Attendance
Daftar "Attendance"

Anda dapat menambah dan mengedit data Staff dengan mudah di menu "Company Setup" di back office dRetail.Caranya :

  • Login terlebih dulu ke backoffice dRetail, lalu pilih "Company Setup" dan pilih "Staff"
  • Untuk menambah Staff, Klik icon (+), lalu Isi form penambahan Staff
  • Data status posisi Staff dan Branch yang dimiliki perusahaan telah tersedia pada form tersebut
  • Klik "POS - Kasir" untuk memilih posisi staff dan klik "All Branch" untuk memilih branch. Data yang baru disimpan akan berstatus Aktif
  • Untuk Edit Staff, klik nama Staff yang akan di edit, lalu ubah data yang diperlukan, setelah itu klik "Simpan"
  • Status Aktif & Non Aktif adalah status Staff yang bekerja di perusahaan Anda
  • Untuk mempermudah pencarian data, klik Nama atau Role di kolom "Search"
Apakah artikel ini membantu ?

Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

  • Pilih pendaftaran.

  • Akan tampil halaman berikut, masukkan username dan password dari supervisor kemudian klik tombol OK.

  • Selanjutnya akan tampil halaman pendaftaran. Tambah data wajah, isi nama sesuai username, dan nomor telepon.

  • Setelah data terisi lengkap klik tombol simpan untuk menyimpan data absensi.

  •  Data berhasil tersimpan.

Registrasi Ulang (update wajah dari staff yang sebelumnya sudah registrasi)

Jika ingin melakukan registrasi ulang ( update wajah ) pada data yang sebelumnya telah disimpan, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pilih pendaftaran.

  • Akan tampil halaman berikut, masukkan username dan password dari supervisor kemudian klik tombol OK.

  • Selanjutnya akan tampil halaman pendaftaran. Lakukan langkah sama seperti saat melakukan registrasi data pertama kali. Tambah data wajah, isi nama sesuai username, dan nomor telepon kemudian klik tombol simpan.

  • Jika data telah ada sebelumnya maka setelah menekan tombol simpan akan tampil informasi wajah yang terdeteksi sama, klik tombol perbaharui untuk melanjutkan update data.

  • Tunggu hingga proses pembaruan data selesai.
  • Data berhasil diperbaharui.

Refresh Data

Untuk melakukan refresh data klik tombol perbaharui data yang tersedia pada halaman attendance.

Sinkronisasi Data

Untuk melakukan sinkronisasi data klik tombol sinkronisasi data yang tersedia pada halaman attendance

Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini digunakan untuk melakukan absensi masuk dan keluar ( check in – check out ) staff.

Check in

  • Check in, merupakan absen masuk dengan menggunakan scan wajah.
  • Klik absensi
  • Akan tampil halaman seperti gambar di sebelah kiri. Kemudian scan scan wajah.
  • Setelah wajah terdeteksi, nama dan no telepon akan otomatis terisi, pilih check in untuk absen masuk.

  • Selanjutnya akan tampil rincian check in.

Check out

Check out, merupakan absen keluar atau pulang dengan menggunakan scan wajah, 

  • klik tombol absen yang telah tersedia pada menu utama sama dengan cara melakukan check in yang telah dijelaskan sebelumnya
  • Scan wajah.
  •  Kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini.
  •  Setelah wajah terdeteksi, nama dan no telepon akan otomatis terisi, pilih check out untuk absen keluar/pulang.

  • Akan tampil rincian absen masuk dan keluar seperti di bawah ini.

Dashboard→  Attendance 

Data absensi ini akan ditampilkan pada Dashboard → Attendance website backoffice.

  • Datanya berisi mengenai branch, name, no.telp, waktu check in, waktu, lokasi, dan check out.

  • Data ini dapat unduh dengan format PDF atau Excel, berikut merupakan contoh unduh dari data excel.

Remove Staff

Data attendance dapat dihapus dengan cara sebagai berikut.

  • Klik tombol yang tersedia pada halaman

  • Masukkan username dan password dari supervisor kemudian klik tombol OK.
  •  Pilih data staf yang ingin dihapus
  • Kemudian akan tampil konfirmasi penghapusan data staf, klik ok untuk melanjutkan hapus data
  • Data berhasil dihapus.
Apakah artikel ini membantu ?

A. Penambahan toggle ON / OFF Similarity saat registrasi

Fitur ini digunakan untuk mengecek kemiripan wajah pada saat akan mendaftarkan staff baru.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Pada halaman depan klik tombol Setting.

Masukkan username dan password SPV untuk otorisasi. Lalu tekan tombol OK.

-          Tekan toggle pada opsi Cek Kemiripan Saat Pendaftaran.

Jika toggle ON maka ketika sistem mendeteksi wajah yang sama melakukan registrasi, akan tampil pop up konfirmasi dengan pilihan Perbaharui, Lanjut, dan Batal.

  • Perbaharui, maka data staff ‘IZMYA DINDA’ akan diupdate dengan wajah yang baru.
  • Lanjut, maka sistem akan melanjutkan pendaftaran staff ‘ALANA’.
  • Batal, user batal menyimpan data.

Jika toggle OFF maka sistem akan langsung menyimpan data tersebut.

B. Penambahan fungsi check out online, sehingga check out bisa dilakuakn dari semua device dalam satu company 

Fitur ini digunakan agar check out absen dapat dilakukan dari semua device yang berada di dalam satu company.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Aktifkan toggle pada setting Akses Online Absen pulang dari semua perangkat. 

Jika fitur ini diaktifkan, maka device tersebut harus dalam keadaan tersambung ke internet atau online. Jika dalam keadaan offline, maka user tidak bisa melakukan check out.

Perbaikan fitur 

A. Penambahan pilihan update wajah yang mirip atau lanjut pendaftaran satff baru pada prompt saat registrasi 

Pada versi sebelumnya, jika ada staff baru yang akan mendaftar dan wajahnya terdeteksi sama atau mirip dengan staff sebelumnya, maka sistem akan menampilkan pilhan Perbaharui atau Lanjut.

B. Perbaikan data staff A ter-replace oleh data staff B jika saat melakukan registrasi terdeteksi wajah yang sama

Pada versi sebelumnya, jika ada staff B yang akan mendaftar dan wajahnya terdeteksi sama atau mirip dengan staff A, maka sistem langsung akan mengupdate data staff A dengan wajah staff B. Pada versi terbaru, jika wajah terdeteksi sama dan user memilih Lanjut maka data staff B akan tersimpan tanpa me-replace data staff A.

Download Attendance Ver_ 2_4.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Kita bisa mengatur liveness dari fitur absensi ini tujuannya untuk mendeteksi bahwa objek yg discan apakah hidup atau hanya gambar.Caranya :

  • Pada halaman login absensi, tekan Roda Gigi di ujung kanan atas
  • Masukkan username dan password supervisor POS
  • Atur livenesnya dengan menceklist liveness dan menggeser panelnya untuk mengatur besar livenessnya
  • Semakin tinggi livenessnya maka semakin akurat mendeteksi wajahnya.
Apakah artikel ini membantu ?

Untuk menggunakannya daftarkan staf karyawanya terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan melakukan scanning wajah untuk memulai mengisi absensinya. Untuk laporan absensi karyawan bisa kita dapat melalui backofficeCaranya :

  • "Cara mendaftarkannya: Setelah berhasil login aplikasi absensinya tekan registration lalu masukan username dan password pos supervisor
  • Lalu masukkan nama dan nomer telepon staff yang akan di daftarkan
  • Catatan: nama dan nomer telp ini harus sesuai dengan yg sudah didaftarkan pada web admin
  • Selanjutnya tekan add face data dan mulai foto wajah dari staff yg akan di daftarkan
  • Lalu tekan save untuk menyimpan registrasi absensinya
  • Cara absensi:
  • Setelah berhasil login aplikasi absensinya tekan attendance lalu mulai scan wajah staff tersebut
  • Apabila scan wajah berhasil, tekan check in untuk absensi masuk atau check out bila absen pulang
  • Setelah melakukan absensi melalui tabletnya, kita bisa melihat laporannya melalui web admin, caranya:
  • Setelah berhasil login web adminnya, tekan report lalu scroll ke bawah hingga menemukan laporan absensi.
  • Tekan Download apabila ingin mengunduh laporan absensinya dalam bentuk excel
  • Pada laporan ini anda bisa melihat durasi kerja setiap staff yang sudah melakukan absensi.
Apakah artikel ini membantu ?