21-Oct-2021 10:53
Penulis : Evelyn Melissa
Endorse vs Ads, Mana yang Lebih Efektif untuk Promosi?

Endorsement vs Ads, mana yang lebih efektif? Sebagai pelaku bisnis yang memanfaatkan sosial media sebagai platform berjualan, tentu ada kalanya Anda beriklan di sosial media atau menyewa influencer untuk menjangkau konsumen  yang lebih luas. Untuk membantu anda menentukan, simak artikel berikut.

 

Paid Advertising (Ads)

Paid advertising atau kita kenal sebagai PPC ( paid per click) adalah iklan berbayar berdasarkan jumlah klik yang diterimanya. Anda dapat menjalankan iklan PPC di berbagai platform, termasuk Facebook, Google, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Dengan PPC anda dapat memilih anggaran, iklan, dan demografi dan kemudian platform akan mengurus sisanya. Di media sosial, iklan Anda akan muncul di feed. Kedua iklan ini akan ditandai sebagai postingan ‘bersponsor’ untuk mengingatkan audiens bahwa itu bukan postingan organik atau hasil pencarian. 

 

Berbeda dengan PPC media sosial, kalau di Google ada paid keywords dimana  Anda membayar Google untuk setiap klik untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda, nantinya iklan berbayar akan muncul di bagian atas daftar saat orang menelusuri kata kunci pilihan Anda. 

 

Kelebihan:

  • Target Audiens dan lokasi bisa disesuaikan 
  • Bisa melihat data iklan dari insight
  • Dapat menentukan bentuk iklan yang ditampilkan (story atau feed) 

 

Kekurangan:

  • Harus menentukan strategi bidding yang sesuai
  • Jangkauan terbatas karena iklan tidak bisa dibagikan seperti di sosial media
  • Harus mengerti mengerti metrik untuk menentukan keefektifan iklan 

Endorsement

Endorsement adalah bentuk iklan berbayar dengan menggunakan jasa influencer, selebritis, dan tokoh-tokoh yang memiliki tingkat pengaruh dan  kesadaran yang tinggi di depan publik. Jenis promosi ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan karena mayoritas audiens akhir-akhir ini banyak menggunakan media sosial sebagai sumber gaya hidup mereka.

 

Penampilan selebriti dapat memberikan dampak yang besar terhadap keputusan pembelian audiens. Ada baiknya jika anda melakukan riset pasar, memeriksa kredibilitas, daya tarik, dan kompatibilitasnya dengan brand Anda.

 

Kelebihan

  • Cocok untuk menjangkau prospek baru
  • Review produk jelas
  • Pembawaan konten menarik 

Kekurangan

  • Target audiens ditentukan berdasarkan followersnya 
  • Tidak bisa melihat insight iklan 
  • Riset diperlukan untuk menemukan influencer yang cocok sesuai brand

Lebih Efektif Mana ?

 

Jika ditanya mana yang lebih efektif? Jawabannya tergantung dengan tujuan Anda beriklan, entah itu untuk meningkatkan branding atau selling. Kalau endorsement memang lebih cocok untuk branding karena menggunakan pengaruh publik figur tersebut untuk meningkatkan  citra brand kita.  

 

Sebaliknya, paid advertising lebih cocok untuk meningkatkan selling  karena bisa menentukan demografi dan minat konsumen sesuai keinginan. Selain itu paid advertising  punya metrik yang jelas dan kita dapat mengukur setiap budget yang kita keluarkan bisa dapat berapa penjualan.  Jika tertarik dengan PPC, Anda harus meluangkan waktu untuk belajar metriksnya agar dapat menentukan budget yang sesuai.