28-Dec-2020 15:26
Penulis : Detty Resetya Ulyana
Analisa Penjualan Produk untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Setiap pebisnis pasti berharap agar usahanya bisa berjalan lancar. Cara yang harus ditempuh tentunya dengan memastikan adanya pemasukan atau penjualan produk lebih besar dibandingkan pengeluaran ketika menciptakan sebuah produk.

Secara umum, besarnya penjualan dan kondisi keuangan perusahaan bisa dilihat dari laporan keuangan. Tapi, cara tersebut tidak cukup untuk melihat kondisi perusahaan. Rasio keberhasilan usaha Anda juga harus dilihat dari laporan analisis penjualan yang dapat disusun dengan mudah dengan aplikasi penjualan seperti Point of Sales (POS).

Dengan adanya aplikasi POS, maka masukan dari laporan analisis penjualan bisa mengidentifikasi peluang dalam meningkatkan penjualan usaha Anda pada periode selanjutnya. Sayangnya, laporan penjualan sering luput dari pengamatan dan para pebisnis sudah merasa puas hanya dengan membaca laporan keuangan saja. Padahal di waktu yang sama, laporan analisis penjualan bisa membantu bisnis Anda untuk menetapkan strategi penjualan baru dan untuk pengembangan usaha.

 

Pentingnya Analisa Penjualan

Analisis penjualan sangat penting bagi bisnis di era ini karena dapat memperlihatkan data berupa tren penjualan dalam periode tertentu. Perusahaan harus memiliki laporan analisis penjualan agar dapat menunjukkan adanya peningkatan atau penurunan angka penjualan yang terjadi.

Dengan laporan ini, Anda bisa menemukan kondisi perusahaan yang memperlihatkan tren penjualan dalam periode, mingguan, bulanan, triwulan, atau tahunan. Anda harus menyusun laporan analisis penjualan dengan beragam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan agar dapat segera mengetahui kondisi penjualan periode sebelumnya dan membandingkan dengan kondisi penjualan periode berjalan. Laporan analisis penjualan juga berguna untuk memberikan estimasi penjualan pada periode yang akan datang.

Perusahaan yang memiliki laporan analisis penjualan akan memiliki bahan evaluasi yang sangat penting saat memasuki tahun fiskal. Laporan tersebut juga akan menjadi landasan yang penting untuk menentukan kebijakan baru yang akan diambil pada periode fiskal selanjutnya.

 

Performa Bisnis Meningkat dengan Analisis Penjualan

Satu hal yang harus benar-benar Anda ketahui bahwa adanya analisa penjualan ternyata bisa meningkatkan performa bisnis Anda. Laporan analisa penjualan akan menampilkan data-data yang berkenaan dengan performa penjualan. Melalui data-data tersebut, Anda bisa menilai kemungkinan yang terjadi atas target penjualan. Anda akan tahu target penjualan tersebut akan terpenuhi atau justru tidak akan terpenuhi sama sekali.

Pada waktu yang sama, Anda juga bisa memanfaatkan peluang untuk melakukan beberapa langkah agar target penjualan bisa dicapai sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Data-data tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengeksekusi program promosi penjualan yang lebih efektif.

Data yang tidak kalah penting dari laporan analisis penjualan adalah data yang berkenaan dengan kelompok konsumen. Dengan data ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai efektivitas pemasaran, melihat efektivitas promosi, kelayakan produk baru, dan mempertimbangkan strategi untuk target segmen konsumen baru.

Dengan aplikasi POS yang paling modern, laporan analisis penjualan yang Anda buat juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengetahui harga pasaran sebuah produk. Dengan demikian, bisnis Anda akan bisa mendapatkan posisi yang lebih menguntungkan dalam persaingan dengan kompetitor. Performa bisnis Anda akan lebih meningkat karena setiap permasalahan yang datang akan terdeteksi sejak awal.

 

Menyusun Laporan Analisa Penjualan dengan dRetail

Analisa keuangan bisa Anda buat dan sajikan dengan mudah. Sebab, kini saatnya Anda menggunakan aplikasi Point of Sale. Melalui aplikasi ini, banyak hal yang bisa Anda lakukan agar analisa penjualan benar-benar menyajikan data yang akurat dan efektif untuk meningkatkan performa penjualan.

Dengan dRetail, Anda bisa menyusun laporan analisa keuangan berdasarkan data yang ingin dilacak, misalnya produk, syarat penjualan, karyawan, dan durasi/periode penjualan. Dari hasil analisis yang sudah Anda buat, Anda akan menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan. Jika angka penjualannya buruk, maka Anda perlu tahu hal-hal menyebabkannya dan melakukan upaya untuk perbaikan. Sebaliknya, jika angka penjualan baik, maka Anda bisa menemukan cara untuk mengulangi prestasi tersebut dan bahkan meningkatkan performa bisnis pada periode selanjutnya.

Elemen yang tidak kalah penting dalam memakai aplikasi POS adalah memilih jenis aplikasi yang mudah digunakan, fitur lengkap, dan mudah diintegrasikan. Anda bisa menggunakan dRetail GRATIS selama 14 hari, daftar di sini sekarang!