada di gudang Anda. Berikut fitur-fiturnya:Caranya :

  • Master Data: Di dalam fitur ini, terdapat dua pilihan, yaitu "Raw Material" dan "Expense". "Raw Material" berfungsi untuk mendata bahan-bahan baku yang bisa dikonversi ke satuan yang diinginkan. Anda juga bisa menambahkan nilai satuan dan konversi baru untuk bahan baku Anda, sedangkan "Expense" berfungsi untuk mencatat pengeluaran apa saja yang digunakan
  • Supplier: berfungsi untuk mendata Supplier yang sudah bekerjasama dengan perusahaan Anda, dilengkapi dengan data Supplier yang bisa Anda tambah seperti nama Supplier, alamat, nomor telepon dan waktu pembayaran ke Supplier tersebut
  • Purchase: berfungsi untuk merekap semua pengeluaran, Anda juga bisa melihat pengeluaran apa saja yang terjadi di cabang Anda, mulai dari pengeluaran pembelian bahan baku ke Supplier, pengeluaran operasional, dan keperluan lainnya. Anda juga bisa mengecek pengeluaran yang masih ada ataupun yang sudah lunas sesuai dengan kebutuhan
  • Retur: berfungsi untuk mencatatat pengembalian barang ke Supplier sesuai dengan tanggal dan waktu yang diinginkan
  • Transfer Stok: berfungsi untuk mendata stok yang akan dikirimkan dari cabang ke cabang lainnya ataupun dari gudang pusat ke cabang yang dituju
  • Receive: berfungsi untuk mendata stok bahan baku yang sudah diterima dari Supplier
  • Warehouse Sales: berfungsi untuk mencatat transaksi bahan baku atau item ke antar cabang dengan nominal yang sebelumnya sudah ditentukan
  • WIP: berfungsi untuk mencatat bahan baku setengah jadi, yang nantinya akan diproses menjadi sebuah item menu siap jual
  • Daily Leftover: pencatatan bahan baku yang sudah dibuat menjadi menu, bila menu tersebut tidak digunakan, akan tercatat di fitur ini dengan memotong stok bahan baku yang sesuai dengan menu tersebut.
  • Waste: pencatatan bahan baku yang sudah rusak yang belum menjadi sebuah menu, akan tercatat di fitur ini, dan akan memotong stok bahan baku sesuai jumlah yang di masukkan di menu ini.
  • Stock Opname: menghitung persediaan gudang atau cabang kita, seperti bahan baku, stok barang produksi, ataupun inventaris, dan juga berguna untuk menelusuri selisih persediaan barang di gudang⁣ dengan cepat.
  • Movement: mencatat semua aktivitas yang terjadi di fitur-fitur lain yang ada di Inventory.
Apakah artikel ini membantu ?

Simak bagaimana caranya, berikut ini:

  • Login terlebih dulu ke Backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin/
  • Setelah itu, klik menu pilih Plug-in lalu pilih Online Orders
  • Tekan icon Grabfood untuk mendaftarkan cabang
  • Pilih Branch yang akan di daftarkan kemudian Save
  • Tunggu Status berubah menjadi LIVE
  • Setelah itu pilih menu Company Setup, dan pilih Branch
  • Pada kolom Grab Price, masukan harga yang sudah di-up sesuai ketentuan GRAB kemudian Save
  • Merchant dapat menentukan item mana saja yang akan tampil pada aplikasi GRAB di waktu tertentu. Dengan pilih menu Plug in
  • Pilih My Plugins dan pilih nama  branch yang akan di atur
  • Pilih Device Master untuk menerima notifikasi dari GRAB. Jika pada satu cabang ada 2 atau lebih device, user hanya - dapat menggunakan satu device saja.
  • Setelah melakukan Setting Hour, Select Item dan Modifier, lakukan Login atau Refresh Menu pada Tablet. Kemudian cek perubahan pada aplikasi GRAB.
Apakah artikel ini membantu ?

Cara Penggunaan :

  • Lakukan Login pada aplikasi dRetail dengan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya
  • Setelah itu user akan masuk ke halaman penjualan
  • Saat pesanan masuk, akan tampil notifikasi pesanan di atas halaman penjualan 

  • Klik menu Cart di kanan atas, dan klik Grab Connect

  • Lalu akan tampil Grab ID, status, dan total bayar dari setiap data order
  • Status pesanan akan menyesuaikan dengan item yang sedang dipesan 

  • Klik Grab ID untuk menampilkan detail list item dan total harga untuk bill order Grab 

  • Klik Print untuk dapat melakukan print bill dan print kitchen

  • Diskon item yang ditampilkan pada detail order merupakan diskon yang telah diatur melalui Grab Merchant
  • Data order yang telah selesai dalam proses pemesanan akan tampil pada halaman transaksi
  • Data yang tampil pada halaman Grab Connect akan hilang setelah dilakukan Settlement data

  • Pesanan Grab yang telah selesai akan dimasukan pada antrian sinkronisasi POS dan history pesanan dengan jenis pesanan grab_order dengan metode pembayaran grab_order

Note : 

  • Fitur ini merupakan notifikasi toast hijau dan suara akan tampil saat terdapat orderan yang masuk 
  • Jika merchant belum melakukan setting Device Master dan tablet tidak terkoneksi internet, maka aplikasi dRetail tidak dapat dibuka
  • Pada Grab Order tidak dapat melakukan void item maupun void bill
Apakah artikel ini membantu ?

 

Fitur ini berfungsi untuk mencetak label pada kategori menu yang di tambahkan.

Setting Printer

Flow untuk mengatur printer blueprint BPLite 58 adalah sebagai berikut :

Lakukan login pada tablet, lalu pilih Menu Setting

Pilih Kategori

Nyalakan Toggle untuk kategori terpilih 

Setelah itu pilih printer untuk dihubungkan, lalu pilih Label BP-Lite Series Printer

 Pilih kertasnya yaitu Bluetooth (32)

Sistem akan memunculkan Pengaturan Printer

 Pilih salah satu media untuk menghubungkan printer 

Dan pilih perangkat bluetooth

Jika bluetooth belum tersambung, scan lalu pilih perangkat

Ketika perangkat bluetooth terpilih, maka printer akan otomatis terhubung 

Berikut tampilan jika printer sudah tersetting dan siap untuk di tes print

Jangan lupa untuk mengatur Label Order Print menjadi "ON"

Ketika melakukan transaksi print resi, maka sistem akan mencetak sesuai kuantiti

Karena kuantiti nya "3"  maka resi label yang tercetak juga "3'' seperti berikut :

 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Sales Overnight merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data report lewat hari. Untuk menampilkan data sales overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin. 

Untuk menampilkan data Sales Overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin.

Penjelasan nya sebagai berikut :

Pada halaman backoffice, Pilih Setting > Setup > Sales Overnight

Atur toggle Overnight Sales Report menjadi “On” lalu setting jam buka dan jam tutup, seperti berikut : 

Lalu Pada dRetail Mobile akan tampil seperti berikut :

 

Sales overnight (ON)

Report yang muncul adalah report Sales  Overnight. Data yang muncul adalah data dari jam buka sampai jam tutup sesuai dengan parameter tanggal yang di tentukan

 

 

Sales overnight (OFF)

Report yang muncul adalah report Sales Summary

 

Berikut tampilan parameter tanggal

 

Custom contoh > buka jam 18.00 (tgl 6) s/d 03.00 (tgl 7)

Maka data yang muncul adalah data dari jam 23.00 s/d jam tutup 09.00 diluar jam itu akan  masuk ke tanggal berikutnya.

Posting Akunting :

  • Jika settlement di lakukan jam 00.00 s/d jam tutup maka data yang diposting ke  akunting adalah h­1 tanggal settlement

  • Jika settlement dilakukan dari jam tutup s/d jam 23.59 maka data yang di posting  adalah hari H

Contoh : Buka jam 18.00 (06 feb 2023) s/d Tutup 03.00 (07 feb 2023)

Case 1 :

Settlement jam 00.00 s/d 03.00 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah H­1 atau tgl (06 feb 2023)

Case 2 :

Settlement jam lewat jam tutup s/d jam 23.59 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah hari H atau tgl (07 Feb 2023)

Apakah artikel ini membantu ?

Untuk menggunakan fitur chatbot, langkahnya sebagai berikut:

Pada web backoffice, ke halaman plugin. Lalu klik pada Online Orders.

Klik pada WhatsApp Chatbot.

Untuk menambahkan Chatbot, pada halaman WhatsApp Chatbot, klik tombol (+). 

General Settings untuk mengatur nama bot. Masukkan nama bot yang diinginkan pada kolom Bot Name, lalu tekan tombol Save.

Bot Number, untuk memilih nomor telepon yang akan digunakan. No. telepon yang tampil sama dengan no. telepon company. Klik tombol Save. 

Akan tampil pop up QR Chatbot. Scan QR dengan handphone untuk login ke WhatsApp. Klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan. Jika company melakukan setting plugin chatbot hari ini, fitur chatbot baru bisa digunakan mulai jam 00 pagi keesokan harinya.

*Untuk cara penggunaan Chatbot pada customer, silahkan download guidebook dibawah

Apakah artikel ini membantu ?

Ketika order dari Grab masuk ke aplikasi MPOS, maka di aplikasi Grab Merchant, client bisa melakukan perubahan data terhadap pesanan grab tersebut. Selanjutnya di aplikasi MPOS perubahan pesanan grab itu akan diterima juga. Sebelumnya fitur ini tidak bisa dilakukan di grab merchant yang terkoneksi dengan grab connect MPOS. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Tampil notifikasi orderan dari Grab.

Pada halaman Pemesanan > Grab Connect, akan tampil Tanggal Waktu, Grab Id, Status, dan Total. Klik pada Grab Id, untuk melihat rincian pesanan.

 

Akan tampil detail item dari pesanan tersebut. Grab Id GF-911 dengan pesanan ORIGINAL FOODIEST.

 

Setelah user melakukan perubahan pada pesanan maka akan tampil notifikasi Perubahan Grab Food.

 

Maka Ketika user melihat rincian pesanan, detail item sudah berubah menjadi SUSU STRAWBERRY CREAMY.

 

Apakah artikel ini membantu ?

Penambahan pengaturan tampilan tata letak halaman menu favorit, bisa dipilih jumlah baris menjadi 4 atau 5 kolom. Untuk melakukan setting menu favorit, lakukan langkah berikut:

Pilih Pengaturan

Pilih Pengaturan Tampilan, pilih jumlah baris menu favorit pada Tata Letak Halaman.

Jika memilih 4, maka tampilan menu favorit akan seperti ini

Jika memilih 5, maka tampilan menu favorit akan seperti ini:

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru, jika ada reservasi pada meja X maka pada tampilan di aplikasi meja tersebut akan berwarna kuning dengan keterangan DIPESAN. 

 

Durasi pemesanan

Pada versi ini, user dapat mengatur durasi pemesanan. Langkahnya sebagai berikut:

Ke halaman Pengaturan menu Durasi Pemesanan. Untuk mengatur waktu klik pada jam:menit.

Maka akan tampil pop up untuk mengatur waktu durasi pemesanan. Setelah mengatur waktu, kemudian klik tombol TAMBAH WAKTU.

 

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Menu Display ini berfungsi sebagai tampilan display menu yang akan di tunjukan kepada customer. Menu Display ini di atur hanya sebagai “View Only” sehingga customer hanya bisa melihat menu tanpa bisa memesan di fitur ini.

Untuk mengakses Menu display ini, Penjelasan nya seperti di bawah ini :

Flow ( Untuk mengakses Display Menu ) :

Buka Aplikasi Dretail -> Klik Icon Pengaturan -> Mode Perangkat ( Tampilan Menu ) -> Masukan Alamat IP & Nama Device -> Kembali Ke Login -> Halaman Display Menu 

Pada halaman awal Aplikasi dRetail, klik ikon pengaturan 

 

Lalu Masuk ke pengaturan untuk masuk ke display menu

Kemudian masuk pada Mode Perangkat menjadi tampilan Menu

Masukan Alamat IP dan Nama Perangkat 

 

Setelah menerapkan Pengaturan IP, maka kembali ke login untuk akses Display Menu.

Klik "Kembali ke login'' maka tampilan login akan seperti ini : 

Setelah itu, Anda akan masuk pada halaman utama Display Menu

Setelah klik menu, akan muncul pop up detail menu

Melakukan Pengaturan Display Menu

Halaman Display Menu -> Klik Logo Dretail -> Otorisasi Spv -> Konfirmasi -> Halaman Pengaturan -> Lakukan Pengaturan

Berikut langkah-langkah selengkapnya :  

Akan masuk ke halaman Otorisasi Supervisor Untuk Mengakses Pengaturan Display Menu

Setelah konfirmasi otorisasi, akan masuk ke halaman pengaturan display menu.

Pada halaman utama pengaturan display menu, maka default nya adalah pengaturan untuk Screen Saver (Gambar) 

*untuk pengaturan screen saver, silahkan download guidebook dibawah 

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini menambahkan metode pembayaran menggunakan OVO pada saat customer melakukan pemesanan melalui QR Menu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pengaturan pada backoffice

  • Masuk pada halaman website backoffice
  • Pilih Menu > Digital Menu

  • Pilih Menu Name yang akan dibuat QR Menu

  • Buat data digital menu pada Setting > Generate QR Code > Dynamic lalu klik tombol Save untuk menyimpan data digital menu.

Pengaturan pada tablet

Klik Meja untuk masuk ke halaman meja

Kemudian klik tombol yang berada di pojok kanan bawah.

Pada halaman Manajemen Meja, pilih Hasilkan QR.

Pilih Meja yang ingin generate QR. Misal meja 1, setelah itu klik tombol Hasilkan QR 1 Meja.

Kemudian QR Menu Dinamis akan tercetak dan siap untuk discan menggunakan ponsel customer.

Transaksi pembayaran pesanan customer menggunakan metode pembayaran OVO akan tampil di menu Riwayat > Transaksi. Dapat dilihat pada Metode Pembayaran dan Status.

*Tutorial lengkap pembayaran OVO pada QR Menu bisa di cek pada guidebook berikut

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berfungsi untuk menjadikan item sebagai compliment dan juga input diskon dengan cara yang lebih mudah.

Pada versi ini ditambahkan fungsi item sebagai compliment yang dapat diterapkan saat menambahkan item ke cart.

Penjelasan nya sebagai berikut :

 

Saat menu akan ditambahkan ke cart, maka pada popup ini klik “Terapkan sebagai compliment” untuk membuat item compliment.

 

Lalu sistem membuka 2 kolom compliment untuk diisi, isi data lalu klik “Simpan”

 

Maka sistem otomatis menambahkan item sebagai compliment ke cart

 

Diskon dan Compliment di meja

Pada versi ini ditambahkan fitur diskon di meja yang fungsinya untuk menambahkan diskon bill ke meja secara lebih cepat.

Penjelasan nya sebagai berikut :

Masuk ke menu meja, lalu pilih meja terisi

 

 

 

Lalu pilih rincian order untuk menerapkan diskon

 

 

Lalu pada halaman rincian order, klik pada qty item 

Maka selanjutnya sistem akan menampilkan popup add diskon dan item sebagai compliment

A. Diskon Item di Table 

Pada saat akan input amount, jika otorisasi SPV pada diskon item “On” maka di haruskan untuk melakukan otorisasi terlebih dahulu.

 

Berikut tampilan input “Amount”, input diskon lalu klik √

 

 

Maka sistem otomatis menerapkan diskon pada item

 

B. Terapkan Item sebagai compliment 

Klik tombol “Terapkan Sebagai Compliment” untuk menjadikan item sebagai compliment.

Maka sistem menampilkan data compliment, isi data lalu klik simpan

 

Compliment Diterapkan.

 

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi ini terdapat fitur History Order Revenue Per Waiter yang berfungsi untuk merekam jejak transaksi yang di lakukan oleh waiter.

Fitur ini terdapat pada transaksi yang di simpan, dan transaksi di meja.

Note : Icon History Order Revenue Per Waiter    

Berikut langkah-langkah penggunaannya : 

Ketika Transaksi (Pesanan) disimpan

Setelah waiter menyimpan pesanan maka, klik nama transaksi

 

 

 

 

Tampilan Rincian Order     

 

Tampilan history

Pada otak Biru (Create) -> Menunjukan bahwa pesanan yang dibuat telah di simpan dengan keterangan nama waitress dan waktu di buatnya pesanan. Berikut juga dilengkapi dengan Detail aktivitas nya, seperti : Nama customer, Jumlah customer, Jumlah total, dan item yang di pesan. 

Pada Kotak Hijau (Edit) -> Menunjukan bahwa pesanan telah di ubah dengan keterangan di ubah oleh siapa dan waktu di ubah nya pesanan. Berikut juga di lengkapi dengan Detail Aktivitas tentang “Perubahan yang telah di lakukan”, seperti ini :

Waitress dengan nama Elin telah melakukan perubahan pesanan dengan waktu yang tercatum, disertai dengan  detail perubahan yang di lakukan adalah menambahkan item.

Pada saat Transaksi Meja, sama halnya pada transaksi yang disimpan, fitur history order ini juga tersedia di pesanan meja, seperti berikut :

Setelah meja di pesan, Klik meja yang di pesan

 

Setelah itu maka akan muncul menu seperti ini, pilih History Order

 

Tampilan History Order

 

 

 

 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Sales Realtime merupakan fitur yang berfungsi untuk melihat sales pada meja yang di berikan data nya secara realtime.

Flow:

Lakukan Penjualan di Meja melalui aplikasi dRetail v3.10.0. Kemudian pada dRetail Mobile Dashboar v2.1.0 di menu Sales Realtime akan langsung terdapat report realtime penjualan di meja yang terisi > Lalu data juga akan masuk ke report di web admin / Backoffice.

Untuk fitur “Sales Realtime” hanya bisa digunakan pada APK versi 3.10.0, APK di bawah versi 3.10.0 tidak bisa menggunakan fitur sales realtime pada aplikasi mobile dashboard.

Ketika meja  terisi, maka akan langsung mengirimkan data secara realtime ke apk mobile dashboard, meja yang terisi adalah :

Maka pada aplikasi mobile dashboard data yang di berikan secara realtime adalah sebagai berikut :

 

 

  

Berikut merupakan detail order di Mobile Dashboard 

Detail Order di apk V3.10.0


Data Sales Realtime juga akan masuk ke report “Sales Realtime” secara realtime, seperti di bawah ini :

Detail transaksi 

Apakah artikel ini membantu ?

Berikut cara penggunaan Fitur Temporary Item di web admin

Parameter Temporary Item

Jika Parameter :

On > Artinya fitur temporary item dapat digunakan di tablet

Off > Artinya fitur temporary item akan hilang.

Penggunaan di tablet 

Jika parameter di setting “On” di web admin, maka pada tablet penjelasannya adalah sebagai berikut:

Flow : Login Tablet > Lakukan Transaksi > Ubah Tax dan Service pada detail

Penjelasannya : ­

Akses Halaman Penjualan Klik Icon (+) untuk menambahkan item sementara

 

­ Lalu system akan menampilkan halaman tambah data item sementara

 

Klik Dine in untuk mengubah tipe order

Klik Tambah bahan untuk menambah bahan baku

Penjelasan nya :

1. Nama item : input nama item sementara

2. Tipe diskon : tentukan bentuk diskon ­ Fixed Price ­ Percentage

3. Jumlah diskon : input besaran diskon

4. Harga Satuan : harga item

5. Harga jual : (Harga Satuan – Diskon)

6. Jasa : pilih dari jasa “Service” yang telah ditambahkan di web admin

7. Pajak : pilih dari jasa “Tax” yang telah ditambahkan di web admin

8. Stasiun Printer : pilih stasiun printer dari stasiun printer yang telah di tambahkan

9. Catatan : tambahkan catatan

 

Berikut Halaman “Tambah Bahan”

Tambahkan bahan baku jika perlu, setelah itu klik “Simpan”

 

Berikut Tampilan Data Temporary Item Complete

Klik simpan, lalu item akan langsung masuk ke halaman penjualan untuk di proses

 

Tampilan Temporary Item Di Tambahkan Di Halaman Penjualan

Setelah item sementara di tambahkan, maka item siap di melakukan proses pembayaran

 

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Authorization merupakan fitur yang berfungsi sebagai keamanan staff yang mengakses dretail mobile, sehingga staff yang “Non-Active” tidak diperbolehkan untuk masuk ke sistem.

Penambahan ini meliputi beberapa fitur dalam dRetail Mobile, antara lain :

Penambahan Authorization pada Login

Sistem keamanan yang berlaku untuk staff “Non-Active” yang login adalah sebagai berikut : Sistem akan menolak akses staff lalu menampilkan warning “Invalid Username Or Password” walaupun username dan password yang dimasukkan benar.

Penambahan Authorizarization pada Report

Staff  yang non active tidak akan bisa akses report seperti berikut : 

 

Data Report akan hilang atau tidak ditampilkan.

Berikut data download excel

Penambahan authorization pada list oulet 

Staff tidak bisa memilih branch yang terdaftar di company alias semua branch tidak tampil, sebagai berikut :

List cabang untuk staff “Non Active”

List cabang untuk staff “Active”

Penambahan Authorization pada CRUD item

 

Contohnya sebagai berikut

Staff Sudah “Non-Active”  

Data item hilang > Tidak Ditampilkan 

Staff Masih “Active”

Data item tersedia > Ditampilkan 

Fitur ini tersedia di Google Play dan Apple Store

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini digunakan untuk mengatur transaksi jamuan atau acara yang akan di lakukan di hotel.

Langkah nya adalah sebagai berikut :

Pada Back office (web admin)

Atur payment method Baquet menjadi ON di web admin (Back Office), seperti pada gambar berikut :

Lakukan Login - Settings – Setup – Payment Method (Banquet ON)

Lalu aktifkan toggle Payment Method : Banquet

Cara Penggunaan Pada Tablet

Dalam transaksi di tablet, cabang yang digunakan harus terdaftar menggunakan Plugin DIP Hotel, dengan data transaksi yang di berikan juga adalah data yang diberikan oleh DIP.

Langkah yang di lakukan dalam transaksi adalah sebagai berikut:

1.  Lakukan Transaksi

2. Ketika "Pembayaran" pilih metode lainnya lalu pilih "Banquet"

3. Pilih ruangan untuk "Banquet"

Ketika metode pembayaran di pilih maka akan menampilkan tampilan sebagai berikut :

 

Maka tampilan pilihan ruangan jamuan adalah sebagai berikut:

4. Ketika banquet sudah diatur maka lakukan pembayaran

Pada tampilan ini, ruangan untuk melakukan transaksi banquet sudah di terapkan

5. Pembayaran 

Ketika pembayaran di lakukan dan berhasil, maka akan tampil tampilan sebagai berikut :

 

Apakah artikel ini membantu ?

Self Registration dapat dilakukan untuk mendaftarkan company dan mengaktifkan device tablet untuk dapat menggunakan aplikasi dRetail. langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut ini.

Masuk pada halaman website https://backoffice.dretail.id/admin/.kemudian klik Daftar Sekarang.

Isi data pendaftaran, kemudian klik tombol buat akun.

Kode OTP akan dikirimkan via sms pada nomor telepon yang telah dimasukkan sebelumnya.

Masukkan kode OTP pada halaman website, kemudian klik tombol konfirmasi.

Dapat pula merubah nomor telepon sesuai kebutuhan. Setelah nomor diganti klik tombol kirim ulang sms untuk mengirim ulang OTP pada nomor baru.

Setelah OTP dikirimkan pada nomor baru, masukkan OTP pada kolom verifikasi OTP yang tersedia seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian klik tombol konfirmasi.

Isi lengkap data Company, kemudian klik tombol simpan.

Data berhasil dibuat, email verifikasi akan dikirimkan melalui email yang telah dimasukkan pada saat mendaftar sebelumnya.

Pada email yang dikirimkan berisi tombol Verify my email dan OTP untuk mengaktifkan device. Untuk melakukan konfirmasi email, klik tombol verify my email.

Verifikasi email berhasil, akan langsung masuk pada halaman backoffice dRetail.

Jika verifikasi email belum dilakukan maka pada halaman backoffice akan tampil informasi seperti berikut. Lakukan verifikasi dengan membuka email yang telah dikirimkan.

Registrasi pada tablet

Setelah itu download Aplikasi dRetail pada tablet. Lalu pada email yang dikirimkan sebelumnya terdapat OTP yang dapat digunakan untuk melakukan aktivasi pada device.

Masukkan OTP pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol mengaktifkan.

Device berhasil diaktifkan, untuk login pada Aplikasi dapat menggunakan email dan password yang sebelumnya telah dimasukkan pada saat melakukan registrasi.

Selain itu dapat pula menambahkan username dan password melalui halaman staff pada website back office

Masuk pada halaman Company Setup- Staff - Klik tombol (+) untuk menambah data baru.

Isi sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save untuk menyimpan data.

Kemudian masukkan Username dan password yang telah ditambahkan pada halaman staff backoffice untuk melakukan login pada tablet.

Login berhasil, aplikasi siap digunakan

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini digunakan untuk mencetak CO Kitchen, yang berfungsi untuk menyatukan beberapa stasiun printer kedalam satu resi :

Sebelum mengatur CO Kitchen Printer, harus membuat Stasiun Printer dikarenakan CO Kitchen mencetak berdasarkan Stasiun Printer yang di pilih.

Step : 

Login – Settings – Receipt – CO Kitchen

Add Layout

-    

Resi CO Kitchen,

Penampakan UI resi kitchen yang akan di tambahkan

Profile Name,

Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan di tambahkan

Option,

Pilihan isi resi kitchen yang akan ditambahkan

Save,

Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :

Edit Layout 

Resi CO Kitchen,

Penampakan UI resi kitchen yang akan diubah datanya

Profile Name,

Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan diubah

Option,

Pilihan isi resi kitchen yang akan diubah

Save,

Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :

Apply to Branch

Ketika layout di apply, akan muncul tampilan sebagai berikut :

1 Branch => 1 Layout

1 Layout => banyak Branch

1 Branch hanya bisa menerapkan 1 layout resi, sedangkan 1 Layout dapat di terapkan di beberapa branch.

Delete Layout

Layout dapat di hapus, dan ketika di hapus akan muncul popup konfirmasi sebagai berikut:

Pada Tablet 

Step :

 

Login Tablet – Setting – Printer – Co Kitchen Print

Pilih Printer 

 

Pilih printer untuk di hubungkan (Contoh : Universal Printer)

 

Pilih Kertas (Contoh : Bluetooth (32))

Pilih Bluetooth 

Pilih Perangkat

 

Isi Nama Printer dan Pilih Stasiun Printer

Maka ketika melakukan transaksi, sistem akan melakukan cetak CO Kitchen setelah mencetak resi bayar, seperti dibawah ini :

 

Klik  “Ok” untuk mencetak CO Kitchen

Contoh resi CO Kitchen 

Apakah artikel ini membantu ?

Order by Waiter merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data laporanpenjualan berdasarkan waiter yang data nya mengacu pada pengaturan “DashboardSalesby Waiter” di menu Setup.

Langkah pertama yang harus di lakukan dalam melihat laporan order by waiter ini adalahMelakukan pengaturan pada menu Setting – Setup seperti berikut :

Setup ( Dashboard – Sales by Waiter )

Setting >Setup > Dashboard – Sales by Waiter Pengaturan ini mengacu pada data history transaksi, apakah yang di tampilkan adalahorangpertama, orang terakhir, atau detail history pertransaksi.

Berikut tampilan history transaksi

Untuk melihat history dapat dilihat di Dashboard > Receipt

 

Penjelasan nya sebagai berikut :

First Waiter

 

Pada data ini orang pertama adalah “Izmya Dinda”

 

Maka pada report nya waiter yang tampil hanya “izmya dinda” dengan total amount full per transaksi

Berikut tampilan detail order per waiter

Data di atas dapat di download dalam bentul .pdf ataupun .xls

 

Last per Waiter

 

Pada data ini orang terakhir adalah “Ellin”