FAQ
Daftar "FAQ"

Bisa, karena ada Fitur Cash in dan Cash out yang mencatat kas masuk dan kas keluar langsung dari tablet kasir dRetail

Berikut langkah-langkah menggunakan cash in dan cash out :

Pertama, anda harus login pada aplikasi dRetail dan pilih halaman aktivitas.

 

 

Dan Pilih Manajemen Uang Tunai

 

Setelah itu masukan catatan jumlah kas masuk dan deskripsinya . Misalnya kas masuk dari parkir. Setiap harinya petugas parkir harus setor 30.000 kepada restoran. Ini akan tercatat pada kas masuk

 

Lakukan pada hal yang sama pada kas keluar. Isi Jumlah dan deskripsinya lalu Simpan data

 

Lalu bagaimana kalau saya ingin melihat Riwayat kas masuk dan keluar yang tadi di input?

Klik Simbol jam di kanan atas untuk melihat history / riwayat kas masuk dan kas keluarnya.


 

Nanti akan tampil halaman “History Manajemen Uang Tunai”.

Pilih tombol Aksi “Print” untuk mencetak data kas masuk dan kas keluar

Atau klik Ikon delete untuk menghapus data manajemen kas

 

Kalau ingin merubah data manajemen kas, pada halaman History Manajemen uang tunai, klik nama datanya.

 

Ubah jumlah atau deskripsi data sesuai kebutuhan dan klik Submit untuk menyimpan.

 

Report Manajemen Uang Tunai

Untuk melihat laporan Manajemen Uang Tunai, anda harus login dulu ke backoffice. Dan pilih Menu Cash Activity > Cash History

 

Pilih branch dan atur juga periode laporan tersebut ingin ditampilkan. Kemudian laporan bisa di unduh dengan mengklik download pada tombol ini

 

Disini anda bisa melihat laporan kas masuk dan kas keluar beserta jumlah balance yang tersedia.

Apakah artikel ini membantu ?

Cash in / Cash out di Module Akunting juga memiliki sedikit perbedaan dari versi biasanya.

Untuk mencatat kas masuk dan kas keluar, Anda harus memilih dulu Chart of Account (COA), berisi kode-kode akun yang digunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Backoffice

Pertama, Anda harus membuat COA nya dulu di backoffice. Pada dashboard accounting pilih menu Chart of Account (COA)

 

Pada halaman List Akun , pilih New COA untuk membuat akun baru atau list akun bisa ditambahkan dalam bentuk file dengan pilih Upload COA

 

Isi form COA, klik Save

 

Pengaturan pada tablet

Di Menu Manajemen Uang Tunai, pilih Chart of Account yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Kemudian piih  daftar akun nya yang sebelumnya bisa Anda buat melalui backoffice, misalnya setor parkir masuk ke dalam Kas Kecil.

 

  Seperti biasa, isi Jumlah dan Deskripsi nya, kemudian Simpan       

Cash Out

Langkah-langkah yang sama juga digunakan untuk mengatur kas keluar.

 

Pilih COA nya, misalnya untuk biaya listrik outlet maka COA nya masuk ke beban Listrik Umum      

                      

 

Kemudian isi Jumlah, deskripsi nya dan Simpan.

 

Report Manajemen Uang Tunai (Akunting)

Setelah anda mencatat kas masuk dan kas keluar, anda dapat mengecek report nya melalui backoffice.

Pilih branch dan atur juga periode laporan tersebut ingin ditampilkan. Kemudian laporan bisa di unduh dengan mengklik download pada tombol ini.

 

Disini anda bisa melihat laporan kas masuk dan kas keluar beserta jumlah debit & kredit yang tersedia.

 

Apakah artikel ini membantu ?

Perangkat ini berfungsi untuk mencetak pesanan makanan yang diterima oleh sistem pemesanan atau POS (Point of Sale) dan mengirimkannya langsung ke dapur. Printer akan mencetak detail pesanan, seperti nama makanan, jumlah, keterangan khusus, dan nomor meja atau nomor pesanan yang sesuai. Untuk dapat menggunakan kitchen printer, anda harus mempersiapkan Printer Utama lalu Stasiun Printer dulu.

Berikut langkah-langkahnya : 

Printer yang kita pakai kali ini adalah Printer Bluetooth. Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan pengaturan bluetooth di tablet agar dapat disambungkan ke Printer.

Kemudian pada tablet, Pilih menu pengaturan

Lalu akan langsung dialihkan ke menu Printer, pada halaman ini Anda harus mengatur Printer Utamanya dulu. 

Setting Printer Utama

Pilih Printer

 

Kemudian pilih printer untuk dihubungkan, sebagai contoh dipilih jenis printer Universal Printer 

Setelah itu pilih jenis kertas yang dibutuhkan

 

Kemudian pilih jenis koneksi printer.

 

Kemudian akan tampil beberapa jenis printer untuk dihubungkan. Terdapat 3 jenis printer yaitu Bluetooth, USB, dan Ethernet. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh dipilih jenis Bluetooth.

 

Pilih ID Printer yang akan dikoneksikan ke tablet. 

Printer yang berhasil dipasangkan akan muncul alamat bluetoothnya seperti ini dan pilih OK

 

Printer telah berhasil terpasang. Kemudian aktifkan toggle Status printer agar bisa melakukan Tes Printer atau untuk mencetak resi.

 

Klik tombol Tes Printer untuk melakukan tes cetak resi

 

Test Print resi berhasil dilakukan

 

 

Setting Stasiun Printer 

Pada bagian stasiun printer, Klik Tambah Printer

 

Beri nama stasiun printer misalnya pastries, lalu Pilih Printer

 

Pilih Printer untuk dihubungkan

 

Pilih Kertas

 

Dan pilih jenis koneksi

Kemudian akan tampil semua daftar ID Printer, pilih sesuai kebutuhan.

 

 

Karena kita menggunakan printer bluetooth, pilih jenis koneksi menggunakan Bluetooth

 

Printer berhasil terpilih, Jangan lupa aktifkan toggle kategori kemudian klik OK

 

Stasiun Printer berhasil ditambahkan, lalu lakukan Tes Printer

Apakah artikel ini membantu ?

Pembaruan dRetail Mobile v3 versi 3.2.3 dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Pembaruan yang telah ditambahkan adalah:

  • Penambahan fungsi Refresh Swipe Down di HOME

Agar memudahkan user, pada halaman HOME telah ditambahkan fungsi REFRESH. User dapat melakukan Swipe Down (tarik ke bawah) tanpa perlu pindah ke halaman lain terlebih dahulu.

  • Penambahan fungsi Refresh Swipe Down untuk ambil data Notifikasi Void Request

Selain di halaman HOME, telah ditambahkan fungsi REFRESH di halaman Notifikasi Void. User dapat melakukan Swipe Down (tarik ke bawah) di halaman Notifikasi VOID tanpa perlu pindah ke halaman lain terlebih dahulu.

  • Penambahan fungsi Delete di Detail Item Company

Fungsi Delete di Detail Item telah ditambahkan di versi ini. Fungsi ini akan menghapus data item company. Saat melakukan penghapusan, maka akan otomatis akan menghapus item tersebut di list item semua branch.

Cara melakukan Delete Item Company di dRetail Mobile adalah sebagai berikut:

    1. Masuk ke menu Product
    2. Pilih menu Detail Item
    3. Masuk ke menu All Item
    4. Geser di baris item yang akan dihapus sampai muncul icon Delete 
    5. Tekan Yes untuk menerukan proses Delete sampai muncul prompt Success.

   

  • All Report di List Report - Saat setting menggunakan Overnight Sales, data duration seharusnya tetap hit 00:00 - 00:00

Pada versi sebelumnya, terdapat perbedaan request data report jika company menggunakan fungsi Overnight Sales. Pada versi ini, semua report disesuaikan agar tetap hit data request yang sama meskipun menggunakan company Overnight Sales maupun tidak.

Apakah artikel ini membantu ?

Bisa, Anda bisa mengaturnya melalui backoffice. 

 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur perhitungan Tax dari backoffice.

Setelah login pada backoffice, masuk ke bagian menu > Tax, berisi data pajak / tax yang dimiliki company yang nantinya akan digunakan pada item menu yang dipesan. 

 

 

Kemudian klik ikon tambah (+) untuk menambahkan tax, kemudian isi form nya dan pilih tipe tax, maka akan tampil persentase tax di kolom sebelah kanan.

 

 

Kemudian, aktifkan toggle di tipe pesanan mana tax tersebut akan diaplikasikan

 

Selanjutnya pilih branch, beri tanda centang untuk branch yang dipilih. Jika ingin memilih semua branch, beri centang pada All Branch. Kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan toggle “Available at all future new branch” untuk mengaplikasikan tax pada branch yang baru dibuat. Klik  Save untuk menyimpan data.

 

 

Berikut tampilan tax yang berhasil dibuat

 

 

Bagaimana ketika saya ingin mengubah data tax nya?

Dengan klik nama tax yang akan di edit, misalnya “Pajak 5%”, nanti akan muncul kembali form taxnya. Ubah data sesuai kebutuhan dan klik simpan.

 

Selanjutnya, pilih tombol aksi Select Item untuk memilih item mana saja yang mau diaplikasikan tax tersebut.

 

 

Beri tanda centang untuk kategori dan item yang dipilih, lalu save dan data berhasil diubah.

 

Jika ingin menghapus data, silakan klik ikon delete  

 

Kemudian konfirmasi untuk hapus data

 

Menambahkan Perhitungan Service

Selain tax, Anda juga dapat menambahkan perhitungan Service ke dalam item menu yang dipesan. Berikut caranya: Cara menambahkan perhitungan service ke dalam item menu, tidak berbeda jauh dengan Tax. Klik tombol plus (+) untuk membuat data baru. 

 

 

Isi form, tuliskan nama service nya dan tentukan persentasenya sesuai dengan kebutuhan.

 

Jika ingin mengatur service untuk item dengan pemesanan take away, Grabfood, GoFood, dan ShopeeFood maka klik toggle ON yang tersedia, dan toggle OFF untuk membatalkan Service

 

Selanjutnya pilih branch, beri tanda centang untuk branch yang dipilih. Jika ingin memilih semua branch, beri centang pada All Branch.

Kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan toggle “Available at all future new branch” untuk mengaplikasikan service pada branch yang baru dibuat.

Klik Save untuk menyimpan data atau cancel untuk membatalkan pembuatan data baru.

 

Data service baru berhasil dibuat

 

 

Untuk mengedit/merubah data service, caranya sama dengan tax. Anda tinggall mengklik data service yang ingin diubah.

 

 

 

Ubah data sesuai kebutuhan lalu Save

 

Select Item 

Tombol Select item digunakan untuk memilih item apa saja yang masuk pada data service tersebut. Beri tanda centang pada Category ite dan list item yang dipilih atau pilih All item untuk mengaplikasikan service pada semua item menu. Atau pilih tombol Unselect all item untuk menghilangkan semua tanda centang pada item menu. Dan klik Save untuk menyimpan data.

Di samping tombol Select item juga terdapat ikon delete untuk menghapus data.

 

 

Tampilan Tax & Service pada tablet

Berikut tampilan Tax & service yang telah dibuat jika dilihat pada Detail Pembayaran

Apakah artikel ini membantu ?

Bisa, Anda dapat menggunakan Fitur Paket Item yang tersedia pada backoffice dRetail.

Berikut langkah-langkahnya:

Pastikan anda sudah login pada backoffice dRetail dan pilih Menu > Paket Item

Sebelum menambahkan Paket item baru, anda harus membuat Category terlebih dahulu. Nantinya ini berfungsi untuk mengelompokan paket item jadi satu category. Sebagai contoh ikuti langkah berikut :

Pilih Menu > Category dan klik ikon tambah (+)

Setelah itu, isi form Category dan klik Save

Dan category baru berhasil disimpan

 

Setelah itu, pilih kembali Menu > Paket Item dan disitu akan tampil Paket Item “Paket American Breakfast” yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk menambahkan Paket Item baru, tinggal klik ikon tambah (+)

Nanti akan tampil form Paket Item seperti ini, Pilih category Item nya dulu kemudian isi Item Name dan Selling price nya.

 

Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi dan photo item, kemudian pilih apply to all branch untuk diterapkan ke semua cabang

Paket item berhasil ditambahkan

Berikut tampilan Paket item pada tablet