Accounting
Daftar "Accounting"

Berisi mengenai setting laporan yang dapat dikelompokkan per-grup dan per-report data laporan.

A. Tambah group report, merupakan form tambah data group report.

1. Group, pilih group sesuai dengan kebutuhan.

2. Sub group, list sub group yang tampil merupakan sub group yang telah disesuaikan dengan group yang telah dipilih sebelumnya.

3. Nama report, nama report dapat diisi sesuai dengan kebutuhan.

B. Group, nama data group dari data yang telah disimpan.

C. Sub-group, nama data sub-group dari data yang telah disimpan.

D. Report, merupakan nama data report dari data yang telah disimpan. Data ini dapat diedit dengan cara, klik tombol edit yang terdapat pada nama data report > ubah data > klik tombol save untuk mengubah data.

E. COA, merupakan data COA yang telah disimpan sebelumnya melalui menu COA. Data ini dapat diedit dengan cara, klik tombol edit yang terdapat pada nama data COA > ubah data > klik tombol save untuk mengubah data. Data yang dapat diubah hanya pada sub group saja.

Recapitulation Fixed Asset

Berisi mengenai data Rekap Fix Asset dari cabang yang dimiliki company.  Data dapat ditampilkan per-periode dari data yang dimiliki oleh suatu cabang.

A. Search, digunakan untuk mempermudah mencari dan menampilkan data. Data dapat ditampilkan berdasarkan periode dan cabang, klik kolom list periode dan list cabang untuk menampilkan list cabang yang dimiliki oleh company, kemudian pilih sesuai kebutuhan. Selanjutnya klik tombol search  untuk menampilkan data pada tabel.  

Kemudian tuliskan nama data yang akan dicari pada kolom pencarin yang telah tersedia.

B. Tombol download, klik tombol klik tombol untuk mendownload data, file yang didownload berupa file data excel.

Detail Fixed Asset

Berisi mengenai data Detail Fix Asset dari cabang yang dimiliki company.  Data dapat ditampilkan per-periode dari data yang dimiliki oleh suatu cabang

A. Search, digunakan untuk mempermudah mencari dan menampilkan data. Data dapat ditampilkan berdasarkan periode dan cabang, klik kolom list periode dan list cabang untuk menampilkan list cabang yang dimiliki oleh company, kemudian pilih sesuai kebutuhan. Selanjutnya klik tombol search untuk menampilkan data pada tabel. 

Kemudian tuliskan nama data yang akan dicari pada kolom pencarin yang telah tersedia.

B. Tombol download, klik tombol klik tombol untuk mendownload data, file yang didownload berupa file data excel.

Journal Transaction

Berisi mengenai jurnal yang berisi transaksi dari cabang yang dimiliki company.

Klik –All Cabang– untuk menampilkan list cabang

A. Untuk menampilkan data transaksi jurnal diharuskan untuk memilih cabang, mengisi tanggal awal dan tanggal akhir periode dari data yang akan di cari dan ditampilkan, setelah itu klik tombol cari. Data dapat dicari untuk semua cabang yang dimiliki company atau hanya cabang-cabang tertentu yang ingin dicari dan ditampilkan. Pada data rekapitulasi jurnal ini dilengkapi tanggal posting, no. jurnal, jenis, cabang, nama akun, keterangan, jumlah debit, dan jumlah kredit.

B. Tombol download, digunakan untuk mendownload file data transaksi jurnal. File ini berupa excel. Data yang didownload akan ditampilkan sama dengan data yang sebelumnya telah tertampil pada website.

General Ledger

Ini merupakan data pembukuan dari semua cabang yang dimiliki oleh company.

Klik –All Cabang– untuk menampilkan list cabang

A. Untuk menampilkan data general ledger diharuskan untuk memilih cabang, mengisi tanggal awal dan tanggal akhir periode dari data yang akan di cari dan ditampilkan, setelah itu klik tombol cari. Data dapat dicari untuk semua cabang yang dimiliki company atau hanya cabang-cabang tertentu yang ingin dicari dan ditampilkan. Data yang ditampilkan berisi mengenai semua data cabang yang memiliki  suatu transaksi. Dilengapi nama cabang, tanggal, kode SL, Uraian, nilai saldo awal dan saldo akhir. 

Tombol download, digunakan untuk mendownload file data transaksi jurnal. File ini berupa excel. Data yang didownload akan ditampilkan sama dengan data yang sebelumnya telah tertampil pada website.

Recapitulation Journal

Berisi mengenai data rekapitulasi jurnal closing dari semua branch yang dimiliki compay.

Klik –All Cabang– untuk menampilkan list cabang

A. Untuk menampilkan data rekapitulasi jurnal (closing) diharuskan untuk memilih cabang, mengisi tanggal awal dan tanggal akhir periode dari data yang akan di cari dan ditampilkan, setelah itu klik tombol cari. Data dapat dicari untuk semua cabang yang dimiliki company atau hanya cabang-cabang tertentu yang ingin dicari dan ditampilkan. Pada data rekapitulasi jurnal ini terdapat data nama, debit, kredit, saldo mutasi, total debit, kredit, dan saldo mutasi.

C. Tombol download, digunakan untuk mendownload file data transaksi jurnal. File ini berupa excel. Data yang didownload akan ditampilkan sama dengan data yang sebelumnya telah tertampil pada website.

Trial Balance

Berisi mengenai kumpulan seluruh rekening/perkiraan buku besar yang disiapkan pada akhir periode atau dapat disiapkan kapan saja untuk memastikan keseimbangan buku besar. Data awal yang tampil setelah melakukan kelik pada menu trial balance adalah data trial balance pada bulan saat membuka menu tersebut.

A. Untuk menampilkan data trial balance terlebih dahulu harus memilih cabang dan memasukkan periode bulan dari data yang akan di cari dan ditampilkan kemudian klik cari. Data trial yang ditampilkan merupakan data perbulan.

B. Tombol download, digunakan untuk mendownload file rekapitulasi jurnal. File ini berupa excel.

Worksheet

Berisi mengenai pencatatan neraca saldo, penyesuaian, serta penggolongan akun buku besar yang dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyusun laporan keuangan. Data awal yang tampil setelah melakukan kelik pada menu work sheet adalah data pada bulan saat membuka menu tersebut.

A. Untuk menampilkan data work sheet terlebih dahulu harus memilih cabang dan memasukkan periode bulan dari data yang akan di cari dan ditampilkan kemudian klik cari. Data work sheet yang ditampilkan merupakan data perbulan.

B. Tombol download, digunakan untuk mendownload file rekapitulasi jurnal. File ini berupa excel.

Balance Sheet

Berisi susunan aktiva, utang, modal, dan semua posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Dari data ini dapat diketahui berapa penghasilan yang dimiliki company dan segala kewajiban yang dipenuhi perusahaan. Data awal yang tampil setelah melakukan kelik pada menu balance sheet adalah data pada bulan saat membuka menu tersebut.

A. Untuk menampilkan data work sheet terlebih dahulu harus memilih cabang dan memasukkan periode bulan dari data yang akan di cari dan ditampilkan kemudian klik cari. Data work sheet yang ditampilkan merupakan data perperiode. Terdapat 3 jenis pencarian data: Default, console, dan trend

Data yang ditampilkan berupa data assets, Liabilities, dan capital dari semua atau suatu branch yang datanya sedang dicari. Dilengkapi dengan total masing-masing dan total keseluruhan dari data yang ada pada suatu branch yang dimiliki company.

B. Tombol download, digunkan untuk mendownload data yang sedang ditampilkan. File yang didownload berupa data excel.

Income Statement

A. Untuk menampilkan data income statement terlebih dahulu harus memilih cabang dan memasukkan periode bulan dari data yang akan di cari dan ditampilkan, kemudian klik cari. Data yang ditampilkan merupakan data periode.

B. Tombol download, digunakan untuk mendownload data yang sedang ditampilkan. File yang didownload berupa data excel.

Download Report.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

 

Fitur Invoice merupakan fitur yang memuat komponen dalam rincian pembelian, yang berfungsi untuk pencatatan dokumentasi serta penagihan kepada konsumen untuk segera melakukan pembayaran.

Dengan tampilan sebagai berikut :

 

A. Download Invoice

Tombol download berfungsi untuk mendownload data invoice, dapat dalam bentuk PDF maupun Excel.

B. Add New Invoice

 

A. Setting COA

Setting COA ini berfungsi untuk melakukan pengaturan Coa untuk tiap-tiap field di invoice, dengan Coa yang di pilih adalah Coa yang telah terdaftar.

Contoh nya seperti ini :

  • ·       Sales,  Setting untuk Coa sales
  • ·       Discount Item, Setting untuk Coa sales
  • ·       Discount Bill, Setting untuk Coa sales
  • ·       Tax, Setting untuk Coa sales
  • ·       Down, Payment, Setting untuk Coa sales

 

 

B. Bagian Head 

Branch, berfungsi untuk memilih cabang

Invoice Number

Invoice number Generate by sistem, berfungsi agar invoice number terbuat otomatis dengan kolom input not available.

Invoice number Manual, berfungsi agar invoice number terbuat manual dengan kolom input available.

Invoice Date 

C. Bagian Isi 

  • Description, Berfungsi untuk memasukan deskripsi dari invoice yang dibuat
  • Qty, Berfungsi untuk memasukan kuantiti atau jumlah dari yang di beli
  • Price, Berfungsi untuk memasukan harga 
  • Discount,Berfungsi untuk memasukan diskon (jika ada) untuk invoice yang dibuat
  • Tax (%), Berfungsi untuk memasukan pajak untuk invoice yang dibuat
  • Amount, Berfungsi sebagai total dari 1 kolom invoice 
  • Tombol (+) Berfungsi untuk menambah kolom

D. Bagian Total

·       Additional Discount

Additional Discount, ketika di klik akan muncul popup input additional discount, dapat di input dengan bentuk rupiah atau persentase.

 

Additional Tax

Additional tax, ketika di klik akan muncul popup sebagai berikut :

Down Payment

E. Tombol Save 

Tombol Save, Ketika data sudah di isi klik save, maka data yang ditambahkan akan tersimpan di sistem seperti pada tampilan berikut :

C. Bagian Isi

Untuk petunjuk selengkapnya, silahkan download guidebook dibawah 

 

Download Update version - Invoice.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Cash Clearance merupakan fitur transaksi penerimaan dana E-Money  yang diterima oleh perusahaan yang belum masuk ke bank. 

Lebih jelasnya, fitur ini adalah fitur yang kegunaan nya adalah membereskan pembayaran oleh e-money untuk di masukan ke dalam bank. Dengan Tampilan Sebagai berikut :

A. Cash Clearance Name, Kolom yang berisi nama cash clearance

B. Activity, Kolom yang berisi aktivitas cash clearance, yang isi baris nya adalah :

  • Receive Money
  • MDR Fee Cash Clearance

C. Cash & Bank, Menampilkan apakah cash clearance tersebut masuk ke Cash & Bank atau Tidak

D. Debit

  • Receive money, Baris kolom yang berisi Account yang menerima uang E-money
  • MDR Fee Cash Clearance, Baris kolom yang berisi account tujuan pembayaran MDR Fee

E. Credit, Kolom yang berisi account cash clearance

F. Add Cash Clearance, Digunakan untuk menambah data cash clearance baru, tampilan nya adalah sebagai berikut : 

Cash Clearance Name, Diisi dengan nama cash clearance yang akan di tambahkan

Receive Money (Debit), Pilih account yang akan di alirkan dana E-money (Penyimpanan  receive money)

Pembayaran MDR (Debit), Pilih account tujuan pembayaran MDR

Cash Clearance (Credit),  Pilih account cash clearance

Cash Clearance Name (Edit Data), Digunakan untuk mengubah data, cara nya adalah pilih nama cash clearance yang akan di ubah dan akan muncul tampilan seperti berikut:

Create Cash Clearance 

A. All Cabang, Digunakan untuk memilih cabang

B. Kolom Isi, Digunakan untuk menginput cash clearance, seperti :

·       Date

·       Cash Clearance Name , di pilih berdasarkan nama yang telah di tambahkan

·       Receive money, Jumlah uang yang diterima dari e-money

·       MDR fee, jumlah pembayaran MDR

·       Description, Isi dengan deskripsi penerimaan uang

CTombol yang di gunakan untuk menambah kolom cash clearance

D. Tombol Save, Setelah input data cash clearance klik save untuk menyimpan data ke sistem

E. Upload, Tombol yang digunakan untuk mengupload data cash clearance, tampilan sebagai berikut :

A. Download Sample Upload, Digunakan untuk mendownload contoh file yang akan di upload. Seperti gambar berikut :

B. Upload File Here, Digunakan untuk menyimpan file yang akan di upload, bisa dengan cara klik kotak nya dan pilih file dari komputer atau bisa dengan langsung men-drag file ke kotak upload

C. Tombol Upload, Setelah file di pilih maka klik tombol upload untuk mengupload file ke sistem

Download Update version - Cash Clearance.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Subledger 

Pada versi sebelumnya, pada Add New COA hanya ada Show on Tablet dan COA Cash & Bank.

Pada versi ini di tambah kan fitur Subledger sebagai berikut:

A. On/Off Subleger, Berfungsi untuk mengatur apakah COA yang akan di buat terdapat subledger atau tidak.

B. Jika iya maka akan muncul parent dari COA tersebut seperti pada poin B.

Parent Subledger, Adalah pilihan parent yang akan di gunakan oleh COA yang menggunakan Subledger. 

Delete All

Pada versi sebelumnya, fitur Delete hanya ada untuk masing-masing COA.

Pada versi ini di perbaharui dengan menambahkan tombol Delete All, yang berfungsi untuk menghapus semua COA sekaligus.

Note: Dapat digunakan jika tidak ada COA yang sudah di jurnalkan. Dengan tampilan sebagai berikut:

Upload COA

Pada versi sebelumnya tidak ada upload COA, maka pada versi ini di tambahkan fitur Upload COADengan tampilan sebagai berikut :

A.     Download Sample Upload, Digunakan untuk mendownload contoh file yang harus di upload ke sistem

B.      Upload File, Digunakan untuk menaruh file yang akan di upload ke sistem, dapat dangan cara di klik untuk masuk ke file komputer atau bisa langsung men-drag file langsung ke sini

C.      Tombol Upload, Klik tombol ini jika file sudah siap untuk di upload

A. Sublegder, Kolom yang digunakan jika COA yang akan di Upload memiliki Subledger atau Tidak, Jika “YA” maka isi dengan “Subledger dan jika “Tidak” isi dengan “Detail”.

B. Name Report, Isi dengan Report yang sudah terdaftar di Setting Report

Note:  Account Code dan Parent tidak boleh sama!

 

Maka untuk menambahkan COA Subledger, parent yang di pakai harus terdaftar terlebih dahulu di COA. Dan upload tidak boleh berbarengan Parent = Account Code  X

Setelah klik upload, maka akan muncul data konfirmasi upload sebagai berikut :

Upload Sukses 

 

Maka data bisa di search 

Download Perubahan dan Penambahan Fitur - COA.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Berisi mengenai data Category Fix Asset dari semua cabang yang dimiliki company. Pada menu ini terdapat data Category Fix Asset dan Golongan Umur.

A. Merupakan list data Category Fix Asset yang dimiliki oleh company dari semua cabang yang dimiliki. Setiap datanya terdiri dari Kode Asset Tetap, Nama Asset Tetap, Golongan Umur, Nilai Residu, dan tombol hapus disetiap datanya. Pada Category Fix Asset terdapat beberapa fitur sebagai berikut.

Tambah data, klik icon tambah (+)   à Isi Form à Simpan data.

a. Nama Asset Tetap, ketikan nama asset sesuai dengan kebutuhan.

b. Umur Ekonomis, Klik kolom untuk menampilkan list Golongan umur.

Jika golongan yang diinginkan tidak terdapat pada list golongan, admin harus membuat data Golongan Umur terlebih dahulu.

Cara menambah data Golongan Umur:

Klik Golongan Umur à isi form à simpan data

  • Nilai Residu, Ketikan nilai residu sesuai dengan kebutuha
  • Kode Akun Harga perolehan, Klik kolom untuk menampilkan list Kode Akun Harga Perolehan.
  • Kode Akun Ak. Penyusutan, Klik kolom untuk menampilkan list Kode Akun AK. Penyusutan.
  • Kode Akun Beban Penyusutan, Klik kolom untuk menampilkan list Kode Akun Beban Penyusutan.
  • Akun Pendapatan Penjualan Asset, Klik kolom untuk menampilkan list Akun Pendapatan Penjualan.
  • Akun Beban Penjualan Asset, Klik kolom untuk menampilkan list Akun Beban Penjualan.
  • Akun Receive Kredit, Klik kolom untuk menampilkan list Akun Receive Kredit. 

2. Edit data, Klik nama data yang akan di edit à ubah data à Simpan data. Data yang dapat dilakukan perubahan hanya pada Nama Asset Tetap saja.

Hapus data, klik icon hapus  à Konfirmasi à Data terhapus

 Search, digunakan untuk mempermudah pencarian data. Tuliskan nama data yang akan dicari pada kolom pencarin yang telah tersedia.

Tombol download, klik tombol klik tombol  untuk mendownload data, file yang didownload berupa file data excel.

B. Golongan Umur, Merupakan list data Golongan Umur yang dimiliki oleh company yang dimiliki. Data Golongan Umur yang telah disimpan nantinya akan tampil pada list Umur ekonomis yang terdapat pada form saat melakukan tambah data Category Fix Asset.

 

Terdapat Nama Golongan, Umur Ekonomis (bulan), dan tombol hapus disetiap datanya. Pada Golongan Umur terdapat beberapa fitur sebagai berikut.

1.Tambah data, klik icon tambah  à Isi Form à Simpan data.

Keterangan : 

a. Nama Golongan, ketikan Nama Golongan sesuai dengan kebutuhan.

b. Umur Ekonomis, Ketikan Umur Ekonomis (bulan) sesuai dengan kebutuhan.

2. Edit data, Klik nama data yang akan di edit à ubah data à Simpan data. Data yang dapat dilakukan perubahan hanya pada Nama Golongan saja.

3. Hapus data, klik icon hapus  à Konfirmasi à Data terhapus.

4. Search, digunakan untuk mempermudah pencarian data. Tuliskan nama data yang akan dicari pada kolom pencarin yang telah tersedia.

5. Tombol download, klik tombol klik tombol   untuk mendownload data, file yang didownload berupa file data excel.

Untuk tutorial selengkapnya silahkan download guidebook di bawah

Apakah artikel ini membantu ?

Berisi mengenai transaksi antar bank yaitu Transfer Fund, Receive Money, dan Pay Money. Untuk melihat jurnal dari akun klik Account Name, misal akun Bank CIMB Niaga.

Akan tampil jurnal dari akun Bank CIMB Niaga.

 

A. Kolom Branch digunakan untuk memilih cabang yang ingin dilihat jurnalnya.

B. Digunakan untuk memilih jangka waktu dalam menampilkan jurnal.

User dapat melihat rangkuman awal balance, mutasi debit, mutasi kredit, dan akhir balance.

Transfer Fund antar cabang

A. Pilih branch pengirim pada kolom Select Branch, lalu masukkan Default Debit COA dan Default Kredit COA.

B. Masukkan nomor transaksi pada kolom Transaction No. dan Transaction Date akan terisi otomatis sesuai dengan tanggal pada saat melakukan transaksi atau bisa mengubah tanggal dengan klik ikon kalender di sampingnya.

C. Pada bagian Transfer From, pilih Default Debit COA dan Default Credit COA.

D. Pilih branch yang akan ditransfer pada kolom Branch, masukkan jumlah yang akan ditransfer pada kolom Amount, dan masukkan deskripsi pada kolom Description, klik ikon (+). Jika ingin menambahkan lebih dari 1 branch pilih branch selanjutnya, kemudian isi data sampai klik ikon (+).

E. User bisa menambahkan catatan pada kolom Memo dan melihat total jumlah yang akan ditransfer pada kolom Total.

Setelah semua terisi klik tombol Save untuk melakukan transaksi.

 

Pada akun yang mengaktfikan COA Cash & Bank maka riwayat transaksi akan tampil pada jurnal Cash & Bank. Tetapi bila tidak menganktifkan, riwayat akan tampil pada halaman Posting.

Untuk melihat hasil dari transaksi Transfer Fund  ke halaman Posting → Posting. Pada halaman List Journal – Posting tampil tabel riwayat transfer. Untuk melihat detail transaksi, klik Journal Number.

Akan tampil detail jurnal yang berisi nomor jurnal, tanggal input, dan branch.

Receive Money

Digunakan untuk transaksi penerimaan money. Langkahnya sebagai berikut

1. Pilih branch pada kolom Branch, lalu masukkan tujuan deposit pada kolom Deposit To, masukkan nomor transaksi pada kolom Transaction No.

2. Pilih akun pengirim pada kolom Choose Account dan jumlah yang akan diterima pada kolom Amount, lalu tambahkan deskripsi pada kolom Description. Klik tombol (+) untuk menambahkan data. Jika ingin menambahkan lebih dari 1 Account pilih Account selanjutnya, kemudian isi data sampai klik ikon (+).

3. User bisa menambahkan catatan pada kolom Memo dan melihat total jumlah yang akan diterima pada kolom Total.

Setelah semua terisi klik tombol Save untuk melakukan transaksi.

Data yang telah disimpan akan masuk pada jurnal akun cash & bank. Untuk melihatnya klik pada Account Name.

Akan tampil jurnal dari akun Bank Dinar. Untuk melihat detail jurnal pada transaksi yang telah dilakukan, klik pada No. Jurnal.

Akan tampil halaman Detail Jurnal. Yang berisi Account Code, Account Name, Description, Debit, dan Credit.

Untuk melihat hasil dari transaksi Receive Money ke halaman Posting → Posting. Pada halaman List Journal – Posting tampil tabel riwayat transaksi. Untuk melihat detail transaksi, klik Journal Number.

Akan tampil detail jurnal yang berisi nomor jurnal, tanggal input, dan branch.

Pay Money

Digunakan untuk melakukan pembayaran. Langkahnya sebagai berikut:

Pilih branch pada kolom Branch, lalu masukkan asal pembayaran pada kolom Pay From, masukkan nomor transaksi pada kolom Transaction No.

Pilih akun pengirim pada kolom Choose Account dan jumlah yang akan dibayarkan pada kolom Amount, lalu tambahkan deskripsi pada kolom Description. Klik tombol (+) untuk menambahkan data. Jika ingin menambahkan lebih dari 1 Account, pilih Account selanjutnya kemudian isi data lalu klik ikon (+).

User bisa menambahkan catatan pada kolom Memo dan melihat total jumlah yang akan ditransfer pada kolom Total.

Setelah semua terisi klik tombol Save untuk melakukan transaksi.

Untuk melihat jurnal hasil transaksi pay money, klik pada Account Name yang digunakan pada transaksi tersebut.

 

 

Pada halaman jurnal Bank Dinar, pilih branch yang  digunakan pada transaksi pada kolom Branch. Maka akan tampil jurnal pada branch tersebut. Untuk melihat detail jurnal, klik pada No. Jurnal.

Maka akan tampil detail jurnal yang berisi Account Code, Account Name, Description, Debit, dan Credit.

*Silahkan download guidebook di bawah ini untuk tutorial selengkapnya

Download Cash Bank.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Berisi mengenai semua data list jurnal yang dimiliki company. Data ini berasal dari data jurnal yang telah dikonfirmasi untuk dilanjutkan pada data posting.

 

A. Search, digunakan untuk mencari dan menampilkan data jurnal. Pilih cabang à masukkan tanggal posting awal à masukkan tanggal posting akhir à klik tombol cari. selanjutnya akan tampil list data jurnal yang sedang dicari.

Tombol download, klik untuk mendownload file. Hasil download berupa file excel.

2. Recapitulation Journal

Berisi mengenai semua data rekapitulasi jurnal yang dimiliki company. Jurnal dapat di rekap keseluruhan cabang yang dimiliki atau hanya perbranch yang dimiliki oleh company.

A.  List branch, list branch yang dimiliki company. Dapat mencari semua atau hanya branch tertentu saja.

B. Tanggal awal dan tanggal akhir, sebelum menampilkan rekapitulasi jurnal tanggal awal dan tanggal akhir dari data yang akan dicari.

C. Tombol download, digunakan untuk mendownload file rekapitulasi jurnal. File ini berupa excel.

D.  List data jurnal, merupakan data list rekapitulasi jurnal dari branch, tanggal awal, dan tanggal akhir yang sedang dicari.

Closing

Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan proses closing data per-periode.

A. Merupakan info mengenai tanggal dari data terakhir proses closing dari suatu data jurnal.

 

B. Merupakan list first posting dari semua cabang yang dimiliki company. Klik tombol list first cabang untuk menampilkan data list semua cabang yang dimiliki. List ini berisi kode cabang, nama cabang, dan tanggal posting

Langkah melakukan closing data:

Klik combo box à pilih priode à klik tombol closing.

Open Closing

Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan proses open closing data per-periode.

A. Merupakan info mengenai tanggal dari data terakhir proses open closing dari suatu data jurnal.

B. Merupakan list first posting dari semua cabang yang dimiliki company. Klik tombol list first cabang untuk menampilkan data list semua cabang yang dimiliki. List ini berisi kode cabang, nama cabang, dan tanggal posting.

Kemudian akan tampil list first open closing dari semua cabang yang dimiliki company.

C. Untuk melakukan closing data, diharuskan untuk memlih periode dari data yang akan dilakukan open closing terlebih dahuluLangkah melakukan closing data:

Klik combo box à pilih priode à klik tombol open closing.

Download Posting.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Berisi mengenai data jurnal dari semua cabang yang dimiliki company. Menu ini dilengkapi dengan fitur list jurnal, input jurnal, dan upload jurnal.

A. List jurnal, berisi mengenai data jurnal dari cabang yang dimiliki oleh company. Data ini dapat dicari berdasar semua cabang yang dimiliki atau hanya cabang tertentu yang datanya ingin dilihat dan ditampilkan.

1.  Untuk menampilkan data jurnal, pilih cabang, tanggal awal, dan tanggal akhir kemudian klik cari.

Data ini dilengkapi dengan no. jurnal, tanggal transaksi, kode cabang, nama cabang, no. akun, nama akun, tereangan, nominal debit, dan nominal kredit. Untuk menampilkan detail dari data jurnal klik no. jurnal dari data yang tersedia.

Tombol download, data yang telah tertampil dapat di download dengan cara klik tombol download  yang tersedia. Data hasil download ini berupa file excel. no. jurnal, tanggal transaksi, kode cabang, nama cabang, no. akun, nama akun, tereangan, nominal debit, dan nominal kredit.

Aksi

Tombol posting, digunakan untuk melanjutkan data pada data posting. langkah melakukan posting data

  • Beri centang pada data yang akan di posting
  • Masukkan tanggal posting
  • Klik tombol posting untuk melanjutkan pemostingan data.
  • Delete digunakan untuk menghapus data yang di ceklis

Posting date

Tombol Apply

Search

Input jurnal, merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan tambah jurnal. Isi form kemudian klik tombol Add untuk menyimpan data. Nama cabang dan no. akun

dapat dipilih. Klik untuk menampilkan list data.

Data yang tersimpan akan tampil dibawah form tambah data.

Jika jurnal belum balance antara debet dan kredit, maka tidak dapat melakukan park data, kemudian selanjutnya akan tampil pemberitahuan.

Ketika total jurnal sudah balance antara debet dan kredit, maka proses park data dapat dilakukan. Park dilakukan untuk approval request kepada atasan. Untuk melakukan

park, klik pada tombol park yang tersedia.

Selanjutnya akan tampil pemberitahuan berhasil menambahkan jurnal. Kemudian data akan otomatis ditampilkan pada list jurnal

Upload jurnal, fitur ini digunakan untuk mengupload data jurnal berdasarkan format excel yang telah tersedia.

 

Untuk mendownload format jurnal klik download sample/template file yang tersedia.

Untuk mengupload file jurnal, klik Choose file>pilih file>klik tombol upload

Jika jurnal belum balance antara debet dan kredit, maka tidak dapat melakukan park data, kemudian selanjutnya akan tampil pemberitahuan.

Ketika total jurnal sudah balance antara debet dan kredit, maka proses park data dapat dilakukan. Park dilakukan untuk approval request kepada atasan. Untuk melakukan park, klik pada tombol park yang tersedia.

Selanjutnya akan tampil pemberitahuan berhasil menambahkan jurnal. Selanjutnya data akan otomatis ditampilkan pada list jurnal.

Silahkan download guidebook di bawah untuk informasi selengkapnya

Download Journal.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Aged receivable merupakan fitur yang menampilkan laporan umur piutang, beserta rincian dan jumlah nya.

Fitur ini digunakan untuk menampilkan laporan transaksi pending yang di lakukan di tablet. Berikut flow nya : 

  • Tentukan COA Pada Jurnal Otomatis (Pending & Pembayaran pending)
  • Lakukan Transaksi (Tablet - MPOS)
  • Data Masuk ke Menu Aged Receivable & Posting di Accouting
  • Selesai

Note : COA pada pending & pembayaran pending harus sama 

Setting COA Pada JurnaL Otomatis :

A. Pending, Diatur Coa pending untuk pembayaran yang masih pending

B. Pembayaran Pending, Diatur untuk Coa pembayaran transaksi pending 

Adapun Tampilan Fitur Aged Receivable Adalah Sebagai Berikut : 

ATombol yang digunakan untuk melihat detail no faktur dan piutang customer

B. Branch, Digunakan untuk memilih  tukan waktu aged receivable

C. “Cari”, Digunakan untuk mencari aged receivable sesuai dengan parameter yang di tentukan

D. “Download”, Digunakan untuk mendownload data aged receivable

E. No. Faktur, Berisi nomor-nomor faktur piutang customer, Dengan detail nya sebagai berikut:

Penjelasan lebih lanjut :

1. Total 

  • Total Di Table (Baris nama customer), Adalah total dari piutang customer
  • Total Di Baris Yang Terdapat Faktur,  Adalah total dari faktur piutang yang sejajar
  • Total Di Kotak Atas Table, Adalah total dari keseluruhan piutang

2. Current

Current adalah kolom yang berisi piutang yang umurnya belum sehari (dari tanggal yang ditentukan)

3. 1-30,

Current adalah kolom yang berisi piutang yang umurnya 1 s/d 30 hari  (dari tanggal yang ditentukan)

4. 31-60,

Current adalah kolom yang berisi piutang yang umurnya 31 s/d 60 hari  ( dari tanggal yang ditentukan ) 

5. 61-90,

Current adalah kolom yang berisi piutang yang umurnya 61 s/d 90 hari  ( dari tanggal yang ditentukan )

6. >90,

Current adalah kolom yang berisi piutang yang umurnya lebih dari 90 hari  ( dari tanggal yang ditentukan )

7. Total, Total dari tabel 

 

 

Download Update version - Aged Receivable.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

COA (Chart of Account), merupakan menu yang berisikan akun-akun data yang dapat mempermudah pencatatan dan pengelompokan suatu data yang terperinci agar menjadi lebih ringkas dan praktis. Sebelum membuat data COA diharuskan untuk membuat sub grup yang nantinya akan digunakan dalam penyimpanan data COA. Tambahkan data pada sub menu setting laporan.

Cara menambah data setting Report: 

Klik laporan> klik setting Report> Klik tombol tambah Data>Isi form > Simpan data.

Untuk menambah COA, klik tombol New COA  > Isi Form > Simpan data.

Klik –Pilih Group– untuk menampilkan list group

List sub group akan tampil sesuai dengan grup yang telah di pilih sebelumnya.

Setelah memilih sub group maka akan tampil list sub kebutuhan sesuai dengan sub group yang telah dipilih sebelumnya. Sub group ini berasal dari data yang telah di tambahkan sebelumnya melalusi sub menu setting laporan pada menu laporan.

Pada level, jika memilih detail maka selanjutnya dapat menyelesaikan proses penyimpanan data dengan cara klik tombol save yang tersedia.

Pada level, jika memilih subledger maka selanjutnya akan tampil form list parent, klik list parent untuk memilih data sesuai dengan kebutuhan, klik tombol save untuk melanjutkan penyimpanan data.

 

Search, digunakan untuk mempermudah pencarian data. Pencarian data dapat dicari berdasar group, level, dan sub ledger. List sub pencarian akan tampil menyesuaikan

dengan data apa yang sebelumnya kita pilih group, level, atau sub ledger.

Search, digunakan untuk mempermudah pencarian data. Pencarian data dapat dicari berdasar group, level, dan sub ledger.

List sub pencarian akan tampil menyesuaikann dengan data apa yang sebelumnya kita pilih group, level, atau sub ledger.

Tombol download, klik tombol untuk mendownload data, file yang didownload berupa file data excel.

 Edit COA, Klik tombol edit yang tersedia pada setiap data> ubah data > Simpan data. Bagian yang dapat diedit hanya pada nama akun dan sub group . 

Hapus COA, klik tombol hapus à Konfirmasi hapus data> Data terhapus. Jika data sedang dipakai pada data jurnal maka akan tampil keterangan data gagal untuk dihapus 

Configuration of the retained earnings statement

Menu COA laba ditahan digunakan untuk melakukan mapping COA laba rugi. Untuk melakukan setting pada COA laba ditahan ini hanya dapat dilakukan sekali saja pada saat pertama kali melakukan setting.

Sebelum mengatur data COA laba di tahan, diharuskan untuk membuat data COA terlebih dahulu. Data yang akan tampil pada dropdown adalah data yang sebelumnya telah ditambahkan melalui COA.

Cara menambah data COA:

Klik COA à isi form à simpan data.

Automatic Jurnal Configuration

Beberapa transaksi yang telah dijalankan pada sistem MPOS akan otomatis terbuat suatu jurnal. Beberapa transaksi ini seperti receive, payment, sales, retur (supplier), transfer stok (pembelian), warehouse sales, dan pertanggung jawaban ke pusat. Pada fitur ini setiap jenis jurnalnya dapat dilakukan edit COA sesuai dengan kebutuhan.

 

Sebagai contoh pada data Receive, terdapat data raw material dan expense yang dilengkapi dengan jenis data debit dan kredit, masing-masing data COAnya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Begitu pula dengan jenis data jurnal payment, sales, retur (supplier), transfer stok (pembelian), warehouse sales, dan data pertanggung jawaban ke pusat.

Download Chart Of Accounting.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

 

Fitur ini merupakan fitur untuk mengatur pengganggaran budget agar pencatatan nya lebih mudah dan efisien

 

 

A.     Budget Name, Kolom yang berisi nama budget yang telah dibuat

B.      Branch Applied, Kolom berisi cabang yang telah melakukan budgeting

C.      Period, Bulan period budgeting

D.     Qty Period, jumlah period budgeting

E.      Search, berfungsi untuk mencari data budgeting berdasarkan “Budget Name”

F. Create Budget, Klik pada tombol create budget untuk membuat anggaran baru

A.     Input Data,

Nama Anggaran, Nama anggaran yang akan ditambahkan

Periode Awal, Awal periode (Bulan) dari anggaran yang akan di tambahkan

Note : bulan yang sudah melakukan anggaran tidak bisa di setting lagi pada anggaran

Qty Period, Jumlah period yang pada anggaran

Tipe Anggaran, Digunakan untuk jumlah anggaran yang di ambil untuk referensi pembuatan anggaran

·       Rata – Rata

Jumlah referensi anggaran yang di gunakan adalah nilai rata-rata dari range periode yang di tentukan, seperti di bawah ini :

Jika tipe anggaran sebelumnya adalah Rata-rata,  maka di pilih range

(awal periode – akhir periode sebelum)

Satu bulan

Jumlah referensi anggaran yang digunakan adalah nilai penuh dari periode sebelumnya yang ditentukan seperti dibawah ini. 

 Jika Tipe anggaran sebelumnya dipilih Satu Bulan, maka hanya memilih 1 periode awal

Cabang Sebelum, Adalah cabang yang dipilih untuk referensi pada anggaran yang akan di buat.

A.     Apply to Branch, Ceklis pada branch yang akan di terapkan budgeting

B.      Generate, Setelah data di atas sudah selesai diisi, maka klik “Generate” untuk mengenerate data dari “income statement”

A. Input anggaran, Bisa di input secara manual atau

B.  Icon 

  • Hapus semua angka dari kolom ini, artinya semua angka dari kolom tersebut di hapus
  • Terapkan angka bulan ini dari nilai budgeting tahun lalu, artinya pada bulan ini angka yang di terapkan adalah angka tahun lalu
  • Terapkan angka dari bulan ini untuk bulan berikutnya, artinya angka yang di input untuk bulan ini, juga di terapkan ke bulan berikut nya
  • Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan jumlah ini (input), artinya setiap angka pada bulan berikut nya adalah angka yang di setting pada pilihan ini di tambah dengan nilai awal.

Contoh :

Nilai awal diisi Rp. 20.000

Ketika di atur “Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan jumlah ini (20.000), Hasil nya akan seperti ini :

Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan persentase ini (input %)

artinya setiap angka pada bulan berikut nya adalah angka yang di tambah dengan persentase yang di setting setiap bulan nya.

Contoh : Nilai awal diisi 10%

Ketika di atur “Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan jumlah ini (20.000), Hasil nya akan seperti ini :

Nilai pada bulan selanjutnya adalah (10% x 20.000) + 20.000 = 22000, begitupun bulan selanjutnya yang mengambi 10% dari bulan sebelum nya.

**Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan download guidebook dibawah ini**

 

 

 

 

Download Update version - Budgeting (1).pdf
Apakah artikel ini membantu ?

 

Fitur ini merupakan fitur yang berfungsi untuk mengelompokan COA berdasarkan department.

 

(Chart of Account) Department

 

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah menambahkan Department, sebagai berikut :

 

1. Department

Flow :

Accounting à Chart of Account à Department menu ini fungsi nya adalah untuk menambahkan atau mengubah Department

Penjelasan nya sebagai berikut :

A. Parameter

  • Search, berfungsi untuk melakukan pencarian pada department
  • Download, berfungsi untuk mengunduh data department

B. Kolom

  • No, nomer department
  • Department Name, terisi dengan nama department yang telah di buat

C. Aksi, Difungsikan untuk mengubah data department seperti berikut :


D.  + New Department

Digunakan untuk menambahkan department baru, seperti berikut :

2. COA

Maka pada menu COA juga dilakukan mapping department, seperti berikut :

Pilih Department untuk di mapping ke COA, 1 COA = 1 Department

Reports Income Statement Department

Menu ini berfungsi untuk memberikan laporan pada income statement department yang mana isi nya di ambil dari report Income Statement, yang isinya sebagai berikut :

 

Yang pertama adalah atur parameter :

A.     Setting Branch

B.      Setting Department

 

Pada Setting Department, Data yang di tampilkan di bagi menjadi 3 yaitu :

  • Data Expense

Data yang saat penambahan department pada “Revenue in this Department” dipilih “NO”.Yang artinya department tersebut tidak memiliki penghasilan, maka data yang di tampilkan adalah hanya data Expense atau pengeluaran..

  • Data Revenue

Data yang saat penambahan department pada “Revenue in this Department” dipilih “Yes”.

Yang artinya department tersebut memiliki penghasilan, maka data yang tampil adalah data Expense dan Revenue

  • Default

Adalah data gabungan Expense dan Revenue ( Data gabungan 1 company )

 

C.   Setting Tanggal

Atur tanggal untuk melihat laporan

D.   Cari, atur parameter lalu klik cari untuk menampilkan data

E.  Download, download data report

 

**Untuk penjelasan lengkap tentang fitur deaprtment, silahkan download guidebook dibawah**

 

 

Download Update version - Department (1)_.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Setting Brnach berisi mengenai pengaturan pada branch yang dimiliki company.

Berikut langkah kerjanya : 

  • Beri tanda centang pada branch yang dipilih
  • Klik simpan untuk menyimpan data
  • Klik tombol download jika ingin mengunduh semua data branch yang dimiliki company
  • Data hasil download berupa excel yang berisi kode branch, nama branch, alamat, dan no telepon.

Download Setting Branch.pdf
Apakah artikel ini membantu ?