Untuk kelangsungan bisnis Anda, tentu saja Anda tidak ingin kehilangan kepercayaan pelanggan yang akan sangat merugikan nantinya. Maka dari itu, Anda harus tahu cara meminimalisir kesalahan dalam penginputan transaksi dengan 3 cara ini.
Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis yang Anda jalankan adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk yang Anda jual. Supaya bisnis terus hidup, maka perusahaan harus bisa membuat konsumen percaya bahwa produk yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik. Sebagai pemilik bisnis, jika Anda telah berhasil membangun kepercayaan dari konsumen, maka bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan loyal dan akan terus bertambah karena rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.
Konsumen yang merasa puas akan secara sukarela mempromosikan produk karena telah memiliki pengalaman yang baik dengan produk yang dibeli dan digunakannya. Namun, perlu sebagai pebisnis Anda harus tahu bahwa kepercayaan pelanggan bisa saja menurun atau bahkan berkurang. Lebih parah lagi, semua itu bisa terjadi hanya karena hal yang sangat sepele, misalnya karena terjadi kesalahan dalam penginputan transaksi pembelian konsumen. Kesalahan seperti ini bisa saja merugikan pihak konsumen dan tentunya akan membuat kerugian bagi bisnis Anda. Maka dari itu, petugas kasir harus ekstra hati-hati dan sebisa mungkin menghindari kesalahan dalam penginputan transaksi.
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah selektif memilih karyawan yang bertugas sebagai kasir dan aktif melakukan pemantauan atas kinerjanya. Mencari tipe karyawan yang dapat dipercaya memang tidak mudah, sehingga Anda harus memiliki banyak indikator untuk memilih yang tepat.
Misalnya dengan pemeriksaan latar belakang dan pengecekan referensi. Umumnya, pelaku bisnis berpikir bahwa ketika seorang pelamar yang memiliki pengalaman yang sama di bidang sebelumnya dinilai menjadi pilihan yang tepat. Memilih kandidat karyawan seperti ini memang lebih mudah karena bisa segera dipekerjakan tanpa memerlukan banyak waktu pelatihan. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memilih karyawan baru yang belum berpengalaman asalkan berkompeten, jujur, dan bertanggung jawab.
Secara kompetensi, karyawan yang akan bertugas sebagai kasir harus mampu meminimalisir kesalahan penginputan transaksi. Sedangkan tanggung jawab merupakan sikap yang harus dimiliki supaya tidak ada kesalahan atau kecurangan yang dilakukan secara sadar dan sengaja.
Kebanyakan para pengusaha kecil memilih untuk tidak terlalu invest pada hal-hal kecil. Padahal ada beberapa hal kecil yang ternyata bisa mengakibatkan hal yang paling krusial. Misalnya, dengan memilih untuk tidak menggunakan software kasir atau aplikasi point of sales (POS). Meskipun terlihat remeh, aplikasi ini akan membantu bisnis Anda untuk menghindari kesalahan-kesalahan penginputan transaksi. Tentunya, para pelanggan akan semakin percaya karena sebuah program tidak bisa diganti dengan mudah dan pastinya data yang diterima adalah data yang sebenarnya.
Banyak manfaat aplikasi POS bagi usaha Anda, khususnya untuk mengatasi kesalahan dalam penginputan transaksi, baik yang tidak sengaja atau karena kecurangan dari karyawan Anda. Kesalahan akan mudah diketahui, Anda hanya perlu melakukan audit terhadap transaksi penjualan Anda. Jika Anda sering melakukan audit, maka pastinya karyawan akan sadar dan merasa diawasi sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan kecurangan.
Audit bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi POS. Anda bisa melihat dan mencocokkan laporan transaksi, laporan laba, hingga laporan stok yang ada pada back office dengan hasil yang ada di tempat usaha Anda. Jika terjadi ketidaksesuaian, maka Anda bisa melakukan banyak upaya untuk mencari titik kesalahan terjadi.
Sekarang, sudah bukan zamannya lagi kasir mencatat pesanan dengan buku nota ataupun spreadsheet. Kini, telah hadir aplikasi POS yang lebih inovatif dan mudah diintegrasikan, dRetail. Laporan penjualan bisa lebih akurat dan terperinci, serta dapat disajikan real-time. Anda juga akan dapat melihat aktivitas yang sedang berlangsung tanpa perlu repot datang ke tempat bisnis Anda karena aplikasi ini berbasis online. Dari sudut pandang konsumen, kredibilitas tempat bisnis Anda juga semakin meningkat karena dRetail lebih efektif untuk meminimalisir kesalahan dalam transaksi.
dRetail merupakan aplikasi POS yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen Anda. Aplikasi ini dapat mencatat setiap detail transaksi dan mencegah kesalahan atau kecurangan transaksi karena setiap proses penjualan dan pembayaran tersimpan secara otomatis.
Transaksi akurat juga mampu menumbuhkan tingkat kepercayaan pelanggan agar tetap loyal pada bisnis Anda. Cara menggunakannya juga mudah karena dRetail dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan. Coba sekarang GRATIS selama 14 hari dengan cara klik di sini.
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game