Setelah melakukan pembayaran invoice, Anda bisa menetapkan lisensi pada cabang yang telah terpilih. Sebelum melanjutkan Anda harus mempunyai setidaknya 1 cabang, langkah menetapkan lisensi pada cabang dimulai dari poin 6Caranya :
Masa awal trial dari self registration adalah 14 hari
Fitur dRetail kini makin lengkap dengan adanya fitur Sales by Summary dan Sales by Item. Untuk melihat kegunaannya, login terlebih dahulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin, dan pilih menu "Dashboard"Caranya :
Login ke Backoffice dRetail, Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu Klik login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Jika Anda mempunyai beberapa cabang, Anda bisa mengatur Item per Branch. Anda juga dapat menambahkan discount item yang sedang dijalankan dalam Branch.Caranya :
Detail item digunakan untuk mendaftarkan menu ke dalam list menu. Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu klik Login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Selain fitur Dashboard yang berfungsi untuk memantau grafik perkembangan penjualan barang Anda, fitur Company Setup pun berfungsi untuk mengetahui identitas perusahaan Anda. Fitur Company Setup terdiri dari "Company Profile", "Promo Display", "Brand", "Region", "Branch", "Staff", "Group of Discount", "Warehouse", dan "Vehicle"Caranya :
Fitur ini berfungsi untuk mencatat nota atau faktur yang terjadi selama penjualan di cabang yang beroperasi. Datanya disajikan dalam tabel. Untuk melihat tampilannya, login terlebih dulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/adminCaranya :
Fitur Inventory ini berfungsi untuk mendata seluruh pencatatan bahan baku dan item lainnya yang ada di gudang Anda. Berikut fitur-fiturnya:Caranya :
Simak bagaimana caranya, berikut ini:
Cara Penggunaan :
Note :
Fitur ini berfungsi untuk mencetak label pada kategori menu yang di tambahkan.
Setting Printer
Flow untuk mengatur printer blueprint BPLite 58 adalah sebagai berikut :
Lakukan login pada tablet, lalu pilih Menu Setting
Pilih Kategori
Nyalakan Toggle untuk kategori terpilih
Setelah itu pilih printer untuk dihubungkan, lalu pilih Label BP-Lite Series Printer
Pilih kertasnya yaitu Bluetooth (32)
Sistem akan memunculkan Pengaturan Printer
Pilih salah satu media untuk menghubungkan printer
Dan pilih perangkat bluetooth
Jika bluetooth belum tersambung, scan lalu pilih perangkat
Ketika perangkat bluetooth terpilih, maka printer akan otomatis terhubung
Berikut tampilan jika printer sudah tersetting dan siap untuk di tes print
Jangan lupa untuk mengatur Label Order Print menjadi "ON"
Ketika melakukan transaksi print resi, maka sistem akan mencetak sesuai kuantiti
Karena kuantiti nya "3" maka resi label yang tercetak juga "3'' seperti berikut :
Fitur Sales Overnight merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan data report lewat hari. Untuk menampilkan data sales overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin.
Untuk menampilkan data Sales Overnight di dRetail Mobile maka perlu di setting terlebih dahulu di web admin.
Penjelasan nya sebagai berikut :
Pada halaman backoffice, Pilih Setting > Setup > Sales Overnight
Atur toggle Overnight Sales Report menjadi “On” lalu setting jam buka dan jam tutup, seperti berikut :
Lalu Pada dRetail Mobile akan tampil seperti berikut :
Sales overnight (ON)
Report yang muncul adalah report Sales Overnight. Data yang muncul adalah data dari jam buka sampai jam tutup sesuai dengan parameter tanggal yang di tentukan
Sales overnight (OFF)
Report yang muncul adalah report Sales Summary
Berikut tampilan parameter tanggal
Custom contoh > buka jam 18.00 (tgl 6) s/d 03.00 (tgl 7)
Maka data yang muncul adalah data dari jam 23.00 s/d jam tutup 09.00 diluar jam itu akan masuk ke tanggal berikutnya.
Posting Akunting :
Jika settlement di lakukan jam 00.00 s/d jam tutup maka data yang diposting ke akunting adalah h1 tanggal settlement
Jika settlement dilakukan dari jam tutup s/d jam 23.59 maka data yang di posting adalah hari H
Contoh : Buka jam 18.00 (06 feb 2023) s/d Tutup 03.00 (07 feb 2023)
Case 1 :
Settlement jam 00.00 s/d 03.00 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah H1 atau tgl (06 feb 2023)
Case 2 :
Settlement jam lewat jam tutup s/d jam 23.59 (07 feb 2023) → data yang diposting adalah hari H atau tgl (07 Feb 2023)
Untuk menggunakan fitur chatbot, langkahnya sebagai berikut:
Pada web backoffice, ke halaman plugin. Lalu klik pada Online Orders.
Klik pada WhatsApp Chatbot.
Untuk menambahkan Chatbot, pada halaman WhatsApp Chatbot, klik tombol (+).
General Settings untuk mengatur nama bot. Masukkan nama bot yang diinginkan pada kolom Bot Name, lalu tekan tombol Save.
Bot Number, untuk memilih nomor telepon yang akan digunakan. No. telepon yang tampil sama dengan no. telepon company. Klik tombol Save.
Akan tampil pop up QR Chatbot. Scan QR dengan handphone untuk login ke WhatsApp. Klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan. Jika company melakukan setting plugin chatbot hari ini, fitur chatbot baru bisa digunakan mulai jam 00 pagi keesokan harinya.
*Untuk cara penggunaan Chatbot pada customer, silahkan download guidebook dibawah
Ketika order dari Grab masuk ke aplikasi MPOS, maka di aplikasi Grab Merchant, client bisa melakukan perubahan data terhadap pesanan grab tersebut. Selanjutnya di aplikasi MPOS perubahan pesanan grab itu akan diterima juga. Sebelumnya fitur ini tidak bisa dilakukan di grab merchant yang terkoneksi dengan grab connect MPOS. Langkahnya adalah sebagai berikut:
Tampil notifikasi orderan dari Grab.
Pada halaman Pemesanan > Grab Connect, akan tampil Tanggal Waktu, Grab Id, Status, dan Total. Klik pada Grab Id, untuk melihat rincian pesanan.
Akan tampil detail item dari pesanan tersebut. Grab Id GF-911 dengan pesanan ORIGINAL FOODIEST.
Setelah user melakukan perubahan pada pesanan maka akan tampil notifikasi Perubahan Grab Food.
Maka Ketika user melihat rincian pesanan, detail item sudah berubah menjadi SUSU STRAWBERRY CREAMY.