Bagi masyarakat awam, mungkin masih belum terlalu mengenal apa itu customer loyalti? Padahal, setiap kali berbelanja, baik toko offline maupun online, sangat sering pemilik bisnis menawarkan program customer loyalti, lho! Sebagai contoh, ketika ada promo diskon atau potongan harga bagi Anda yang membeli 5 item barang sekaligus. Atau, ketika Anda membeli 1 produk, tapi bisa membawa 1 produk gratis (Beli 1 Gratis 1), maka bisa dikatakan inilah salah satu wujud program customer loyalti.
Jadi, apa itu program customer loyalti? Sederhananya, program customer loyalti adalah sebuah metode khusus yang dipakai pemilik bisnis agar pelanggan tetap loyal atau setia berbelanja di tempat bisnisnya. Misalnya, dengan memberikan potongan harga, bonus, acara event khusus, souvenir gratis, dan sebagainya. Harapannya, dengan program customer loyalti tersebut, pelanggan semakin betah dan tetap mempertahankan kebiasaan untuk berbelanja lagi di toko tersebut.
Berikut adalah beberapa contoh program loyalti yang bisa dipertimbangkan untuk bisnis Anda:
Mungkin Anda sering berbelanja di supermarket atau minimarket dan mendapatkan diskon untuk jenis barang tertentu. Seperti sembako, kosmetik, dan sabun. Dengan memberikan potongan harga untuk jenis barang sehari-hari, dapat meningkatkan penjualan toko serta meretensi pelanggan.
Strategi customer loyalti ini akan membuat pembeli datang atau berbelanja kembali di kemudian hari. Sebab, cara kerjanya adalah memberikan kembali uang pelanggan apabila memenuhi minimal pembelian yang ditetapkan. Contoh, jika pembeli berbelanja Rp 100.000, maka mendapatkan cashback atau pengembalian uang Rp 10.000 untuk pembelian berikutnya.
Program customer loyalti berupa mengumpulkan sejumlah poin sering dilakukan oleh pemilik bisnis roti maupun provider telekomunikasi. Jadi, setelah bertransaksi sebanyak 10 kali, nantinya pelanggan mendapatkan 1 poin yang bisa ditukar dengan souvenir atau hadiah lainnya.
Tidak dapat dipungkiri, memanjakan pelanggan dengan pemberian diskon atau potongan harga akan semakin meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda ke level selanjutnya.
Jika Anda ingin mengatur manajemen diskon yang lebih mudah dan simpel untuk mengelola program customer loyalti, Anda bisa menggunakan dRetail Manajemen Diskon. Fitur ini memudahkan Anda untuk menetapkan diskon berdasarkan jenis barang, waktu/ jam, dan berapa nominal diskon yang diinginkan. Bahkan, Anda juga bisa membatalkan diskon ini semudah menggerakkan jari.
Sehingga, nantinya kasir dapat lebih mudah menawarkan promo diskon tersebut kepada setiap pelanggan yang bertransaksi. Pada gilirannya, hal ini akan melejitkan omset sekaligus pemasaran bisnis Anda. Nah, sebelum menetapkan diskon, sebaiknya lakukan riset terlebih dulu produk atau barang apa yang paling cocok agar pelanggan terus kembali berbelanja.
Gimana, sudah siap merancang program customer loyalti dengan fitur Manajemen Diskon dRetail?
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game