Sales
Daftar "Sales"

Pada versi terbaru kini dapat dilakukan add, edit, dan delete data shopee melalui halaman upload file

Terdapat 3 Jenis upload data file 

1. Add Master of Item, untuk menambahkan data dengan format excel yang telah ditentukan, klik sample format file untuk mengunduh format file.

 Langkah mengunggah file sebagai berikut:

 

Isi format file > klik Choose file > pilih file > Klik tombol Upload to All/ Upload

 

Berikut merupakan sample format file add master of item.

2. Edit Master of Item, untuk mengedit data yang telah ada dengan format excel yang telah ditentukan, Klik Exsiting Master File untuk mengunduh format file. Langkah mengunggah file sebagai berikut.

Edit data pada format file > klik Choose file > pilih file > Klik tombol Upload to All/ Upload

Berikut merupakan sample format file edit master of item.

3. Delete Master of Item, untuk menghapus data dengan format excel yang telah ditentukan, Klik Exsiting Master File untuk mengunduh format file.

Langkah mengunggah file sebagai berikut,

Beri tulisan delete pada data yang ingin di hapus (letakkan tulisan di sebelah description) > klik Choose file > pilih file > Klik tombol Upload.

  • Tombol Unggah to All, digunakan untuk mengunggah file pada semua branch.
  • Tombol Unggah digunakan untuk mengunggah file pada company saja

 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Multi Price Shopee pada tablet

Harga yang akan digunakan pada transaksi pemesanan menggunakan tipe ini akan menyesuaikan dengan harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee Price pada halaman Detail item, Paket item, atau Item branch. untuk melakukan transaksi pemesanan, lakukan langkah berikut ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih tipe pemesanan.

  • Pilih Multi Price.

  • Pilih Shopee
  • Pilih item pesanan, sebagai contoh dimasukkan 1 item dengan harga Rp 20.000. Harga item yang digunakan menyesuaikan dengan data harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom Shopee price. Kemudian lanjutkan proses pembayaran dengan cara menekan klik total pembayaran yang tersedia.

  • Lakukan proses pembayaran hingga selesai. 
  • Selanjutnya riwayat transaksi akan ditampilkan pada halaman riwayat >Transaksi, dengan tipe Shopee Food

Apakah artikel ini membantu ?

Digunakan untuk melakukan custom QR menu sesuai dengan kebutuhan 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Saat masuk pada halaman Digital Menu, akan tampil data Digital Menu yang telah disimpan sebelumnya, dilengkapi dengan : menu, name, branch applied, status, dan action

  • Klik ikon tambah (+) untuk menambah data Digital Menu, kemudian isi form, lalu simpan

  • Terdapat 2 cara memasukan data menu yaitu dengan cara upload file dengan format PDF (file maks 30MB)
  • atau dengan create menu dan pilih category dengan cara memberikan tanda centang pada category  yang dipilih
  • Kemudian pilih category dengan cara memberikan tanda centang pada category yang dipilih. Terdapat pula kolom pencarian yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam pencarian data category

  • Setelah memilih maka category, sub category dan semua item yang termasuk dalam category menu tersebut akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan, menu yang telah dipilih akan ditampilkan pada body preview. Klik tombol save untuk menyimpan data

  • Data yang berhasil tersimpan akan ditampilkan pada daftar data digital menu

Cara melakukan Scan QR Digital Menu

  • Buka QR dari halaman Digital Menu, pilih salah satu QR kemudian Scan QR menggunakan handphone
  • Mengunduh dan mencetak ( print )QR dari data digital menu yang dipilih kemudian scan QR menggunakan handphone
  • Bagikan menu melalui beberapa media sosial yang disediakan, kemudian scan QR menggunakan handphone
Download Guidebook New Release Digital Menu.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini terdapat fitur QR menu dinamis pada meja pesanan. Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Langkah kerja fitur pada website backoffice:

  • Masuk pada halaman website backoffice.
  • Pilih Menu > Digital Menu.

 

  • Buat data digital menu, pada setting > Generate QR Code pilih Dynamic. Kemudian klik tombol save untuk menyimpan data digital menu.

Langkah kerja fitur pada tablet 

  • Klik meja untuk masuk terlebih dahulu pada halaman meja.

  • Kemudian Klik button disudut kanan bawah pada tablet

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih Hasilkan QR ( Generate QR ).

  • Kemudian pilih meja yang diinginkan untuk generate QR.

  • Dipilih meja 1 untuk dilakukan generate QR, kemudian klik tombol hasilkan QR 1 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis akan tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.

  • Dapat pula melakukan merge pada meja sebelum melakukan generate QR.
  • Merge ini dapat dilakukan pada lebih dari 1 meja. 
  • Dengan cara memilih meja sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Hasilkan QR ( Generate QR ) yang tersedia.
  • Sebagai contoh dipilih meja 1 dan meja 2, kemudian klik tombol hasilkan QR 2 meja.

  • Kemudian QR Menu Dinamis pada kedua meja akan tercetak, Kondisi Meja yang dilakukan merge akan di cetak pada urutan terakhir.
  • Setelah QR menu dinamis pada meja pertama tercetak maka akan tampil informasi untuk melanjutkan cetak QR pada meja selanjutnya yang dilakukan merge. Klik tombol lanjut.

  • QR Menu pada meja 1 dan meja 2 berhail tercetak, scan QR Code menggunakan handphone.
  • Setelah QR dilakukan scan menggunakan handphone maka akan tampil halaman meja pesanan pada handphone. 

Untuk panduan penggunaan QR Dinamis pada ponsel konsumen bisa dilihat disini

 

 

Download QR Menu Dinamis v3_3_0.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Ini merupakan fitur menu yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan resi sesuai dengan kebutuhan.

 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Setelah melakukan login pada backoffice dRetail, klik menu  Settings lalu klik Receipt
  • Tambah data Design Layout Receipt, Klik tombol tambah (+), pilih atribut yang ingin ditampilkan pada receipt
  • Isi Profile Name.

Business info, terdapat atribut seperti Logo, Company Name, Branch Name, Address, City, Province, Phone, Email, Note dan Footer yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt

  • Transaction, terdapat atribut seperti Reff No, Order Type, Custom Name, Table, Total Qty Item, Item Code, Unit Price, Queue No yang dapat dipilih dan diberi tanda centang sesuai kebutuhan. Atribut yang dicentang kemudian akan tampil pada layout design receipt.

  • Contact, terdapat atribut seperti Facebook, Instagram, Twitter, Website yang dapat dipilih dan diberi tanda centang agar tampil pada layout design receipt

 

Data Logo, Note, Facebook, Instagram, Twitter, dan Website dapat diubah sesuai kebutuhan, dengan langkah sebagai berikut :

  • Masuk pada fitur menu Branch, Pilih Branch dan Pilih Receipt

  • ubah sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol save yang tersedia untuk menyimpan perubahan data

             

  • Kemudian ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya melalui website back office
  • Untuk melakukan Edit Data Design Layout Receipt, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Sebelum data layout dapat digunakan maka diharuskan untuk menambahkan branch terlebih dahulu, klik tombol Apply to Branch untuk menambahkan branch kemudian pilih branch sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya klik tombol save untuk menyimpan data
  • Kemudian Ketika dilakukan cetak resi maka layout dari resi akan sama dengan layout yang telah diatur sebelumnya memalui website backoffice

 

Download Guidebook Receipt Dinamis.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Merupakan menu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan company.

Berikut langkah-langkah penggunaanya : 

  • Method of Payment, diharuskan untuk membuat data method of payment terlebih dahulu sebelum membuat data configuration
  • Untuk menambah Data, Klik tombol tambah (+) → Isi Form → Simpan data
  • Untuk edit Data, Klik nama data yang akan di edit → ubah data → Simpan data.
  • Configuration, setelah membuat data method of payment data ini harus dilakukan konfigurasi agar dapat digunakan pada Aplikasi dRetail. 
  • Untuk menambah Data Configuration, Klik tombol tambah → Isi Form: Configuration name, Pilih branch
  • Daftar data Method of Payment yang telah dibuat sebelumnya akan tampil pada form tambah data Configuration ini, pilih sesuai kebutuhan

  • Setelah form terisi lengkap, klik tombol save untuk menyimpan data.

 

Langkah- langkah Penggunaan Method of Payment pada Aplikasi dRetail :

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih metode pemesanan dan masukkan item pesanan sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol total untuk melanjutkan pembayaran.

  • Selanjutnya pilih metode pembayaran lainnya, Method of Payment yang telah diatur sebelumnya melalui website backoffice akan tampil pada halaman ini
  • Pilih metode pembayaran sesuai kebutuhan, lanjutkan pembayaran hingga selesai
Download Guidebook Method of Payment Dinamis.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Anda bisa menambahkan Item baru yang nantinya akan masuk kedalam Menu List. Menu tersebut bisa juga ditampilkan di display Dashboard backoffice dRetail Anda, berikut langkah-langkahnya:Caranya :

  • Anda dapat menambahkan item baru dengan cara klik "Menu" lalu klik "Detail Item"
  • Sistem akan menampilkan data "List Menu" yang sebelumnya sudah ditambahkan. Jika ingin menambahkan menu baru, klik ikon (+) di pojok kanan bawah. Isi form dengan data yang sudah ada seperti:
  • Pilih kategori pada combobox "Category Name"
  • Pilih subcategory pada combobox "Sub Category Name"
  • Input kode produk pada textbox "Code Product"
  • Input nama item pada textbox "Item Name"
  • Kemudian input harga item pada textbox "Actual Price" dan "Selling Price"
  • Masukkan deskripsi Menu baru tersebut, lalu tambahkan gambar menu untuk mempercantik tampilan.
  • Klik tombol "Apply" atau "Apply To All"
Apakah artikel ini membantu ?
  • Scan QR Code yang telah di cetak ( Keterangan : Proses pemesanan sama dengan type static ).

 

  • Akan tampil halaman berikut, pilih item yang akan dibeli kemudian masukan kedalam cart.

  • Pilih dan masukkan pesanan, klik tombol Add cart.

 

  • Klik tombol item untuk melanjutkan proses pemesanan.

 

  • Klik tombol Place Order.

  • Kemudian klik tombol Yes, make my order untuk menyimpan pesanan pada Meja
  • Tunggu hingga kasir melakukan approve pada pesanan.

  • Jika pesanan telah di lakukan approve oleh kasir dan dan ingin melakukan membayar klik button Request Bill.

-          Terdapat 2 metode pembayaran :

1.      Manual payment atau jump app. Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan pada halaman PWA adalah resi.

  • Klik tombol request bill.

 

  • Sebagai contoh akan dipilih gopay, kemudian klik tombol procced request bill

  • Tunggu hingga kasir melakukan konfrimasi pembayaran
  • Setelah kasir melakukan konfirmasi maka akan tampil halaman berikut, klik tombol pay.

  • Klik tombol yes, proceed payment.
  • Klik tombol pay.

  • Kemudian akan langsung diarahkan pada halaman Aplikasi Gojek.
  • Lakukan pembayaran hingga selesai.
  • Setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil resi pada halaman handphone customer. Resi dapat disimpan atau di kirim via email dengan cara menekan salah satu tombol yang terdapat dibawah halaman.

2. Bayar di kasir (Cash, QRIS, Debit, Credit Card). Setelah pembayaran selesai maka hasil akhir yang akan ditampilkan hanya bill saja

Klik tombol request bill.

  • Sebagai contoh akan dipilih cash, kemudian klik tombol procced request bill

  • Kemudian lakukan pembayaran pada kasir, setelah proses pembayaran selesai maka akan tampil bill pada halaman handphone customer. 

 

Apakah artikel ini membantu ?

Pada Versi terbaru kini terdapat fitur baru mengenai Paket Item, untuk dapat menggunakan data paket item ini terlebih dahulu buat data paket item pada website backoffice. Langkah-langlahnya akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Pilih menu Item > paket Item > buat data baru ( tekan tombol + data )
  • Akan tampil halaman berikut

  • Isi data sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Apply untuk menyimpan data. Jika ingin menyimpan data pada semua branch klik Apply to all branch.

  • Data baru berhasil disimpan. Untuk menambahkan bahan baku dari sebuah paket item klik tombol pada data paket item.

  • Kemudian akan tampil halaman berikut, masukkan item paket sesuai kebutuhan.

  • Tuliskan nama item pada kolom kemudian pilih item.

  • Isi jumlah item, kemudian klik tombol save untuk menambahkan data item.

  • Data paket item akan tersimpan, untuk melakukan edit atau menghapus data item tersedia tombol pada setiap datanya.

  • Jika ingin menambahkan data item lain, lakukan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu memilih item, memasukkan jumlah item, dan tekan tombol save untuk menyimpan data item.

  • Kemudiaan untuk menambahkan data paket item pada cabang yang sedang digunakan, masuk pada halaman company setup > branch pilih data branch > klik item branch.

  • Akan tampil data item yang ditampilkan pada tablet kasir, klik tombol + Add item untuk menambahkan data item.

  • Pilih dan beri centang item yang ingin ditampilkan pada tablet kasir, kemudian klik tombol Add.

  • Setelah data berhasil ditambahkan, isi data actual price, base price, discount, new selling price, grab price, gojek price, stok sesuai kebutuhan kemudian klik tombol update untuk menyimpan data update suatu branch.
  • Data paket item berhasil ditambahkan pada suatu cabang.

Cara Mengatur Paket Item pada tablet kasir dengan langkah-langkah berikut.

  • Login pada tablet kasir.
  • Segarkan menu. 
  • Kemudian masuk pada halaman item. 
  • Item yang ditambahkan sebelumnya melalui website backoffice telah ditampilkan pada tablet kasir dan siap digunakan. 
  • Sebagai contoh sebelumnya ditambahkan data kategori ACC dengan sub menu HOME DECOR yaitu data paket item dengan nama HOME DECOR SALE.  

  • Sebagai contoh akan dilakukan transaksi pada paket item home decor sale sebagai berikut.

  • Lanjutkan proses pembayaran, hingga resi tercetak.

  • Pembayaran berhasil

Download Paket Ritel.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini dapat melakukan transaksi dan menyimpan data dine in tanpa memilih meja terlebih dahulu.

Data dine in tanpa meja ini akan disimpan berdasar nama customer. Masukkan pesanan terlebih dahulu. Kemudian klik customer name untuk menambahkan data

Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Pilih Dine in kemudian masukkan pesanan sesuai kebutuhan, selanjutnya klik Rincian Meja.

  • Kemudian isi data pelanggan sesuai kebutuhan, selanjutnya klik tombol konfirmasi.

  • Kemudian akan tampil tombol simpan data Dine In dan tombol pembayaran seperti gambar berikut.

  • Jika ingin langsung melakukan transaksi pembayaran, klik tombol $ yang tersedia. Klik tombol $ untuk melakukan pembayaran.

  • Klik tombol total.
  • Kemudian akan tampil halaman pembayaran, lakukan proses pembayaran sesuai dengan kebutuhan.

  • Jika ingin langsung melakukan penyimpanan data dine in, klik tombol simpan yang tersedia.

  • Setelah data tersimpan kemudian data akan tersimpan pada halaman Cart > Dine-in.

  • klik tombol Cart.

  • Pilih Dine In, kemudian akan tampil semua data dine in yang tersimpan berdasar data nama customer dilengkapi dengan jumlah kapasitas orang, total pemesanan item, dan tanggal waktu data ini disimpan.

  • Terdapat kolom pencarian untuk mempermudah pencarian data dine in.

  • Jika ingin melakukan hapus data dine in, klik tombol hapus yang tersedia di atas kanan halaman kemudian akan tampil tombol aksi hapus pada setiap data yang tersimpan. Klik tombol hapus pada data untuk menghapus data sesuai kebutuhan.

  • Jika ingin melakukan transaksi penambahan item pesanan atau pembayaran klik tombol aksi yang tersedia pada data.

  • Kemudian akan tampil Kembali halaman pemesanan seperti berikut, lanjutkan transaksi penyimpanan data dine in Kembali atau transaksi pembayaran sesuai dengan kebutuhan.

  • Dapat pula menyimpan data dine in tanpa item pesanan. Data tanpa pesanan tidak akan menampilkan total pembayaran item pada datanya. 

Download Save Dine In Order.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Untuk memberikan informasi promo ke pelanggan dan tampilan lebih dinamis, Kita bisa memberikan tampilan di fitur Dual Display untuk menampilkan program promo-promo yang sedang di jalankan.Caranya :

  • Untuk menambahkan promo display klik "Company setup"
  • Masuk ke Promo Display

  • Klik tombol (+) dan muncul "New Promo Display" dan isi form sesuai kebutuhan. Pada form ini dapat menentukan Brand dan Branch untuk ditampilkan data diskon nantinya pada Second Display yang sedang digunakan. Tahap untuk menampilkan Brand dan Branch akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Masukan "Nama Promo"
  • Pilih tanggal "Start Date" lalu pilih "End Date" agar promo tersebut muncul dan hilang sesuai tanggal yang ditentukan
  • Pilih "Branch" sesuai yang ada (Bila tidak ada pilih "All Branch")

  • Setelah itu klik "Save" untuk menyimpan
  • Nanti akan tampil status Aktif & Non Aktif. Data yang baru tersimpan akan berstatus aktif.
  • Untuk mengubah status aktif menjadi non aktif, Edit Data Staff, klik nama data à Ubah data status à Simpan Data

Apakah artikel ini membantu ?

Terdapat penambahan method of payment yaitu transfer pada saat melakukan proses reservasi pada Aplikasi dRetail. Pada reservasi terdapat 3 jenis tipe pemesanan yaitu dengan cara take away, dine in, dan delivery.

Berikut langkah-langkah penggunaannya :

  • Pada aplikasi dRetail, Pilih Reservation.

  • Pilih Take Away

  • Akan tampil keterangan Daftar Reservasi secara Take Away.

  • Masukkan pesanan, item yang dipesan akan tampil pada daftar pesanan, dilengkapi dengan nama item, jumlah item yang dipesan dan harga item. 
  • Klik tombol Lanjut

  • Kemudian akan tampil halaman tambah reservasi, lengkapi data pelanggan.

  • Jenis DP pembayaran dapat dipilih sesuai dengan menekan klik kolom DP Pembayaran.

  • Kemudian akan tampil daftar jenis pembayaran, pilih sesuai kebutuhan. Klik transfer untuk memilih Metode pembayaran dengan cara transfer.

  • Lengkapi data transfer yang dibutuhkan seperti Nama Pemilik Rekening, Nomor Rekening, dan Nama Bank. Selanjutnya klik tombol simpan.
  • Kemudian masukkan jumlah DP.
  • Setelah data pemesanan telah lengkap diisi selanjutnya klik tombol simpan. Data reservasi akan tampil pada menu cart reservation.

 

Download Guidebook Penambahan Method of Payment Transfer di Reservasi.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Setelah Anda menambahkan item menu baru di backoffice, Anda juga bisa menambahkan kategori baru yang bisa disesuaikan dengan menu yang sudah terdaftar di backoffice. Berikut langkah-langkahnya :Caranya :

  • Login terlebih dulu ke backoffice dRetail, lalu klik "Menu" dan submenu "Category"
  • Untuk menambahkan kategori baru, klik tombol ikon (+) di pojok kanan layar
  • Sistem akan menampilkan form "New Category", lalu masukkan data yang dibutuhkan
  • Input nama kategori dan sub kategori di textbox "Category Name" dan "Sub Category Name"
  • Anda bisa menambahkan sub kategori baru dengan klik tombol "Add Sub Category"
  • Input nilai profit sharing pada textbox "Profit Sharing"
  • Pilih warna kategori di combobox "Category Color"
  • Setelah semua sudah diisi, klik "Save", kategori menu baru Anda akan muncul di "Category List"
Apakah artikel ini membantu ?

Self Registration dapat dilakukan untuk mendaftarkan company dan mengaktifkan device tablet untuk dapat menggunakan aplikasi dRetail.

 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk pada halaman website https://backoffice.dretail.id/admin/.kemudian klik Daftar Sekarang

  • Isi data pendaftaran, kemudian klik tombol buat akun

  • Selanjutnya Kode Verifikasi OTP akan dikirimkan melalui SMS dan Email yang digunakan untuk membuat akun.

  • Masukkan kode OTP, kemudian klik tombol konfirmasi

  • Isi lengkap data Company, kemudian klik tombol simpan

  • Data berhasil dibuat. Klik tombol masuk untuk login pada website back office

  • Pergi ke halaman Setting, klik Device Setup. Lakukan aktivasi generate kode, Klik tombol tambah (+) pada data

  • Selanjutnya pilih branch, klik tombol generate

  • Aktivasi kode berhasil. Kemudian kode OTP akan dikirimkan melalui email

  • Cek email dan masukkan kode OTP pada Aplikasi dRetail, kemudian klik tombol activate.

  • Kemudian login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan melalui website back office

  • Login berhasil, Aplikasi siap untuk digunakan

  • Kemudian data device pada halaman Setting → Device Setup akan dilengkapi dengan nomor license, device identity, branch, status, dan tanggal expire. Masa awal trial dari self registration ini adalah 14 hari

Download Self Registration (1).pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Simak bagaimana caranya, berikut ini:

  • Login terlebih dulu ke Backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin/
  • Setelah itu, klik menu Reservation Detail, lalu pilih tanggal, jam, nama Staff dan cabang yang diinginkan.
  • Sistem akan langsung menampilkan data-data reservasi seperti total reservasi, total person, total item quantity & PIC yang masuk dari Tab dRetail sesuai dengan format yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Klik tombol (+) di sebelah tombol Excel dan beri tanda centang untuk menampilkan format data yang lebih detail. Anda juga bisa mengunduh data reservasi dengan klik tombol Excel.
  • Excel yang sudah diunduh akan menampilkan data-data yang sama seperti yang muncul di backoffice Anda. 
  • Klik data, untuk menampilkan detail dari data reservasi.
  • Klik tombol print yang tersedia untuk mencetak detail reservasi.
  • Klik menu Reservation Itemuntuk menampilkan menu-menu yang dipesan dan jumlahnya pada saat reservasi. Unduh datanya dengan klik tombol Excel.
Apakah artikel ini membantu ?

Pada Fitur ini user dapat menambahkan slide show berupa gambar atau menampilkan playback video pada second display. Fitur ini hanya dapat digunakan pada perangkat tablet khusus seperti tablet IMIN.

  • Login pada tablet
  • Masuk pada halaman Pengaturan, Pilih Dual Display

  • Akan terdapat 2 jenis slide show yaitu gambar dan video.
  • Jika ingin menampilkan slide show berupa gambar pada dual display maka tidak dapat menampilkan video.
  • Jika ingin menampilkan slide show berupa video pada dual display maka tidak dapat menampilkan gambar.  Pilih salah satu sesuai kebutuhan.
  • Pilih gambar untuk menampilkan slide show berupa gambar pada dual display.
  •  Masukkan gambar pada box yang disediakan.
  • Aktifkan tombol dual display.
  • Klik tombol simpan untuk menyimpan data dual display

  • Pilih Video untuk menampilkan slide show berupa video pada dual display.
  • Masukkan video pada box yang disediakan.
  • Aktifkan tombol dual display.
  • Klik tombol simpan untuk menyimpan data dual display

Download Dual Display.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Dengan mendaftarkan item ke menu favorit mempermudah Anda dalam mencari item yang sering di pesan.

Berikut langkah - langkahnya:

  • Setelah login akan masuk ke tampilan penjualan menampilkan produk item penjualan berdasarkan menu terpilih
  • Klik icon (+) , akan tampil semua item dan kategori yang dapat ditampilkan pada halaman produk item penjualan
  • Pilih pada salah satu kategori atau item yang akan di tampilkan
  • Anda bisa gunakan kolom pencarian data untuk mencari kategori atau item yang akan di pilih
  •  Kemudian data kategori yang dipilih akan tampil pada halaman penjualan di menu favorite.
  • Untuk menambahkan kategori dan item lain, lakukan seperti langkah - langkah yang telah dijelaskan di atas.
  • Untuk menghilangkan atau menghapus kategori yang telah ditampilkan pada halaman, tekan dan tahan icon kategori atau menu yang akan dihapus hingga tampil informasi membuat tampilan
  • Tekan icon (X) untuk menghapus kategori atau item
  •  Klik tombol simpan pada kanan halaman untuk menyimpan perubahan data
  • Untuk menambahkan kategori menu pada menu 2, menu 3, menu 4 dan menu selanjutnya lakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.
  • Posisi pada menu favorite dapat dipindah sesuai dengan kebutuhan dengan Tekan dan tahan icon kategori/item yang di pilih geser ke posisi box yang di inginkan.
Apakah artikel ini membantu ?

Pada aplikasi dRetail pemesanan dapat dilakukan dengan cara Dine in, Take Away, atau Reservation. Untuk melakukan proses pemesanan secara Dine in lakukan langkah-langkah berikut ini. 

  • Terdapat fitur pilih meja yang dapat digunakan untuk pemesanan dine in
  • Pilih Meja yang akan di tempati
  • Setelah pemilihan meja berhasil, lakukan proses pemesanan item atau menu.
  • Klik tombol Dine In , kemudian akan tampil pilihan Dine in, Take Away & Reservastion.
  • Pilih Dine In
Apakah artikel ini membantu ?

Pada Aplikasi dRetail untuk tipe Ritel dengan versi 3.1.0 atau yang paling terbaru, kini telah dapat melakukan scan barcode.

 

Langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut :

  • Login pada Aplikasi dRetail. Pilih tombol untuk menampilkan semua item menu.

  • Pilih tombol scan barcode

  • Akan tampil halaman scan barcode
  • Scan barcode dari item, selanjutnya rincian item pesanan akan tampil disebelah kanan halaman.

  • Klik tombol total pemesanan untuk melanjutkan proses pembayaran.

  • Jika data tidak tampil saat item dilakukan scan barcode, lakukan tambah data terlebih dahulu melalui menu Item → Detail Item pada website back office. 

  • Kemudian daftarkan detail item pada cabang yang diinginkan melalui menu Company Setup → Branch → Pilih Branch → klik Item Branch → Add Item pada website back office.

  • Setelah itu refresh menu pada Aplikasi dRetail. 
  •  Kemudian lakukan scan barcode pada item.
Download Guidebook Scan Barcode ( Khusus Ritel ).pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Jika pada versi sebelumnya untuk melakukan pembatalan atau hapus item harus masuk terlebih dahulu pada rincian order, maka pada versi terbaru kini telah tersedia tombol khusus untuk membatalkan item pesanan. Langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut. 

 

  • Pilih meja pesanan.

  • Tarik halaman ke bawah kemudian klik tombol batalkan item.

  • Akan tampil halaman pembatalan transaksi.

  • Pilih item, isi jumlah pembatalan item, dan isi catatan void sesuai kebutuhan. Kemudian klik tombol void untuk melakukan pembatalan item.

  • Konfirmasi pembatalan item, pembatalan item berhasil.

  • Untuk melihat data pesanan sekarang, klik tombol rincian order.

  • Akan tampil halaman rincian order, pembatalan item berhasil. Item yang dibatalkan tidak akan tampil pada rincian order.

 

 

Download Cara Hapus item pada Meja Dine In.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Untuk meningkatkan volume penjualan, pemasar perlu menanamkan kesan bahwa strategi ini untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar dari uang yang dibayarkan konsumen ketika membeli produknya. Sehingga konsumen akan membeli produk lebih banyak dari biasanya sehingga volume penjualan akan meningkat.Caranya :

  • Klik Company Setup > Group of Discount
  • Berisi list daftar diskon yang dimiliki oleh company, Data ini nantinya akan tampil pada aplikasi dRetail di Tab, Di bagian promosi atau Group of Discount.
  • Tambah Group of Discount, Klik icon tambah (+) Isi Form lalu Simpan data
  • Saat menambah data kita dapat memilih branch dan aktifkan status pada data diskon.
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini receipt dapat dirikim melalui SMS & WA. Pada halaman pembayaran akan tampil seperti berikut ini.

  • Isi nama pelanggan, emai, nomor telepon untuk sms, nomor telepon untuk whatsapp dan aktifkan tombol sesuai kebutuhan.

  • Namun jika sebelumnya telah dimasukkan data anggota/member maka datanya akan otomatis ditmpilkan pada halaman

  • Tombol bayar, untuk melanjutkan proses pembayaran.

 

  • Akan dilanjutkan pada halaman Whatsapp dengan format pengiriman receipt yang sudah disediakan dan dengan nomor tujuan Whatsapp dari pelanggan. Klik tombol kirim untuk mengirim receipt.

  • Kemudian receipt melalui SMS, akan otomatis terkirim pula pada nomor pelanggan. klik link yang tersedia untuk menampilkan detail receipt.

  • Detail receipt akan tampil

  • Receipt juga akan otomatis dirikim melalui email pelanggan sesuai dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya.

 

 

Download Pengiriman Receipt SMS WA.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Setelah login berhasil maka akan langsung diarahkan pada menu kelola pada Dashboard.Caranya :

  • Fitur Summary berisikan grafik dan diagram penjualan yang terjadi di tempat usaha Anda.
  • Grafik Pendapatan (Berfungsi untuk melihat grafik pendapatan dalam skala Jumlah dan nominal transaksi)
  • Jumlah Transaksi (Berfungsi untuk melihat total nota yang tercatat pada tab)
  • Total Transaksi (Berfungsi untuk melihat total transaksi yang di lakukan oleh kasir pada Tab)
  • Rata-rata Transaksi per Hari (Pada saat memilih periode 1 minggu atau 1 bulan maka otomatis akan muncul rata-rata transaksi per hari
  • Produk Terbaik (Sesuai penjualan yang dilakukan di tab, maka akan mudah melihat produk terbaik sesuai dengan barang yang sering terjual
  • Penjualan Berdasarkan Kategori (Berfungsi untuk melihat grafik sesuai kategori yang sering terjual di aplikasi)
  • Jumlah Penjualan Tertinggi (Jumlahnya di ambil dari Kategori yang sering terjual).
Apakah artikel ini membantu ?

Langkah-langkah nya :

  • Lakukan log in pada backoffice dRetail
  • Klik Menu Settings lalu klik Setup, 
  • Klik Yes pada Timer Table, untuk menampilkan timer table pada Aplikasi dRetail POS
  • Klik tombol save untuk menyimpan perubahan data

  • Buka dan login aplikasi dRetail
  • Pilih Meja untuk memesan pesanan

  • Masukkan dan simpan pesanan pada meja.

  • Untuk dapat mengatur timer table pada maja yang telah memiliki data pesanan, klik meja tersebut.

  • Tarik halaman kebawah, kemudian pilih atur waktu meja. Fitur ini hanya akan tampil ketika memilih Yes pada saat mengatur timer table pada website back office dRetail

  • Kemudian atur waktu sesuai kebutuhan, klik tombol tambah waktu untuk menyimpan data

  • Selanjutnya waktu akan berjalan

  • Waktu akan berhenti dan berwarna merah ketika sudah habis.
Download Guidebook Timer Table.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi 3.3.0 kini data transaksi setelah dilakukan settlement dapat ditampilkan pada halaman Riwayat > transaksi. Dengan syarat tidak melakukan clear data dan data settlement belum lewat dari 1 minggu.

 

  • Masuk pada halaman Riwayat > Transaksi pada aplikasi dRetail.

  • Masukkan tanggal dari data yang ingin ditampilkan. 

  • Kemudian data transaksi yang telah dilakukan settlement akan tampil pada halaman. Untuk melihat detail transaksi klik Reff number pada data.

  • Detail transaksi akan tampil.

 

Download History Transaksi setelah settlement.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru user interface telah diperbaharui 

  • Pada halaman menu favorite,  jika nama item terlalu panjang dan tidak dapat ditampilkan pada menu favorit maka akan tampil titik-titik ( … ) dibelakang nama item seperti berikut ini.

  • Untuk menampilkan keseluruhan nama dari item tersebut, tekan dan tahan sedikit kotak hitam pada item. Kemudian nama dari item tersebut akan ditampilkan.

  • Untuk menambahkan Anggota, klik tombol anggota untuk memasukkan data member jika dibutuhkan

  • Setelah memilh data member, maka nama anggota akan tampil pada kolom yang tersedia maka akan tampil halaman berikut  

  • Kolom nama, dapat diisi manual sesuai kebutuhan.

  • Tombol Riwayat, terletak di sebelah kotak kolom. Klik tombol untuk melihat halaman Riwayat.

  • Setelah menekan tombol Riwayat akan tampil halaman Riwayat yang berisikan data transaksi dan tertunda seperti berikut ini.

  • Meja, klik tombol meja untuk memilih meja pada proses pemesanan Dine in.
  • Kemudian akan tampil halaman seperti berikut, pilih sesuai kebutuhan

  • Jumlah pelanggan, klik tombol untuk menampilkan form jumlah pelanggan. 

  • Akan tampil halaman berikut, isi sesuai kebutuhan.

  • Cart, merupakan tombol yang akan tampil tanda merah ketika terdapat data Dine in, Take away, Reservation, Grab connect, dan Dip connect yang masuk. Setelah menekan tombol cart maka akan tampil halaman berikut

 

 

 

 

 

Download Tampilan UI Menu Favorite.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada menu Upload File ini memudahkan Anda dalam memasukan semua daftar menu. Dalam satu kali upload Anda bisa memasukan menu tanpa batas dan Anda tidak perlu menginput satu persatu. Satu file excel dalam bentuk format yang sudah disediakan Anda dapat mengunggah seluruh menu yang ada.Caranya :

  • Klik "Menu" pada halaman Web Admin
  • Klik sub-menu "Upload File"
  • Klik "Sample Format Item" untuk menunduh file format excel untuk mengunggah menu
  • File yang di unduh akan tersimpan otomatis pada device Anda
  • Buka file excel yang sudah anda unduh dengan nama file (sample2)
  • Edit file excel seusai contoh yang ada seperti
  • SKU - Isi No.SKU untuk memberi kode barang yang akan di upload. Contoh, (SKU-001)
  • Category - Isi kategori menu yang akan ada unggah. Contoh, (makanan)
  • Sub-Category - Isi sub dari kategori makanan pada menu. Contoh, (Ayam)
  • Barcode - Isi nomor barcode untuk barang atau menu yang memiliki no barcode. Jika tidak anda bisa kosongkan tabel ini
  • Item Name - Isi nama menu yang sesuai dengan category dan sub-category. Contoh, (Ayam Geprek)
  • Initial - Isi inisial dari menu makanan tersebut kode makanan hanya terdiri dari 3huruf. Contoh, (AG)
  • Actual Price - Isi harga HPP untuk menu tersebut. Contoh, (10000)
  • Selling Price - Isi harga jual untuk menu tersebut. Contoh, (15000)
  • Decription - Isi dekripsi dari menu tersebut sebagai keterangan lengkap menu. Contoh, (ayam geprek sambal pedas merah)
  • Setelah selesai mengisi semua menu pada tabel excel jangan lupa untuk menyimpan file yang sudah Anda edit dan siap untuk di unggah
  • Langkah berikutnya adalah kembali halaman "Upload File"
  • Klik "Choose File" pilih file excel yang sudah Anda edit dan simpan di device Anda
  • Setelah file terpilih Anda tinggal melakukan langkah terakhir yaitu klik "Upload to All" untuk memasukan semua menu yang nanti akan otomatis masuk ke Tablet dRetail untuk semua cabang yang sudah terdaftar
  • Tetapi jika Anda klik "Upload" menu tersebut hanya akan masuk ke dalam "Detail Item"
Apakah artikel ini membantu ?

Terdapat 2 jenis fitur promo yang disediakan yaitu Promo Khusus dan Promo Otomatis. 

Langkah-langkah membuat Promo Khusus :

  • Login pada Website Backoffice dRetail
  • Masuk pada halaman Promo → Promo Khusus, dan klik tombol Setting 
  • Akan tampil halaman berisi data promo khusus yang sebelumnya telah ditambahkan. 
  • Untuk menambahkan data Promo Khusus, klik tombol tambah (+) yang tersedia. Kemudian akan tampil halaman form tambah data promo.
  • Kemudian isi nama promo, tanggal mulai, dan berakhirnya promo tersebut, isi deskripsi sesuai kebutuhan
  • Terdapat 2 jenis value, yaitu persentase dan rupiah. Pilih sesuai kebutuhan kemudian isi value
  • Kemudian pilih branch, untuk mengaktifkan promo pada semua branch yang ada, klik tombol yang disediakan.
  • Jika ingin memilih branch tertentu, klik tombol select branch dan beri centang pada branch yang dipilih kemudian klik tombol save. 
  • Jika semua data promo sudah selesai diisi, klik tombol save untuk menyimpan data promo.
  • Data promo khusus berhasil disimpan, data ini akan berstatus aktif dan dapat digunakan pada tablet kasir dengan branch yang telah dipilih

Langkah-langkah membuat Promo Otomatis :

  • Masuk pada halaman Promo → Promo Otomatis, dan klik tombol Setting
  • Akan tampil halaman berisi data promo otomatis yang sebelumnya telah ditambahkan.
  • Untuk menambah data Promo Otomatis, Klik tombol tambah yang tersedia. Kemudian akan tampil halaman form tambah data promo. Terdapat 2 jenis Promo Otomatis yaitu, Diskon produk dengan jumlah minimal N dan Diskon dengan minimal transaksi N.
  • Diskon produk dengan jumlah minimal N, diskon ini akan tampil dan dapat digunakan ketika minimal Qty suatu item pembelian tercapai. Klik untuk menampilkan form tambah data. 
  • Akan tampil form ketentuan promo, isi nama promo, minimal transaksi
  • Selanjutnya pilih jenis diskon, terdapat 2 jenis yaitu persentase dan rupiah. Lalu masukan jumlah diskon yang diberikan
  • Isi form Waktu Promo, isi tanggal awal dan berakhir dari data promo
  • Pilih hari dimana promo akan diberikan, lalu isi tanggal awal dan berakhirnya promo tersebut diberikan. 
  • Kemudian isi form Lokasi Promo, pilih branch sesuai kebutuhan.
  • Setelah semua form terisi lengkap, klik tombol save untuk menyimpan data Promo.
Download Guidebook Mengatur Fitur Promo pada Backoffice.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru kini telah ditambahkan tombol hak akses untuk mengubah aktif dan tidak aktifnya fitur void bill dan void item pada website backoffice halaman setting > setup. 

  • Login pada website backoffice dRetail
  • Masuk pada halaman setting > setup.  

  • Pada bagian authorization features by supervisor terdapat tombol void bill dan void item.

  • Aktifkan tombol sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol simpan untuk menyimpan perubahan data. Selanjutnya refresh menu pada tablet.

 

Download Otorisasi void Item Bill.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Di dalam menu Sales by Item di Dashboard back office, terdapat display yang berisikan data diagram dan tabel mengenai laporan item-item terjual dari branch yang dimiliki oleh tempat usaha Anda. Berikut caranya :Caranya :

  • Login terlebih dulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin/
  • Setelah itu, klik menu Dashboard, dan pilih sub-menu Sales by Item. Anda akan diperlihatkan sebuah diagram dan tabel yang berisikan data rata-rata item yang terjual. Data-data ini juga bisa Anda sortir berdasarkan waktu dan tanggal, staf yang bertugas, dan cabang yang melakukan penjualan tersebut.
  • Klik rentang waktu berdasarkan tanggal yang diinginkan di kolom tanggal dan jam, lalu klik "Apply."Data pada diagram dan tabel dapat ditampilkan berdasarkan waktu atau jam. Pilih "All Day", jika ingin menampilkan data pada keseluruhan jam, kemudian klik tombol "Apply". Pilih "Custom", jika ingin menampilkan data dengan custom waktu.
  • Data pada diagram dan tabel dapat ditampilkan berdasarkan semua staf yang mengoperasikan Aplikasi pada tablet atau hanya ingin menampilkan data dari staff-staff tertentu yang mengoperasikan Aplikasi pada Tablet. Klik "All Staff" untuk menampilkan list staff, lalu beri tanda centang (✓) pada nama staf yang datanya akan ditampilkan pada diagram dan tabel.
  • Data pada diagram dan tabel dapat ditampilkan berdasarkan semua branch yang dimiliki oleh company atau dapat pula menampilkan branch-branch tertentu yang ingin ditampilkan. Klik "All Branch" untuk menampilkan list branch, beri tanda centang (✓) pada nama branch yang datanya akan ditampilkan pada diagram dan tabel.
  • Data yang sudah diformat sesuai dengan yang diinginkan akan langsung muncul di kolom bawah dan diagram batang.
  • Data yang muncul merupakan tabel yang berisikan mengenai "Item Name", "Item Sold", "Gross Sales", "Item Void", "Void Amount", "Discount", "Net Sales", "Service", "Tax".
  • Untuk memilih data apa saja yang ingin ditampilkan, klik tombol (+) yang tersedia pada kanan atas dari tabel, beri tanda centang (✓) untuk menampilkan data pada tabel.
  • Data pada tabel dapat diexport dalam bentuk excel, dengan cara menekan tombol klik pada tombol "Export Excel" yang berada dibawah tabel data. Tunggu hingga proses export selesai.
  • Data yang sudah diunduh akan berbentuk Excel dengan data yang sudah disajikan dengan lengkap.
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur Retur yang dapat digunakan untuk proses pengembalian suatu item yang telah dilakukan settlement.

 

Cara Penggunaanya :

  • Login pada Aplikasi dRetail
  • Lakukan transaksi pembelian item hingga proses pembayaran selesai
  • Kemudian riwayat transaksi pembelian ini akan tampil pada halaman riwayat  Transaksi.
  • Selanjutnya lakukan settlement data. Masuk pada halaman Aktifitas, klik  Settlement  dan masukkan username dan password Supervisor kemudian klik tombol OK. 
  • Setelah itu masukkan username dan password dari user kasir, kemudian klik tombol settlement.
  • Lakukan settlement data
  • Data setelah settlement akan ditampilkan pada halaman riwayat Retur. Untuk melakukan proses pengembalian item, klik reff number dari data yang akan diretur
  • Akan tampil detail transaksi dari data yang telah dilakukan settlement tersebut. Klik tombol retur yang tersedia
  • Lalu akan tampil produk yang telah ditransaksikan sebelumnya
  • Beri tanda centang, masukkan jumlah pengembalian, dan masukkan catatan pengembalian item pada kolom yang telah disediakan
  • Konfirmasi pengembalian
  • Pengembalian berhasil
  • Jika ditampilkan kembali data detail dari retur yang telah dilakukan settlement pada halaman retur, maka jumlah produk dan total nominal pembayarannya akan berkurang karena telah berhasil dilakukan pengembalian.
  • Data dari transaksi retur yang telah berhasil akan ditampilkan pada halaman riwayat → Transaksi, dengan status RETUR. Klik Reff Number dari data untuk menampilkan detail transaksi.
Download Guidebook Fitur Retur.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Merupakan data promo yang dapat digunakan secara otomatis pada Aplikasi dRetail ketika telah mencapai ketentuan yang dibuat dan diatur sebelumnya pada website back office.

Langkah-langkahnya mengaktifkan Fitur Promo pada backoffice sebagai berikut :

  • Setelah melakukan login pada backoffice dRetail, klik menu Promo
  • Lalu klik setting pada Fitur Promo Otomatis di paling bawah
  • Akan tampil halaman berisi data promo otomatis yang sebelumnya telah ditambahkan.
  • Untuk menambahkan Promo klik ikon tambah (+) di kanan bawah. Lalu akan diarahkan ke tab Promo “Beli A Gratis B”, diskon ini akan tampil dan dapat digunakan ketika ketentuan dari suatu item pembelian telah tercapai. Klik untuk menampilkan form tambah data
  • Akan tampil form ketentuan promo. pilih Beli A gratis B, isi nama promo, kemudian masukkan dan pilih nama produk. Isi pula jumlah banyaknya produk
  • Jika ingin mencari produk berdasarkan kategori, aktifkan terlebih dahulu tombol kategori yang tersedia. Selanjutnya isi nama kategori dan jumlah dari kategori tersebut
  • Setelah nama promo, produk, dan jumlah produk telah diisi selanjutnya klik tombol + yang tersedia.
  • Jika ingin menambahkan produk kedua dan seterusnya Ketika telah terdapat data yang telah ditambahkan, maka akan tampil daftar metode. Terdapat 2 jenis metode yaitu “dan” dan “atau”
  • Jika ingin membatalkan produk atau kategori yang telah ditambahkan, klik tombol – yang terdapat pada setiap produk atau kategori
  • Kemudian isi produk gratis yang didapatkan Ketika syarat pembelian produk telah terpenuhi.
  • Setelah menambahkan gratis produk, jumlah produk, dan jenis metode klik tombol (+) yang tersedia. Jika ingin membatalkan gratis produk yang telah ditambahkan, klik tombol – yang terdapat pada setiap produk atau kategori.
  • Selanjutnya isi periode berlangsungnya  promo pada bagian form Waktu Promo.
  • Pilih Lokasi Promo jika promo hanya akan ditampilkan di beberapa cabang
  • Klik Save untuk menyimpan data. 

 

Langkah-langkah Mengaktifkan Fitur Promo Otomatis pada Aplikasi dRetail

  • Login pada aplikasi dRetail
  • Pilih metode pemesanan dan masukkan item pesanan. Sebagai contoh akan diberikan promo gratis 1 air mineral jika melakukan pembelian 3 Bakmi Jowo Suroto dan 3 air mineral.

  • Jika pembelian tidak mencapai ketentuan yang ditentukan maka promo tidak dapat digunakan.
  • Ketika pembelian telah mencapai ketentuan yang telah ditetapkan maka promo akan otomatis terpasang dan dapat digunakan. Kemudian lanjutkan proses pembayaran hingga selesai.
Download Guidebook ( Promo Otomatis ) beli A Gratis B.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada website backoffice terbaru terdapat kolom untuk menambahkan harga Grab dan Gojek kemudian pada aplikasi dRetail Versi 3.0.4 atau yg paling terbaru dapat digunakan transaksi dengan tipe Multi Price Grab dan Gojek.

 

 Cara Mengatur Harga Grab Food dan Go Food pada Company Setup→ Branch :

  • Login pada Website backoffice dRetail
  • Untuk menambahkan harga pada Grab dan Gojek pada halaman branch, Masuk pada halaman Company Setup, pilih Branch, lalu Item Branch yang dipilih

  • Akan tampil daftar menu dari suatu branch. Terdapat kolom harga Grab dan Gojek di setiap data item, ubah sesuai kebutuhan.

  • Klik tombol update untuk menyimpan perubahan data.

 Cara Mengatur Harga Grab Food dan Go Food pada Menu→ Modifier

  • Klik Menu → Modifier. Masuk pada halaman Modifier Manage Level

  • Pilih Optional Item dari suatu data

  • Akan tampil daftar optional dari item. Terdapat kolom harga Grab dan Gojek di setiap data item, ubah sesuai kebutuhan.

  • Klik tombol Apply untuk menyimpan perubahan data

Cara Penggunaan Fitur Multi Price Grab dan Gojek pada Aplikasi dRetail :

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih tipe pemesanan

  • Pilih Multi Price

  • Pilih Grab atau Gojek

  • Pilih item pesanan, harga item yang digunakan menyesuaikan dengan data harga yang telah diatur melalui website back office pada kolom grab price.

  • Kemudian lanjutkan proses pembayaran dengan cara menekan klik total pembayaran yang tersedia
  • Selanjutnya riwayat transaksi akan ditampilkan pada halaman riwayat Transaksi, dengan tipe GrabFood

 

 

Download Multi Price GrabFood GoFood ( Back Office Aplikasi ).pdf
Apakah artikel ini membantu ?
  • Method Of Payment dapat ditampilkan pada tablet kasir sesuai dengan kebutuhan dengan cara sebagai berikut.
  • Masuk pada website backoffice 
  • Masuk pada halaman Settings > Setup. 
  • Akan tampil semua Method Of Payment yang disediakan.
  • Aktifkan tombol sesuai kebutuhan.
  • Klik tombol save untuk menyimpan perubahan data.

  • Kemudian masuk pada tablet kasir, segarkan menu. 
  • Lakukan transaksi pemesanan item hingga proses pembayaran. 
  • Pilih lainnya. 
  • Semua methode of payment yang telah dipilih melalui website backoffice akan ditampilkan pada halaman ini.
  • Pilih sesuai kebutuhan, kemudian lakukan transaksi pembayaran hingga selesai.

Download Show Hide Method Of Payment.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada halaman aktifitas terdapat 3 fitur menu yaitu Data Sinkronisasi, Manajemen Uang Tunai dan Settlement. Merupakan fitur menu untuk mengelola data kas masuk dan kas keluar.

Langkah-Langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Login pada Aplikasi dRetail.
  • Pilih Aktifitas.

  • Pilih Manajemen Uang Tunai. Terdapat 2 jenis halaman yaitu untuk memasukkan data kas masuk dan kas keluar.

  • Masukkan jumlah nominal dan deskripsi dari kas masuk atau kas keluar kemudian klik tombol simpan untuk menyimpan data.

  • Konfirmasi simpan data kas masuk atau kas keluar

  • Data berhasil tersimpan

  • History dari data Manajemen Uang Tunai yang telah ditambahkan dapat ditampilkan pada halaman dengan cara menekan tombol history yang terdapat pada halaman

  • Selanjutkan akan tampil halaman history manajemen uang tunai seperti gambar berikut. Datanya dilengkapi dengan deskripsi, jumlah nominal, status sinskronisasi, dan juga kategori masuk atau keluarnya uang tunai tersebut.

  • Jumlah data yang belum tersinkronisasi akan ditampilkan pada kolom. Kemudian datanya akan berstatus x

  • Jika data telah dilakukan sinkronisasi maka jumlah data blum disinkronisasi akan berjumlah 0 dan status dari data akan berubah menjadi ✓.

  • Terdapat kolom pencarian yang dapat digunakan untuk mempermudah pencarian data. 
Download Guidebook Cash Activity.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi 3.3.0 kini terdapat fitur multi price shopee. Langkah-langkah untuk menggunakan fiturnya akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Shopee Price pada Detail Item (back office)

Pada halaman detail item terdapat kolom Shopee price yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan

  • Masuk pada halaman Menu > Detail Item > pilih dan klik shopee price dari detail item yang ingin diubah

  • Kemudian akan tampil halaman berikut

  • Ubah sesuai kebutuhan kemudian klik tombol apply

  • Shopee price berhasil diubah
  • Jika data detail item disimpan dengan menekan tombol Apply to All, maka shopee price pada item branchnya akan sama dengan detail item.

2. Shopee Price untuk Paket Item

  • Masuk pada halaman Menu >Paket Item > pilih dan klik shopee price dari paket item yang ingin diubah

  • Kemudian akan tampil halaman berikut.

  • Ubah sesuai kebutuhan kemudian klik tombol apply

  • Shopee price berhasil diubah.

3. Shopee Price pada Item Branch

  • Masuk pada halaman Branch → pilih branch dan tekan tombol Item branch.

  • Kemudian akan tampil halaman berikut, pada setiap itemnya terdapat kolom shopee price. Ubah sesuai kebutuhan kemudian klik tombol Update untuk menyimpan data.

*Klik disini untuk melihat cara kerja Fitur Multi Price Shopee pada tablet

* Klik disini untuk melihat cara upload file data Shopee melalui website backoffice

 

Download Multi Price Shopee.pdf
Apakah artikel ini membantu ?

Pada fitur Scan QR digital menu pada versi terbaru kini seorang customer atau pelanggan tidak hanya dapat melakukan view menu saja. Customer juga dapat melihat list menu, melakukan order item dan lain sebagainya langsung melalui QR menu yang telah dilakukan scan ini.

- Untuk dapat melakukan transaksi pemesanan menggunakan QR menu ini terlebih dahulu lakukan setting digital menu pada website backoffice.

- Kemudian lakukan setting device, satu cabang hanya bisa menggunakan satu device untuk QR menu ini.

- Menu yang dipesan melalui QR menu dari setiap customer akan masuk dan ditampilkan pada satu device yang telah dipilih. 

Cara Penggunaan :

A. Setting device

Setelah menambah data digital menu lakukan setting device, masuk pada halaman digital menu > pilih data digital menu > Setting > pilih device branch

Pilih device master sesuai kebutuhan.

Terdapat 2 jenis generate QR Code yaitu

B. QR Code Static 

Jika dipilih setting generate QR Code Static maka akan tersedia QR code untuk setiap meja yang dimiliki oleh company pada suatu cabang. QR ini dapat diunduh dan dicetak kemudian diletakkan pada setiap meja untuk nantinya dilakukan scan QR oleh customer agar customer dapat melakukan self order dari meja pesanannya.

C. Scan QR Code Static oleh customer

Setiap customer dapat melakulkan self order dari meja pesanan.

Customer Scan QR yang tersedia. 

Pemesanan Item

  • Kemudian akan tampil halaman menu pesanan dengan nama meja pesanan customer sekarang ini. Untuk menampilkan item pesanan yang telah di pesan klik data meja. Untuk menambahkan pesanan klik tombol + pada item.

  • Kemudian akan tampil halaman berikut, untuk menambah dan mengurangi jumlah item klik tombol – dan + yang tersedia. kemudian dapat pula menambahkan notes jika dibutuhkan. Total dari pembayaran item akan tampil pada tombol Add Cart, klik tombol Add Cart untuk melanjutkan proses pemesanan.

  • Kemudian akan tampil halaman berikut, untuk menambahkan item pesanan lainnya, lakukan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. klik tombol item untuk melanjutkan proses pemesanan.

  • Jika ingin melakukan edit item pesanan klik tombol edit yang tersedia.
  • Halaman edit item pesanan akan tampil, ubah sesuai kebutuhan kemudian klik tombol Add Cart untuk menyimpan perubahan data dan melanjutkan proses pemesanan.

  • Kemudian akan tampil Kembali pada halaman berikut, Place order untuk memesan item pesanan.

  • Kemudian tunggu hingga pesanan diterima oleh kasir.
  • Selanjutnya data pesanan ini akan masuk dan ditampilkan pada tablet kasir yang telah dilakukan setting sebagai device master pada backoffice sebelumya. Akan tampil notifikasi data pesanan baru yang masuk.

  • Klik tombol lonceng untuk masuk pada halaman notifikasi. Kemudian klik data pesanan dine in yang masuk.

  • Kemudian akan tampil daftar pesanan, terdapat 2 tombol pada halaman yaitu tolak dan mencetak. Jika menekan tombol tolak maka pesanan dari customer ini akan dibatalkan dan akan dihilangkan dari halaman notifikasi.

  • Setelah penolakan order berhasil dilakukan oleh kasir, maka menu pesanan yan telah dipesan sebelumnya memalu handphone customer akan kosong.

  •  Jika menekan tombol Mencetak maka pesanan ini akan diterima dan akan dilakukan cetak menu pesanan kitchen. 

  • Kemudian data ini akan ditampilkan pada meja pesanan seperti pesanan dine in yang sebelumnya sering digunakan.

  • Kemudian akan tampil halaman berikut pada handphonse customer. Customer dapat melakukan void item, split bill, dan move table dengan cara menekan tombol yang tersedia pada halaman.

  • Kemudian pilih sesuai kebutuhan.
  • Jika dipilih void item, selanjutnya akan tampil halaman berikut. Pilih, beri centang, dan masukkan jumlah item yang ingin dibatalkan, isi pula notes void kemudian klik tombol void pada halaman.
  • Konfirmasi void item.
  • Data akan dikirim pada tablet kasir, tunggu hingga kasir menyetujui void data item
  • Selanjutnya notifikasi void item akan tampil pada halaman tablet kasir, klik tombol lonceng untuk menampilkan data.
  • Klik data void
  • Akan tampil halaman void item, jika ingin melakukan penolakan void item klik tombol tolak yang tersedia
  • Maka akan tampil notifikai pembatalan void dari kasir, data item berjumlah tetap dan tidak berkurang.
  • Namun jika ingin menyetujui void item klik tombol void yang tersedia.
  • Konfirmasi void data.
  • Setelah data berhasil void oleh kasir maka akan tampil notifikai void item dari kasir dan data jumlah item yang dilakukan void akan berkurang.

Selengkapnya, Anda dapat mengunduh file guidebook di bawah.

Download Guidebook QR Menu.pdf
Apakah artikel ini membantu ?