Endorsement vs Ads, mana yang lebih efektif? Sebagai pelaku bisnis yang memanfaatkan sosial media sebagai platform berjualan, tentu ada kalanya Anda beriklan di sosial media atau menyewa influencer untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Untuk membantu anda menentukan, simak artikel berikut.
Paid Advertising (Ads)
Paid advertising atau kita kenal sebagai PPC ( paid per click) adalah iklan berbayar berdasarkan jumlah klik yang diterimanya. Anda dapat menjalankan iklan PPC di berbagai platform, termasuk Facebook, Google, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Dengan PPC anda dapat memilih anggaran, iklan, dan demografi dan kemudian platform akan mengurus sisanya. Di media sosial, iklan Anda akan muncul di feed. Kedua iklan ini akan ditandai sebagai postingan ‘bersponsor’ untuk mengingatkan audiens bahwa itu bukan postingan organik atau hasil pencarian.
Berbeda dengan PPC media sosial, kalau di Google ada paid keywords dimana Anda membayar Google untuk setiap klik untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda, nantinya iklan berbayar akan muncul di bagian atas daftar saat orang menelusuri kata kunci pilihan Anda.
Kelebihan:
Kekurangan:
Endorsement
Endorsement adalah bentuk iklan berbayar dengan menggunakan jasa influencer, selebritis, dan tokoh-tokoh yang memiliki tingkat pengaruh dan kesadaran yang tinggi di depan publik. Jenis promosi ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan karena mayoritas audiens akhir-akhir ini banyak menggunakan media sosial sebagai sumber gaya hidup mereka.
Penampilan selebriti dapat memberikan dampak yang besar terhadap keputusan pembelian audiens. Ada baiknya jika anda melakukan riset pasar, memeriksa kredibilitas, daya tarik, dan kompatibilitasnya dengan brand Anda.
Kelebihan
Kekurangan
Lebih Efektif Mana ?
Jika ditanya mana yang lebih efektif? Jawabannya tergantung dengan tujuan Anda beriklan, entah itu untuk meningkatkan branding atau selling. Kalau endorsement memang lebih cocok untuk branding karena menggunakan pengaruh publik figur tersebut untuk meningkatkan citra brand kita.
Sebaliknya, paid advertising lebih cocok untuk meningkatkan selling karena bisa menentukan demografi dan minat konsumen sesuai keinginan. Selain itu paid advertising punya metrik yang jelas dan kita dapat mengukur setiap budget yang kita keluarkan bisa dapat berapa penjualan. Jika tertarik dengan PPC, Anda harus meluangkan waktu untuk belajar metriksnya agar dapat menentukan budget yang sesuai.
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game