18-Nov-2020 14:06
Penulis : Detty Risetya Ulyana
5 Keunggulan Pembayaran Digital (QRIS) Dalam Meningkatkan Penjualan

Pembayaran digital sangat populer karena memungkinkan pelanggan melakukan transaksi cashless. Sudah banyak jenis pembayaran digital yang beredar contohnya OVO, Gopay, DANA, LinkAja, ShopeePay, dan lainnya. Jika anda merupakan pebisnis, maka pembayaran digital ini dapat membantu meningkatkan penjualan barang atau layanan anda. Jika anda masih ragu, simak dulu 5 keunggualan Pembayaran Digital dalam meningkatkan penjualan berikut:

1. Kecepatan dan kenyamanan dalam satu klik

Saat Anda membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan untuk membayar, pengalaman pelanggan akan semakin meningkat. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan lebih banyak pelanggan setia. Digital Payment dapat mencapai ini dengan mempercepat proses checkout baik online maupun di dalam toko.

Selain itu, mempermudah orang untuk membayar barang di situs eCommerce Anda berarti akan ada lebih sedikit keranjang belanja yang ditinggalkan karena pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan aman hanya dengan satu klik.

2. Menyederhanakan Penagihan

Mengaktifkan metode pembayaran digital akan memudahkan bisnis untuk menyederhanakan penagihan atau pengumpulan pembayaran terutang dan meningkatkan piutang dengan menghilangkan hambatan pembayaran. Hal Ini memudahkan bisnis untuk meminta pembayaran dari pelanggan secara real-time, saat itu juga. 

Sebab, pembayaran dapat dilakukan secara cepat dan mudah, tanpa ada biaya admin bank tambahan maupun membuat akun rekening bank baru. Semuanya cukup dilakukan dengan berbasis nomor handphone dan aplikasi pembayaran digital.

3. Meningkatkan Efektivitas Kampanye Penjualan

Efektivitas kampanye (campaign) penjualan dan pemasaran, juga mampu diukur dan dianalisa dengan mudah melalui aplikasi pembayaran digital. Sebagai contoh, ketika pelanggan menge-klik link pembayaran atau memasukkan info personalnya, bisnis anda dapat langsung mendapatkan data dari aplikasi pembayaran digital yang digunakan. 

Selain itu, perusahaan atau bisnis anda juga bisa mengidentifikasi penyebab dan kendala yang dihadapi pelanggan, sehingga mereka mengurungkan niat berbelanja. Apakah ada kendala di situs web, media sosial, SMS, dll? Dengan informasi dan data yang dimiliki, bisnis anda bisa lebih efektif menerapkan strategi yang tepat untuk membuat closing penjualan dan meningkatkan pendapatan.

4. Keamanan

Keamanan saat memproses transaksi adalah isu utama setiap bisnis online. Umumnya saldo digital menggunakan nomor transaksi acak yang dihasilkan untuk setiap transaksi yang dilakukan. Tidak ada nomor rekening atau nomor kartu kredit yang diberikan agar mengurangi kemungkinan penipuan. 

Sekalipun, misalnya perangkat dompet digital yang terinstal dicuri oknum penjahat, tetap saja informasi didalamnya sudah terenkripsi. Untuk membukanya, dibutuhkan kata sandi atau bahkan biometric seperti pengenalan sidik jari dan wajah. Jelas sudah bahwa pembayaran digital sudah berkembang pesat dan selangkah lebih maju dari segi pembayaran yang praktis dan aman. 

5. Integrasikan Pembayaran Digital Bisnis Anda Dengan Aplikasi POS dRetail!

Di masa kini, agar bisnis dapat bertahan, tidak ada pilihan selain beradaptasi dengan penggunaan dompet elektronik sebagai bentuk pembayaran. Seperti biasa, bisnis yang memberikan pengalaman pelanggan terbaik akan menjadi bisnis yang berkembang. 

Investasi yang Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis bersama dRetail akan sangat berharga di masa mendatang. dRetail mudah diintegrasikan dengan berbagai gerbang pembayaran digital yang memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam bertransaksi dan sekarang saatnya memanfaatkan peluang yang mereka tawarkan. Klik di sini untuk coba GRATIS 14 hari dRetail Apps.