Popularitas TikTok telah meningkat secara dramatis selama tahun 2020. Lebih dari 34 juta orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini setiap hari. Meskipun awalnya TikTok dianggap sebagai platform untuk bersenang-senang, tapi sekarang banyak orang mulai melihatnya sebagai platform pemasaran yang menjanjikan.
Tiap orang berlomba-lomba menghasilkan konten yang kreatif agar bisa masuk FYP. Secara garis besar FYP (For Your Page) adalah halaman rekomendasi yang muncul tiap kali kita membuka aplikasi TikTok. Namun seperti apakah ide konten bisnis yang relevan ? Simak 4 ide konten di bawah ini agar konten produk Anda bisa masuk FYP.
1. Konten Unboxing produk
Jika anda baru memulai bisnis, video review atau unboxing produk mungkin bisa jadi salah satu cara memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Konten unboxing akan memberikan insight kepada calon pelanggan seperti apa fungsi dan kualitas produk Anda. Selain mendapat feedback nyata dari audiens, konten unboxing ini mempengaruhi calon konsumen lain dalam mengambil keputusan pembelian produk tersebut.
2. Bagikan Cerita Sukses
Membangun bisnis dari nol sampai sukses bukan hal yang mudah dan butuh banyak pengorbanan. Ingat dengan perjuangan Colonel Sanders yang baru sukses membangun bisnis ayam gorengnya di usia 65 tahun. Kini tiap kali orang menyebut KFC pasti teringat dengan Pak Sanders yang wajahnya selalu terpampang pada kemasan KFC. Konten jenis ini bisa jadi alternatif lain untuk memperkuat branding produk. Tampilkan konten yang dapat memotivasi audiens, baik itu keadaan bisnis Anda yang dulu dan sekarang atau sajikan kisah lain yang menjadi turning point bisnis tersebut.
3. Sneak Peek Product Launch
Pernah melihat sebuah brand memberikan sneak peek ketika akan meluncurkan produk baru? Konten sejenis ini memberikan gambaran otentik sebuah brand di balik layar tentang cara kerja internal brand. Tidak hanya dari hari ke hari tetapi dengan detail-detail produk di masa depan, dari konsep hingga produksi, dapat membangun hype suatu brand. Inilah cara yang mereka gunakan untuk memancing rasa antusias calon pelanggan dengan menerapkan transparansi pada brand mereka.
Lihat contoh bagaimana brand Kintakun yang memperkenalkan produk terbarunya melalui konten Studio Tour.
4. Behind The Scene : Meet the team
Trend Tiktok meet the team lagi viral di kalangan beberapa brand. Trend ini digunakan mereka untuk memperkenalkan timnya ke publik. Ajak pelanggan Anda untuk mengenal tim yang membantu bisnis Anda. Contohnya seperti video TikTok ini.
Anggota tim dapat membuat video perkenalan diri dengan cara yang menghibur. Biarkan pelanggan Anda mengenal orang-orang di balik bisnis Anda. Dengan menunjukan sisi berbeda dari brand, dapat membuat brand Anda tampak diandalkan atau dapat dipercaya oleh calon pelanggan.
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game