Setelah melakukan pembayaran invoice, Anda bisa menetapkan lisensi pada cabang yang telah terpilih. Sebelum melanjutkan Anda harus mempunyai setidaknya 1 cabang, langkah menetapkan lisensi pada cabang dimulai dari poin 6Caranya :
Masa awal trial dari self registration adalah 14 hari
Fitur dRetail kini makin lengkap dengan adanya fitur Sales by Summary dan Sales by Item. Untuk melihat kegunaannya, login terlebih dahulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin, dan pilih menu "Dashboard"Caranya :
Login ke Backoffice dRetail, Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu Klik login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Jika Anda mempunyai beberapa cabang, Anda bisa mengatur Item per Branch. Anda juga dapat menambahkan discount item yang sedang dijalankan dalam Branch.Caranya :
Detail item digunakan untuk mendaftarkan menu ke dalam list menu. Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu klik Login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Selain fitur Dashboard yang berfungsi untuk memantau grafik perkembangan penjualan barang Anda, fitur Company Setup pun berfungsi untuk mengetahui identitas perusahaan Anda. Fitur Company Setup terdiri dari "Company Profile", "Promo Display", "Brand", "Region", "Branch", "Staff", "Group of Discount", "Warehouse", dan "Vehicle"Caranya :
Fitur ini berfungsi untuk mencatat nota atau faktur yang terjadi selama penjualan di cabang yang beroperasi. Datanya disajikan dalam tabel. Untuk melihat tampilannya, login terlebih dulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/adminCaranya :
Fitur Inventory ini berfungsi untuk mendata seluruh pencatatan bahan baku dan item lainnya yang ada di gudang Anda. Berikut fitur-fiturnya:Caranya :
Simak bagaimana caranya, berikut ini:
Cara Penggunaan :
Note :
Fitur ini berfungsi untuk mencetak label pada kategori menu yang di tambahkan.
Setting Printer
Flow untuk mengatur printer blueprint BPLite 58 adalah sebagai berikut :
Lakukan login pada tablet, lalu pilih Menu Setting
Pilih Kategori
Nyalakan Toggle untuk kategori terpilih
Setelah itu pilih printer untuk dihubungkan, lalu pilih Label BP-Lite Series Printer
Pilih kertasnya yaitu Bluetooth (32)
Sistem akan memunculkan Pengaturan Printer
Pilih salah satu media untuk menghubungkan printer
Dan pilih perangkat bluetooth
Jika bluetooth belum tersambung, scan lalu pilih perangkat
Ketika perangkat bluetooth terpilih, maka printer akan otomatis terhubung
Berikut tampilan jika printer sudah tersetting dan siap untuk di tes print
Jangan lupa untuk mengatur Label Order Print menjadi "ON"
Ketika melakukan transaksi print resi, maka sistem akan mencetak sesuai kuantiti
Karena kuantiti nya "3" maka resi label yang tercetak juga "3'' seperti berikut :
Fitur Sales Overnight merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data report lewat hari. Untuk menampilkan data sales overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin.
Untuk menampilkan data Sales Overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin.
Penjelasan nya sebagai berikut :
Pada halaman backoffice, Pilih Setting > Setup > Sales Overnight
Atur toggle Overnight Sales Report menjadi “On” lalu setting jam buka dan jam tutup, seperti berikut :
Lalu Pada dRetail Mobile akan tampil seperti berikut :
Sales overnight (ON)
Report yang muncul adalah report Sales Overnight. Data yang muncul adalah data dari jam buka sampai jam tutup sesuai dengan parameter tanggal yang di tentukan
Sales overnight (OFF)
Report yang muncul adalah report Sales Summary
Berikut tampilan parameter tanggal
Custom contoh > buka jam 18.00 (tgl 6) s/d 03.00 (tgl 7)
Maka data yang muncul adalah data dari jam 23.00 s/d jam tutup 09.00 diluar jam itu akan masuk ke tanggal berikutnya.
Posting Akunting :
Jika settlement di lakukan jam 00.00 s/d jam tutup maka data yang diposting ke akunting adalah h1 tanggal settlement
Jika settlement dilakukan dari jam tutup s/d jam 23.59 maka data yang di posting adalah hari H
Contoh : Buka jam 18.00 (06 feb 2023) s/d Tutup 03.00 (07 feb 2023)
Case 1 :
Settlement jam 00.00 s/d 03.00 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah H1 atau tgl (06 feb 2023)
Case 2 :
Settlement jam lewat jam tutup s/d jam 23.59 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah hari H atau tgl (07 Feb 2023)
Untuk menggunakan fitur chatbot, langkahnya sebagai berikut:
Pada web backoffice, ke halaman plugin. Lalu klik pada Online Orders.
Klik pada WhatsApp Chatbot.
Untuk menambahkan Chatbot, pada halaman WhatsApp Chatbot, klik tombol (+).
General Settings untuk mengatur nama bot. Masukkan nama bot yang diinginkan pada kolom Bot Name, lalu tekan tombol Save.
Bot Number, untuk memilih nomor telepon yang akan digunakan. No. telepon yang tampil sama dengan no. telepon company. Klik tombol Save.
Akan tampil pop up QR Chatbot. Scan QR dengan handphone untuk login ke WhatsApp. Klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan. Jika company melakukan setting plugin chatbot hari ini, fitur chatbot baru bisa digunakan mulai jam 00 pagi keesokan harinya.
*Untuk cara penggunaan Chatbot pada customer, silahkan download guidebook dibawah
Ketika order dari Grab masuk ke aplikasi MPOS, maka di aplikasi Grab Merchant, client bisa melakukan perubahan data terhadap pesanan grab tersebut. Selanjutnya di aplikasi MPOS perubahan pesanan grab itu akan diterima juga. Sebelumnya fitur ini tidak bisa dilakukan di grab merchant yang terkoneksi dengan grab connect MPOS. Langkahnya adalah sebagai berikut:
Tampil notifikasi orderan dari Grab.
Pada halaman Pemesanan > Grab Connect, akan tampil Tanggal Waktu, Grab Id, Status, dan Total. Klik pada Grab Id, untuk melihat rincian pesanan.
Akan tampil detail item dari pesanan tersebut. Grab Id GF-911 dengan pesanan ORIGINAL FOODIEST.
Setelah user melakukan perubahan pada pesanan maka akan tampil notifikasi Perubahan Grab Food.
Maka Ketika user melihat rincian pesanan, detail item sudah berubah menjadi SUSU STRAWBERRY CREAMY.
Fitur ini berfungsi untuk menjadikan item sebagai compliment dan juga input diskon dengan cara yang lebih mudah.
Pada versi ini ditambahkan fungsi item sebagai compliment yang dapat diterapkan saat menambahkan item ke cart.
Penjelasan nya sebagai berikut :
Saat menu akan ditambahkan ke cart, maka pada popup ini klik “Terapkan sebagai compliment” untuk membuat item compliment.
Lalu sistem membuka 2 kolom compliment untuk diisi, isi data lalu klik “Simpan”
Maka sistem otomatis menambahkan item sebagai compliment ke cart
Diskon dan Compliment di meja
Pada versi ini ditambahkan fitur diskon di meja yang fungsinya untuk menambahkan diskon bill ke meja secara lebih cepat.
Penjelasan nya sebagai berikut :
Masuk ke menu meja, lalu pilih meja terisi
Lalu pilih rincian order untuk menerapkan diskon
Lalu pada halaman rincian order, klik pada qty item
Maka selanjutnya sistem akan menampilkan popup add diskon dan item sebagai compliment
A. Diskon Item di Table
Pada saat akan input amount, jika otorisasi SPV pada diskon item “On” maka di haruskan untuk melakukan otorisasi terlebih dahulu.
Berikut tampilan input “Amount”, input diskon lalu klik √
Maka sistem otomatis menerapkan diskon pada item
B. Terapkan Item sebagai compliment
Klik tombol “Terapkan Sebagai Compliment” untuk menjadikan item sebagai compliment.
Maka sistem menampilkan data compliment, isi data lalu klik simpan
Compliment Diterapkan.
Fitur Sales Realtime merupakan fitur yang berfungsi untuk melihat sales pada meja yang di berikan data nya secara realtime.
Flow:
Lakukan Penjualan di Meja melalui aplikasi dRetail v3.10.0. Kemudian pada dRetail Mobile Dashboar v2.1.0 di menu Sales Realtime akan langsung terdapat report realtime penjualan di meja yang terisi > Lalu data juga akan masuk ke report di web admin / Backoffice.
Untuk fitur “Sales Realtime” hanya bisa digunakan pada APK versi 3.10.0, APK di bawah versi 3.10.0 tidak bisa menggunakan fitur sales realtime pada aplikasi mobile dashboard.
Ketika meja terisi, maka akan langsung mengirimkan data secara realtime ke apk mobile dashboard, meja yang terisi adalah :
Maka pada aplikasi mobile dashboard data yang di berikan secara realtime adalah sebagai berikut :
Berikut merupakan detail order di Mobile Dashboard
Detail Order di apk V3.10.0
Data Sales Realtime juga akan masuk ke report “Sales Realtime” secara realtime, seperti di bawah ini :
Detail transaksi
Berikut cara penggunaan Fitur Temporary Item di web admin
Parameter Temporary Item
Jika Parameter :
On > Artinya fitur temporary item dapat digunakan di tablet
Off > Artinya fitur temporary item akan hilang.
Penggunaan di tablet
Jika parameter di setting “On” di web admin, maka pada tablet penjelasannya adalah sebagai berikut:
Flow : Login Tablet > Lakukan Transaksi > Ubah Tax dan Service pada detail
Penjelasannya :
Akses Halaman Penjualan Klik Icon (+) untuk menambahkan item sementara
Lalu system akan menampilkan halaman tambah data item sementara
Klik Dine in untuk mengubah tipe order
Klik Tambah bahan untuk menambah bahan baku
Penjelasan nya :
1. Nama item : input nama item sementara
2. Tipe diskon : tentukan bentuk diskon Fixed Price Percentage
3. Jumlah diskon : input besaran diskon
4. Harga Satuan : harga item
5. Harga jual : (Harga Satuan – Diskon)
6. Jasa : pilih dari jasa “Service” yang telah ditambahkan di web admin
7. Pajak : pilih dari jasa “Tax” yang telah ditambahkan di web admin
8. Stasiun Printer : pilih stasiun printer dari stasiun printer yang telah di tambahkan
9. Catatan : tambahkan catatan
Berikut Halaman “Tambah Bahan”
Tambahkan bahan baku jika perlu, setelah itu klik “Simpan”
Berikut Tampilan Data Temporary Item Complete
Klik simpan, lalu item akan langsung masuk ke halaman penjualan untuk di proses
Tampilan Temporary Item Di Tambahkan Di Halaman Penjualan
Setelah item sementara di tambahkan, maka item siap di melakukan proses pembayaran
Fitur ini digunakan untuk mengatur transaksi jamuan atau acara yang akan di lakukan di hotel.
Langkah nya adalah sebagai berikut :
Pada Back office (web admin)
Atur payment method Baquet menjadi ON di web admin (Back Office), seperti pada gambar berikut :
Lakukan Login - Settings – Setup – Payment Method (Banquet ON)
Lalu aktifkan toggle Payment Method : Banquet
Cara Penggunaan Pada Tablet
Dalam transaksi di tablet, cabang yang digunakan harus terdaftar menggunakan Plugin DIP Hotel, dengan data transaksi yang di berikan juga adalah data yang diberikan oleh DIP.
Langkah yang di lakukan dalam transaksi adalah sebagai berikut:
1. Lakukan Transaksi
2. Ketika "Pembayaran" pilih metode lainnya lalu pilih "Banquet"
3. Pilih ruangan untuk "Banquet"
Ketika metode pembayaran di pilih maka akan menampilkan tampilan sebagai berikut :
Maka tampilan pilihan ruangan jamuan adalah sebagai berikut:
4. Ketika banquet sudah diatur maka lakukan pembayaran
Pada tampilan ini, ruangan untuk melakukan transaksi banquet sudah di terapkan
5. Pembayaran
Ketika pembayaran di lakukan dan berhasil, maka akan tampil tampilan sebagai berikut :
Fitur ini digunakan untuk mencetak CO Kitchen, yang berfungsi untuk menyatukan beberapa stasiun printer kedalam satu resi :
Sebelum mengatur CO Kitchen Printer, harus membuat Stasiun Printer dikarenakan CO Kitchen mencetak berdasarkan Stasiun Printer yang di pilih.
Step :
Login – Settings – Receipt – CO Kitchen
Add Layout
-
Resi CO Kitchen,
Penampakan UI resi kitchen yang akan di tambahkan
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan di tambahkan
Option,
Pilihan isi resi kitchen yang akan ditambahkan
Save,
Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :
Edit Layout
Resi CO Kitchen,
Penampakan UI resi kitchen yang akan diubah datanya
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan diubah
Option,
Pilihan isi resi kitchen yang akan diubah
Save,
Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :
Apply to Branch
Ketika layout di apply, akan muncul tampilan sebagai berikut :
1 Branch => 1 Layout
1 Layout => banyak Branch
1 Branch hanya bisa menerapkan 1 layout resi, sedangkan 1 Layout dapat di terapkan di beberapa branch.
Delete Layout
Layout dapat di hapus, dan ketika di hapus akan muncul popup konfirmasi sebagai berikut:
Pada Tablet
Step :
Login Tablet – Setting – Printer – Co Kitchen Print
Pilih Printer
Pilih printer untuk di hubungkan (Contoh : Universal Printer)
Pilih Kertas (Contoh : Bluetooth (32))
Pilih Bluetooth
Pilih Perangkat
Isi Nama Printer dan Pilih Stasiun Printer
Maka ketika melakukan transaksi, sistem akan melakukan cetak CO Kitchen setelah mencetak resi bayar, seperti dibawah ini :
Klik “Ok” untuk mencetak CO Kitchen
Contoh resi CO Kitchen
Order by Waiter merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data laporanpenjualan berdasarkan waiter yang data nya mengacu pada pengaturan “DashboardSalesby Waiter” di menu Setup.
Langkah pertama yang harus di lakukan dalam melihat laporan order by waiter ini adalahMelakukan pengaturan pada menu Setting – Setup seperti berikut :
Setup ( Dashboard – Sales by Waiter )
Setting >Setup > Dashboard – Sales by Waiter Pengaturan ini mengacu pada data history transaksi, apakah yang di tampilkan adalahorangpertama, orang terakhir, atau detail history pertransaksi.
Berikut tampilan history transaksi
Untuk melihat history dapat dilihat di Dashboard > Receipt
Penjelasan nya sebagai berikut :
First Waiter
Pada data ini orang pertama adalah “Izmya Dinda”
Maka pada report nya waiter yang tampil hanya “izmya dinda” dengan total amount full per transaksi
Berikut tampilan detail order per waiter
Data di atas dapat di download dalam bentul .pdf ataupun .xls
Last per Waiter
Pada data ini orang terakhir adalah “Ellin”