20-Nov-2020 11:18
Penulis : Detty Risetya Ulyana
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan

Perusahaan yang sukses tahu bahwa promosi penjualan adalah salah satu metode paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu mempertimbangkan jenis promosi yang ditawarkan serta cara melaksanakannya. Berikut ini ada 4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan.

1. Promosi beli satu, gratis satu

Beli satu, gratis satu! (Buy One Get One alias BOGO) adalah salah satu jenis promosi penjualan terpopuler. Menawarkan dua produk dalam permintaan dengan harga yang lebih murah dan untuk waktu yang singkat menciptakan rasa urgensi yang dapat meningkatkan penjualan. Bisa juga clear stock, itulah sebabnya di kalangan bisnis, promo BOGO sering disebut sebagai “self-liquidating”.

Hebatnya adalah bahwa promosi ini jarang memerlukan biaya apa pun. Faktanya, diskon ini dirancang untuk meningkatkan pendapatan. Misalnya, Anda membayar Rp 30.000 untuk produk yang Anda jual seharga Rp 100.000. Jika Anda menawarkan diskon 50%, Anda akan mendapat Rp 20.000 dari penjualan hanya satu dengan harga diskon. 

Namun, menjalankan diskon BOGO berarti Anda dapat menjual satu item dengan harga penuh dikurangi biaya Anda untuk dua item sehingga, pada akhirnya, Anda akan memperoleh Rp 40.000. Dengan lebih banyak orang membeli produk itu sebagai hasil dari promo, keuntungan Anda akan melonjak.

2. Gratis ongkos kirim

Coba pikirkan, apa penyebab keranjang belanja ditinggal begitu saja oleh pelanggan? Biasanya, berat di ONGKIR atau ongkos kirim. Maka itu, usahakan memberikan penawaran menarik seperti pengiriman gratis / gratis Ongkir.

Pengiriman gratis membuat banyak pelanggan tersenyum sumringah, karena tidak ada biaya tambahan atas harga pesanan produk mereka. Ini adalah kunci dari kebahagiaan pelanggan. Perlu diingat, “Happy customer is a repeat customer”. Kemungkinan besar, pelanggan yang senang dan puas dengan layanan bisnis anda, akan terus datang atau membeli lagi. 

3. Flash Sale

Flash sale menciptakan rasa urgensi atau takut kehilangan terhadap pelanggan. Jika anda merupakan pelaku bisnis online, Flash sale menjadi salah satu strategi promosi penjualan yang paling efektif. 

Ada dua cara melakukan jenis promosi penjualan ini. Pertama, lakukan Flash sale sekali atau dua kali setahun. Atau, anda bisa memanfaatkan waktu dan momen tertentu setiap bulan, sehingga pelanggan bisa bersiap melakukan pembelian dalam waktu terbatas atau waktu singkat. 

Sebelum Flash sale, pastikan menginformasikan atau memberitahukan kepada pelanggan kapan jadwal Flash sale dilakukan. Misalnya, melalui media sosial atau email. 

4. Promosi cashback

Banyak konsumen akan setuju bahwa tidak buruk untuk membelanjakan uang jika Anda mendapatkan uang sebagai imbalan. Ini hampir seperti membayar lebih sedikit dari awal, tapi kemudian memiliki uang ekstra untuk mendapatkan produk lain yang diinginkan. Plus, memberi cashback kepada pelanggan, biasanya menghasilkan lebih banyak loyalitas. Jenis penawaran ini sama-sama menguntungkan bagi Anda dan pelanggan.

Manfaatkan aplikasi dRetail untuk mempermudah bisnis anda mengatur posisi keuangan agar lebih mudah menawarkan berbagai diskon menarik seperti yang sudah dibahas di atas. Menambahkan diskon item ataupun diskon bill pada transaksi di toko Anda, semakin mudah dengan dRetail.

 

Selain itu, aplikasi dRetail dapat menyederhanakan tugas untuk mengatur data penjualan dan transaksi secara detail dan real-time. Sehingga, anda bisa mempersiapkan program promo selanjutnya secara lebih mudah dan sistematis. Tunggu apalagi, Klik di sini untuk coba GRATIS 14 hari dRetail Apps!