20-Nov-2020 10:59
Penulis : Detty Risetya Ulyana
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan

Kepuasan pelanggan dapat meningkatkan penjualan, tetapi strategi penjualan yang baik juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Cara terbaik untuk membuat pelanggan Anda senang, yaitu dengan menyediakan sesuatu yang berguna dan berharga bagi mereka. Untuk itu, ada 4 cara memanfaatkan data penjualan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda demi memajukan dan mengembangkan sayap bisnis anda ke level selanjutnya.

1.Program Membership

Melihat dari data penjualan yang rinci, anda bisa mengetahui seberapa sering seorang pelanggan melakukan transaksi untuk perusahaan anda. Dari situ, anda bisa gunakan untuk menawarkan program membership atau keanggotaan supaya menjaga stabilitas retensi pelanggan. 

Dengan banyaknya pelanggan yang bergabung dengan program keanggotaan maka juga bisa disebut sebagai indikator keberhasilan bisnis yang Anda kembangkan. Program membership juga dapat menambah kesan terhadap pelanggan karena mereka merasa lebih diperhatikan dibanding pelanggan biasa lainnya. Program membership ini juga mempermudah anda dalam melakukan survey pelanggan nantinya.

2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Saat ini, personalisasi dan penyesuaian adalah bagian besar dari pengalaman konsumen, dan data penjualan adalah yang utama faktor yang memungkinkan personalisasi itu. Alih-alih mendapatkan email umum dan berbagai iklan, data penjualan memungkinkan untuk mengirim email yang dipersonalisasi kepada pelanggan dengan iklan yang disesuaikan khusus untuk item yang diminati.

Mungkin sulit untuk memberikan pengalaman pribadi kepada setiap pelanggan tanpa bekerja sama bertatap muka, namun berkat data penjualan, ini lebih mudah dari sebelumnya dan membantu Anda membuat yang lebih bermakna hubungan dengan setiap pelanggan yang Anda miliki.

3. Mengidentifikasi Poin Masalah Pelanggan

Mengumpulkan dan menggunakan data penjualan yang tepat, dapat membantu mengidentifikasi titik-titik kesulitan yang dialami pelanggan. Selain itu, Anda juga lebih mudah menemukan solusi atau layanan apa yang perlu ditingkatkan lagi. 

Sebagai contoh, ketika pelanggan mengungkapkan kekesalan mereka tentang kekurangan produk atau layanan, Anda bisa memakai data penjualan untuk mengumpulkan informasi tersebut. Pada gilirannya, akan lebih banyak informasi akurat dan spesifik tentang apa yang perlu dibenahi lagi dalam bisnis anda. 

Dengan informasi dan data tersebut, Anda selanjutnya dapat melakukan perbaikan dan perubahan untuk membuat versi produk atau layanan yang lebih baik lagi. 

 4. Merencanakan Lebih Baik ke Depan

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, pastinya diperlukan rencana masa depan atau visi yang kuat. Sekalipun kadang sasaran perusahaan dapat berubah seiring waktu, perusahaan perlu menyesuaikan diri. 

Entah itu, menentukan pasar baru, audiens target baru, hingga tujuan dan rencana baru. sehingga, perusahaan dan bisnis tetap bergerak maju untuk mencapai hasil yang diharapkan. 

Berkat data penjualan, pelaku usaha akan lebih mudah membuat rencana ke depan dan terus meningkatkan bisnis yang berkelanjutan dan sukses. 

***

Mendapatkan dan mengumpulkan data tentang bisnis atau pelanggan anda, bukanlah perkara mudah. Apalagi, data dan informasi yang dianalisa harus valid dan akurat. Untuk itu, bisnis anda bisa menggunakan dRetail

dRetail merupakan Solusi Point of Sale yang terintegrasi untuk bisnis Anda mulai dari Penjualan, Inventaris, dan Akuntansi berbasis Cloud system. Semua data transaksi toko di dalam aplikasi dRetail tersimpan aman dan ekspansi bisnis yang lebih mudah untuk memantau semua laporan secara real-time.

Aplikasi dRetail akan membantu bisnis Anda lebih mudah mengolah dan mengatur data penjualan secara lengkap, terperinci, dan akurat. Coba dRetail Apps GRATIS selama 14 hari, dengan klik di sini.