Setelah melakukan pembayaran invoice, Anda bisa menetapkan lisensi pada cabang yang telah terpilih. Sebelum melanjutkan Anda harus mempunyai setidaknya 1 cabang, langkah menetapkan lisensi pada cabang dimulai dari poin 6Caranya :
Masa awal trial dari self registration adalah 14 hari
Fitur dRetail kini makin lengkap dengan adanya fitur Sales by Summary dan Sales by Item. Untuk melihat kegunaannya, login terlebih dahulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/admin, dan pilih menu "Dashboard"Caranya :
Login ke Backoffice dRetail, Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu Klik login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Jika Anda mempunyai beberapa cabang, Anda bisa mengatur Item per Branch. Anda juga dapat menambahkan discount item yang sedang dijalankan dalam Branch.Caranya :
Detail item digunakan untuk mendaftarkan menu ke dalam list menu. Anda bisa memulainya dengan membuka situs http://dretail.id lalu klik Login atau bisa langsung mengakses di https://dretail.id/loginCaranya :
Selain fitur Dashboard yang berfungsi untuk memantau grafik perkembangan penjualan barang Anda, fitur Company Setup pun berfungsi untuk mengetahui identitas perusahaan Anda. Fitur Company Setup terdiri dari "Company Profile", "Promo Display", "Brand", "Region", "Branch", "Staff", "Group of Discount", "Warehouse", dan "Vehicle"Caranya :
Fitur ini berfungsi untuk mencatat nota atau faktur yang terjadi selama penjualan di cabang yang beroperasi. Datanya disajikan dalam tabel. Untuk melihat tampilannya, login terlebih dulu ke backoffice dRetail di https://backoffice.dretail.id/adminCaranya :
Fitur Inventory ini berfungsi untuk mendata seluruh pencatatan bahan baku dan item lainnya yang ada di gudang Anda. Berikut fitur-fiturnya:Caranya :
Simak bagaimana caranya, berikut ini:
Cara Penggunaan :
Note :
Untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, lakukan Langkah berikut:
Kemudian tunggu hingga QR Code tampil pada halaman. Selanjutnya scan barcode menggunakan Handphone customer. QR code dapat dicetak dengan cara menekan tombol QR Print. Bila transaksi telah sukses dan ingin menampilkan QR Code klik Tombol cek pembayaran yang tersedia.
Setelah scan barcode maka akan tampil rincian pembayaran pada handphone, klik tombol Lanjutkan untuk menyelesaikan proses pembayaran.
Jika proses pembayaran pada aplikasi Shopee Pay telah selesai, laman QR Code akan tertutup, dan akan tampil pop up Pembayaran Berhasil. Tekan tombol OK untuk kembali ke halaman penjualan.
Jika user belum melunasi transaksi QRIS, pop up QRIS bisa ditutup terlebih dahulu dengan menekan tombol X di pojok kanan atas.
Maka akan tampil pop up Konfirmasi Tutup Dialog QRIS. Tekan tombol OK untuk menutup pop up, maka pembayaran akan masuk ke menu Riwayat untuk melakukan pembayaran.
Masuk pada halaman Riwayat.
Kemudian pilih menu QRIS, lalu pilih Reff Number pelanggan tersebut.
Maka akan tampil halaman Transaksi. Klik tombol CEK PEMBAYARAN untuk menampilkan kembali barcode pembayaran.
Akan tampil pop up barcode QRIS, scan barcode tersebut menggunakan handphone untuk menyelesaikan pembayaran.
Setelah berhasil melakukan pembayaran maka akan tampil pop up Pembayaran Berhasil.
Jika bill QRIS sudah lunas, maka akan hilang dari riwayat QRIS dan akan berpindah ke Transaksi dengan status Lunas.
Jika bill QRIS belum lunas, pada status akan tampil keterangan Belum Lunas.
Digunakan untuk mengatur printer CO, langkahnya sebagai berikut:
Pada aplikasi MPOS, ke halaman Pengaturan → Printer. Lalu klik Pilih Printer pada CO Printer.
Pilih Printer untuk dihubungkan.
Kemudian pilih Kertas.
Download Update version 3_6_0 - Additional Print CO Settings (1).pdf
Voucher adalah salah satu alat pembayaran yang dapat ditukarkan dan memiliki nilai tertentu. Biasanya nilai voucher berupa promo atau diskon yang dapat ditukarkan ketika melakukan transaksi.
Beberapa aturan penggunaan voucher di aplikasi dRetail:
1. Promo yang bisa digunakan sebagai Voucher adalah Promo Otomatis. Ketika ingin membuat Voucher, user harus membuat Promo Otomatis terlebih dahulu untuk kemudian di set di setting voucher.
2. Pada Promo Otomatis, hanya ada beberapa jenis Promo Otomatis yang bisa dibuat sebagai Voucher:
Pada promo otomatis ini, user dapat menggunakan promo item A diskon % atau nominal, tetapi user tidak bisa menggunakan toggle by Category untuk transaksi voucher.
Pada promo ini baik discount % maupun nominal dapat digunakan sebagai voucher.
Promo yang dapat digunakan adalah promo Beli A Gratis A, Beli A dan B Gratis C. Sedangkan untuk promo Beli A atau B Gratis A dan promo lain yang menggunakan type ATAU tidak bisa digunakan sebagai voucher.
Berikut langkah kerjanya :
Cara penggunaan pada Web Admin
Login pada web backoffice dan Klik menu Promo lalu setting Promo Otomatis, tampilan nya sebagai berikut :
Lalu klik tanda + untuk menambah data
Setting Voucher menjadi "ON"
Kemudian langkah berikut nya adalah untuk setting voucher di web admin, langkahnya sebagai berikut:
Klik Menu Promo -> Voucher Setting -> (Halaman Voucher)
Setelah klik setting maka akan muncul halaman Voucher seperti berikut :
Voucher
Di dalam add voucher terdapat 5 sub menu add, yaitu :
General Setting
Penjelasan bagian General Setting dapat dicek pada guidebook dibawah
Broadcast
Gunanya adalah untuk mengirimkan voucher di BLAST ke email / SMS yang ada di list MEMBER.
Time yaitu masa berlaku voucher saat dilakukan redeem.
Location yaitu list di branch mana saja berlaku voucher.
Design dapat dipilih sesuai keinginan. Terdapat 3 jenis template design yang tersedia : Classic, Modern, Full
Cara penggunaan Voucher pada Tablet MPOS
Membeli voucher dapat dilakukan ketika voucher yang ditambahkan di “Mark as Item on MPOS”
Maka langkah membeli voucher adalah sebagai berikut :
Buat voucher yang telah di mark as item on MPOS dan klik save
Login pada tablet dan Lalu Segarkan menu
Kemudian Masuk ke transaksi
Voucher telah masuk ke penjualan, dan bisa di jual lalu lakukan transaksi seperti biasa
Ketika voucher dijadikan item dan di lakukan transaksi maka sistem akan meminta email untuk di kirimkan voucher yang telah dibeli.
1. Pertama akan muncul alert untuk mengisi email
2. Isi email
3. Lalu voucher akan dikirimkan ke email, seperti berikut :
Redeem Voucher
Cara Redeem Voucher (disesuaikan dengan jenis promo otomatisnya) :
A. Jenis Promo Discount for Products with a minimum qty ‘N’
Langsung melakukan transaksi dengan voucher, dengan cara :
Jenis promo Beli A gratis B
User input Voucher dulu sebelum menambahkan item ke cart. Nantinya, product yang terdaftar di voucher akan ditambahkan otomatis beserta diskon yang tertera. Berikut langkah nya :
Atur voucher menggunakan promo Beli A gratis B
Lalu lakukan transaksi pada item yang dimasukan ke promo
Setelah itu masukan kode voucher, Lalu voucher ter-apply dan diskon produk akan dikenakan pada transaksi tersebut
Jenis promo pada Discount with minimum transaction "N", kasir dapat menginput dulu item ke Daftar Pesanan. Kemudian jika sudah memenuhi dan kasir input voucher, maka diskon akan dikenakan ke transaksi tersebut. Jika tidak sesuai syarat, maka nada warning voucher tidak dapat digunakan, Langkah nya sebagai berikut:
Lalu masukan promo ke dalam voucher
Kemudian segarkan menu, setelah itu terapkan voucher ke dalam transaksi
Gunakan voucher
dan jika jumlah transaksi memenuhi ketentuan, maka redeem berhasil
A. Setting Resi Kitchen
Fitur ini digunakan untuk melakukan pengaturan pada resi kitchen, di lakukan setting di back office sebagai berikut :
Berikut langkah-langkahnya :
Login – Settings – Receipt – Kitchen
1. Berikut Tampilan Add Layout
Resi Kitchen,
Penampakan UI resi kitchen yang akan di tambahkan
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan di tambahkan
Option,
Pilihan isi resi kitchen yang akan ditambahkan
Save,
Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :
2. Edit Layout
Resi Kitchen,
Penampakan UI resi kitchen yang akan diubah datanya
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan diubah
Option,
Pilihan isi resi kitchen yang akan diubah
Save,
Klik save untuk menyimpan data layout, Ketika data berhasil di simpan maka berikut tampilan nya :
3. Apply to Branch
Ketika layout di apply, akan muncul tampilan sebagai berikut :
1 Branch untuk 1 layout
1 Layout untuk banyak branch
1 branch hanya bisa menerapkan 1 layout resi, sedangkan 1 layout dapat diterapkan di beberapa branch
4. Delete Layout
Layout dapat dihapus dan ketika dihapus akan muncul pop-up konfirmasi sebagai berikut :
B. Checklist Order
Fitur ini digunakan untuk melakukan pengaturan pada Checklist Order, di lakukan setting di back office sebagai berikut :
Login – Settings – Receipt – Checklist Order
5. Add Layout
Resi Kitchen,
Penampakan UI Checklist Order yang akan di tambahkan
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan di tambahkan
Option,
Pilihan isi Checklist Order yang akan ditambahkan
Save,
- Klik save untuk menyimpan data layout
6. Edit Layout
Resi Kitchen,
Penampakan UI Checklist Order yang akan diubah datanya
Profile Name,
Kolom yang diisi dengan nama layout yang akan diubah
Option,
Pilihan isi Checklist Order yang akan diubah
- Save, Klik save untuk menyimpan data layout
Untuk langkah selengkapnya silahkan download guidebook berikut
Download Update version 3_7_0 - Setting Resi Kitchen Checklist Order (RESTO) (1).pdf