04-Oct-2021 11:51
Penulis : Evelyn Melissa
Intip 7 Makanan Korea dari Serial Squid Game Untuk Ide Bisnis Kuliner

Squid Game, serial Netflix yang menyita perhatian masyarakat Indonesia, rupanya menampilkan 7 makanan korea klasik yang dapat Anda jadikan ide bisnis kuliner lho. Yuk simak artikel berikut.

1. Tteokbokki

tteokbokki

Masih ingat dengan scene  Seo Gi Hun mentraktir anaknya makan tteokbokki? Tteokbokki bisa jadi ide buat bisnis kuliner Anda karena mudah dibuat dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Tteokbokki alias kue beras merupakan jajanan kaki lima di Korea Selatan. Teksturnya kenyal dan gurih, dicampur dengan saus gochujang dengan sedikit rasa manis dan pedas. Tteokbokki biasanya disajikan dengan telur, daun bawang dan keju sebagai pelengkap rasa.

2. Permen Dalgona

dalgona candy squid game

Ide bisnis kuliner selanjutnya adalah Permen Dalgona yang merupakan camilan manis yang terbuat dari gula, sirup jagung, dan soda kue. Ini adalah makanan ringan jalanan klasik yang dicetak dengan berbagai jenis bentuk. Pada serialnya, para peserta diminta untuk memotong permen dalgona sesuai dengan bentuk yang dicetak pada permen. Tekstur permennya sendiri tipis dan keras sehingga perlu kesabaran dalam menyelesaikan tantangan tersebut. Di Korea sendiri, tantangan ini biasanya diberikan untuk anak-anak di sekolah. Bagi mereka yang berhasil melakukannya akan mendapatkan hadiah. 

3. Bento Box

food meals ala Squid game

Selain Jepang, Korea juga punya bento box nya sendiri. Mereka menyebutnya dosirak  atau bekal makan siang yang terdiri dari telur mata sapi, ditambah kimchi dan sebagian kecil sayuran sebagai side dish (makanan pendamping). Kalau dulu dosirak dikenal sebagai bekal homemade yang dibawakan untuk bekerja, sekolah, atau aktivitas lainnya. Namun sekarang hampir setiap minimarket di Korea telah menjual menyediakan dosirak.

4. Roti Soboro

Makanan Korea ala Squid Game

Pada hari kedua, kamu bisa melihat para peserta Squid Game dibagikan Roti Soboro atau Soboro-Ppang untuk sarapan. Ini adalah roti manis yang populer di Korea dengan streusel yang merupakan remah-remah yang terbuat dari tepung, mentega, dan gula, karena terbuat dari streusel, lapisan luar roti soboro renyah dan  dalamnya manis dan lembut. Roti  ini biasanya dipasangkan dengan susu.

5. Telur dan Cider

Makanan Korea di Squid Game

Di salah satu bagian permainan, para pemain hanya diberi cider dan telur.  Cider sendiri merupakan fermentasi sari buah apel dengan rendah alkohol. Merek cider terkenal disebut Chilsung Cider, sedangkan telur rebusnya adalah telur organik yang kebanyakan menjadi makanan di Jjimjilbang  atau tempat pemandian umum Korea.

6. T-Steak

Steak Korea

Menuju akhir permainan, 3 peserta Squid Game disajikan hidangan utama berupa T-Steak. Disebut T-steak karena terbuat olahan daging sapi bagian T-bone. Ada beberapa restoran Samgyupsal yang menawarkan T-Steak barbekyu. Karena memiliki tekstur yang empuk dan mirip dengan daging sapi bagian tenderloin, banyak sekali orang yang memfavoritkan daging sapi bagian T-Bone. 

7. Ramyeon

Makanan korea ala Squid Game

Sama seperti Indomie, Korea Selatan punya Ramyeon yang dijual di berbagai minimarket dan harganya juga murah. Proses pembuatan ramyeon cepat dan ideal dikonsumsi kapan pun dan di mana pun. Ramyeon juga identik sebagai camilan malam Korea yang disebut yasik, budaya makan camilan di malam hari. Ramyeon juga bisa disajikan dengan telur, daging ayam, dan daun bawang untuk menambah cita rasanya.

Nah itulah 7 makanan korea ala Squid Game yang dapat Anda coba sebagai ide bisnis kuliner. Selain mudah dibuat, sebagian makanan di atas juga cocok dengan lidah orang Indonesia. Apakah Anda tertarik mencobanya?