02-Aug-2021 13:48
Penulis : Evelyn Melissa
Antisipasi Pelanggan Batal Pesan dengan 3 Keunggulan Fitur Reservasi Restoran

Pernah pelanggan membatalkan pesanan tiba-tiba? Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda pasti pernah mengalami kejadian ini. Fitur dRetail yang satu ini dapat membantu Anda mengantisipasi hal teserbut. Pahami 3 keunggulan Fitur reservasi pada restoran Anda.

Cara kerja sistem reservasi konvensional, biasanya pihak restoran mencatat pesanan secara manual dalam buku antrian. Namun cara kerja ini menjadi semakin rumit karena semakin banyak pemesanan yang masuk restoran jadi sulit mengantisipasi ketersediaan bahan baku. Belum lagi ketika pelanggan melakukan down payment namun karena sistemnya manual, data administrasi DP dapat tercecer sehingga berakibat fatal bagi restoran.

Tantangan-tantangan inilah yang menjadi alasan mengapa software reservasi restoran menjadi begitu populer. Jika anda salah satu pemilik restoran yang baru mengenal perangkat lunak reservasi restoran, anda datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini kami mengajak Anda memahami 3 keunggulan Fitur Reservasi dRetail untuk bisnis restoran Anda,

1. Pencatatan reservasi pelanggan dilakukan secara digital pada aplikasi Point of Sales (POS)

Ketika restoran anda menggunakan Fitur Reservasi yang terintegrasi dengan Point of Sale maka pengelolaan pemesanan tersebut akan semakin profesional. Informasi pesanan pelanggan mengalir langsung ke POS untuk memastikan bagian kasir  dan dapur memiliki gambaran lengkap tentang keadaan di lapangan. Ini akan sangat membantu untuk mengelola restoran melatih staf baru, dan memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Di sisi lain, anda tetap dapat menerima pesanan dengan nyaman karena sistem reservasi akan melakukan validasi terhadap ketersediaan waktu dan tempat. Informasi tersebut akan membantu anda meminimalisir pesanan menumpuk (overlapping) pada tempat dan waktu yang sama.

2. Pencatatan transaksi down payment terperinci untuk meminimalisir kesalahan

Awalnya banyak orang yang memulai bisnis dengan proses pencatatan manual, namun ketika bisnis sudah besar dan pesanan pelanggan makin banyak, maka perlu bantuan teknologi untuk mendukung efisiensi. Hal ini juga berlaku untuk bisnis restoran yang memberlakuan sistem reservasi guna mencegah  pelanggan tidak dapat tempat. Dengan bantuan Fitur Reservasi anda dapat meminimalisir human error dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Untuk mencegah kesalahan orderan, anda dapat menginput data reservasi seperti nama pelanggan dan jenis reservasi (dine-in / takeaway). Selain itu, pelanggan dapat melakukan down payment transfer saat memesan, datanya akan tersimpan otomatis pada situs admin dRetail. Dengan begini anda dapat melayani konsumen dengan baik tanpa takut data tercecer.

3. Laporan reservasi online untuk mengantisipasi stok jangka panjang

Stok bahan baku adalah salah satu aset yang mempengaruhi pada tingkat penjualan  dan proses produksi jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui pentingnya fitur reservasi khususnya untuk bisnis restoran. Anda dapat melihat laporan reservasi pelanggan secara online, sehingga pihak restoran dapat mengantisipasi jumlah stok untuk jangka panjang. Dengan demikian catatan laporan lebih rapi dan restoran dapat mengetahui waktu yang tepat untuk memesan persediaan stok kepada supplier. 

 

Software Reservasi hadir memberi Solusi

 

Memilih sistem reservasi online yang tepat tentu dapat mengembangkan bisnis anda sekaligus memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Di satu sisi pelanggan tidak perlu mengantri dan dengan nyaman dapat memesan tempat, di sisi lain para pelaku usaha juga tidak harus khawatir kehilangan pelanggan, jadi sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Fitur Reservasi dari dRetail hadir sebagai solusi bagi anda yang tidak mau repot-repot mencatat pesanan online pelanggan secara manual, anda dapat menggunakan fitur ini. Semakin praktis proses operasional bisnis anda, semakin mudah anda mengembangkannya.