FAQ
Daftar "FAQ"

Anda dapat dengan mudah mengubah atau menambahkan data staff yang bekerja melalui back office dRetail.Caranya :

  • Login di back office https://dretail.id/login
  • Klik Company Setup > Staff
  • Bila ingin menambahkan Staff baru, klik icon (+) di pojok kanan bawah
  • Masukan data seperti Staff Name > Role Management Staff > Cabang Staff ditempatkan > Phone Number > Address > Email > Username > Password
  • Anda juga bisa memasukan foto Staff dengan cara klik "Choose File" lalu masukan foto Staff yang bersangkutan
  • Bila semua data sudah diisi, klik "Save"
  • Maka otomatis data baru akan tersimpan di "Staff List" dan akan berstatus "Active"
  • Note: Jika ingin mengubah data Staff yang sudah ada, Anda hanya perlu klik Nama Staff yang bersangkutan, lalu edit data sesuai yang dibutuhkan
  • Setelah itu, klik "Save"
Apakah artikel ini membantu ?

dRetail memiliki fitur "Accounting" yang siap memberikan laporan keuangan dengan akurat dan terperinci. Anda juga dapat melihat dan memilih report cabang sesuai yang di inginkan.Caranya :

  • Buka back office dRetail https://backoffice.dretail.id/admin/
  • Masukan Username dan Password yang telah terdaftar
  • Setelah login berhasil, di halaman utama back office akan muncul menu MPOS dan Accounting, pilih menu "Accounting"
  • Pilih cabang yang diinginkan, jika tidak ada pilih "Semua Cabang"
  • User dapat mengunduh data Branch dan dapat menyimpan data tersebut untuk melakukan setting data dan dapat mengunduh report transaksi dalam skala waktu harian hingga bulanan sesuai kebutuhan
Apakah artikel ini membantu ?

Tentu! dRetail memerlukan koneksi internet pada saat transaksi, agar setiap transaksi dilakukan bisa terekam secara real-time ke backoffice dRetailCaranya :

  • dRetail mempunyai fitur transaksi yang dapat dijalankan secara offline, namun hanya bisa di jalankan pada saat melakukan login pada aplikasi dRetail di Tab
  • Login dengan Username dan Password pada aplikasi dRetail di Tab
  • Pastikan Tab sudah tersambung pada koneksi internet misalnya wifi atau hotspot pribadi (Tethering)
  • Lalu setelah login Anda bisa melakukan transaksi secara offline
  • Bila ingin melakukan Closing atau Settlement, dRetail tetap memerlukan koneksi internet agar data bisa tersinkronisasi dengan backoffice. Pastikan aplikasi dRetail tetap terkoneksi dengan internet sebelum beraktivitas secara offline.
Apakah artikel ini membantu ?

Untuk melihat nilai Simple COGS maka diperlukan beberapa langkah sederhana agar user bisa memantau nilai Simple COGS.Caranya :

  • Login di backoffice dRetail https://backoffice.dretail.id/admin/
  • Masuk ke Menu, lalu klik "Detail Item"
  • Setelah itu akan muncul "Menu List"
  • Klik "Actual Price (Rp)" untuk mengisi Harga Hpp atau Harga Simple COGS lalu klik "Apply"
  • Setelah itu lakukan transaksi di aplikasi dRetail pada Tab
  • Untuk mengecek nilai Simple COGS user bisa masuk ke "Analyze" lalu klik "Simple COGS" maka akan muncul laporan data Simple COGS dalam bentuk tabel yang bisa Anda unduh.
Apakah artikel ini membantu ?
  • Melakukan pendaftaran di backoffice untuk pengajuan e-money

  • Jika sudah disetujui klik device untuk mapping Device agar bisa transaksi. Lalu piih (Select TID) agar device bisa didaftarkan TID nya.

  •  Lakukan transaksi dengan klik Metode Pembayaran QRIS di tab Kasir

  • Scan Barcode Qris / bisa diprint terlebih dahulu untuk Scan Qris

  • Jika pembayaran sukses maka status di aplikasi kasir dRetailnya “Pembayaran Berhasil”

  • Jika scan QRIS berhasil di Customer dan di Tab kasirnya, lalu Cek Pembayaran namun tidak berhasil maka wajib foto hasil Transaksi oleh Customer, agar bisa diproses untuk pengecekan lebih lanjut.

  •  Jika hasil transaksi di customer Sukses, namun di tab kasir infonya “Belum Terbayar” bisa di infokan ke Tim Support / Helpdesk dRetail. Dengan Mencantumkan foto Bukti Sukses dari Customernya Agar bisa di proses pengecekan lebih lanjut.

  • Pelimpahan dana akan diproses H+ 1 untuk pengiriman dana ke rekening yang didaftarkan.
Download Pengajuan Wallet QRIS pada Backoffice.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Ini dikarenakan tablet gagal menghubungi printer dapur yg dituju. Untuk permasalahan ini, biasanya disebabkan putus jaringan lokal yg menghubungi printer ini. Untuk pengecekannya bisa dilakukan dengan cara berikut ini:Caranya :

  • Pastikan kabel power printer terubung sempurna
  • Pastikan switch yg menghubungkan printer ini berfungsi dengan baik. Ini ditandai dengan nyala lampu indikator pada switch
Apakah artikel ini membantu ?

Jika Menu tidak masuk ke aplikasi, tekan "Refreh Menu" di tablet. Bila notifikasi "tidak ada pembaharuan dari Back Office" maka Anda harus cek terlebih dahulu di Back Office dRetail.Caranya :

  • Login di back office https://dretail.id/login
  • klik "Menu", lalu klik "Detail Item", untuk mencari menu yang tidak masuk ke dalam aplikasi dRetail di Tab
  • Lalu masuk ke Company Setup > Branch > Item Branch > List of Menu in (Nama Branch) > (+add item) > beri centang di item yang akan dimasukan Add (✔)
  • Bila menu sudah ada di "Master Detail Item" maka langkah selanjutnya, Anda bisa langsung memasukan semua item dengan cara klik (+add all item) > akan muncul notifikasi "Add All Item to (Nama Branch)" lalu > klik "Yes"
  • Selanjutnya lakukan "Refresh Menu" pada aplikasi dRetail di tablet kasir
  • Maka menu akan otomatis muncul di Tab Kasir
Apakah artikel ini membantu ?

Ini disebabkan karena mode cetak yang tidak aktif, maka Anda boleh mencoba untuk refresh Printer dengan mengaktifkan mode cetak.Caranya :

  • Buka pengaturan Printer pada tablet, lalu tekan status: "Mati" sehingga berubah menjadi "Aktif"
  • Setelah diaktifkan maka Anda dapat mencobanya untuk cetak transaksi
Apakah artikel ini membantu ?

Tentu! Dalam satu back office dRetail, Anda bisa memantau beberapa cabang / outlet yang sudah terdaftar di back office.Caranya :

  • Login di web dretail
  • Masukan Username dan Password yang terdaftar
  • Setelah login akan muncul tampilan "Income Chart" dari Dasboard
  • Untuk memilih cabang yang ingin di amati pilih menu "Branch"
  • Untuk melihat pergerakan penghasilannya yang disesuaikan dengan kebutuhan silahkan pilih di menu "Periodic"
Apakah artikel ini membantu ?

Pemberitahuan update aplikasi dRetail akan diinformasikan melalui WhatsApp atau notifikasi otomatis Google Play Store dan App Store.Caranya :

  • Masuk ke aplikasi Google Play Store atau App Store pada Tab
  • Ketik "dRetail" di kolom 'Search' dan lakukan pencarian
  • Klik aplikasi dRetail dan klik 'Update'
  • Tunggu sampai proses update selesai
  • Buka aplikasi dRetail dan nikmati fitur-fitur terbaru dari versi terbaru dRetail.
Apakah artikel ini membantu ?

Caranya, pastikan pada setiap transaksi, kasir menginput nama dan nomor telepon customer di halaman Metode Pembayaran, lalu kita bisa melihat nomor customer yg telah diinput yaitu pada web khususnya report sales detil pertransaksiCaranya :

  • Login web https://dretail.id/login
  • Klik menu "Report" dan klik sub-menu "Report"
  • Di dalam combobox "Laporan Penjualan", pilih opsi "Detail Penjualan per Transaksi"
  • Pilih Cabang dan rentang tanggal yg diinginkan
  • Tekan Download
  • Data kontak customer terletak pada kolom di sebelah kanan pada file excel yg telah diunduh.
Apakah artikel ini membantu ?

Settlement akan terinput jika Anda sudah menekan tombol “Konfirmasi” pada View Settlement, maka semua transaksi akan terinput meski struk tidak tercetak. Anda bisa melihat ulang struk Settlement transaksi Anda pada back office dRetail.Caranya :

  • Login di web https://dretail.id/login
  • Pilih opsi "History"
  • Pilih opsi "Settlement"
  • Pilih tgl Settlement yang dibutuhkan
  • Lalu tekan “Kaca Pembesar” untuk mencari settlement yg dikehendaki
  • Pilih Nomer Settlement yang dikehendaki
  • Tekan "Download".
Apakah artikel ini membantu ?

Berikut adalah langkah-langkah menutup stok menu yang habis agar tidak terinput oleh kasir :

  • Login terlebih dulu di kasir, lalu klik menu Semua Item

  • Akan tampil semua item lalu klik Semua Item

  • Klik tombol Habis

  • Lalu akan tampil item yang ingin kita beri status Stok Habis

  • Beri tanda centang pada stok menu yang habis

  • Pengguna juga dapat melakukan pencarian pada menu yang ingin di tandai stoknya habis

  • Jika item stok habis sudah di tandai, klik tanda centang untuk menyimpan

  • Lalu setelah di tekan centang atau di simpan maka akan muncul notifkasi “Status produk telah diperbarui”

  • Status menu “habis” menu yang habis ini tidak bisa di klik atau di order

  • Cara mengaktifkan Kembali menu habis. Melalui Langkah yang sama,  masuk ke Semua Item, lalu klik ikon Habis, dan klik Daftar Stok Habis

  • Beri tanda centang jika stok tersedia, lalu klik Tandai Stok Tersedia. Maka menu dapat Kembali di order oleh kasir
Apakah artikel ini membantu ?