05-Jul-2021 11:06
Penulis : Evelyn Melissa
Kenali 5 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Diskon dan Promosi

Loyalitas pelanggan adalah prioritas anda saat ini, melalui promo atau diskon pelanggan lebih tertarik membeli produk anda. Promo yang Anda berikan bisa disertai dengan diskon (potongan harga) atau memberikan item gratis jika pembelian mencapai jumlah tertentu. Dengan demikian konsumen akan loyal pada bisnis anda, karena merasa anda sangat memperhatikannya.

 

Kenali 5 cara bagaimana loyalitas dibangun melalui sistem promo dan diskon.

 

1. Menerapkan Sistem Promo Beli A Gratis B

Siapa yang tidak senang jika mendapatkan promo? Promo memang selalu dinanti-nanti oleh pelanggan. Sebagai contoh anda dapat memberikan promo beli A gratis produk B, yang dikenal ampuh untuk meningkatkan penjualan. Kenapa? Karena dari sisi pelanggan, pemberian produk “gratis” terlihat menggiurkan. Pelanggan tidak segan untuk membeli produk tersebut hanya karena ingin mendapatkan produk gratis secara cuma-cuma. 

 

Jika ingin mengontrol manajemen promo lebih mudah, anda dapat menggunakan Fitur Promo dRetail. Fitur ini mempermudah anda membuat promo atau diskon, menentukan durasi berlakunya, dan menetapkan potongan harga yang diinginkan. Jika usaha anda memiliki cabang, anda dapat menggunakan fitur ini untuk menerapkan program promo di cabang-cabang pilihan. 

 

2. Memberikan diskon jika pembelian mencapai jumlah tertentu

Selain memberikan produk “gratis”, anda dapat memberikan diskon kepada pelanggan jika mereka mencapai pembelian dengan jumlah tertentu. Misalnya, pelanggan baru akan mendapatkan potongan harga Rp 50.000 jika pembelian mereka mencapai Rp 500.000.  Strategi seperti ini cukup efektif karena secara tidak langsung mendorong mereka untuk membeli dalam jumlah besar.

 

3. Mengapresiasi pelanggan dengan memberikan potongan harga member

Jika anda sudah cukup mendapatkan loyalitas pelanggan melalui diskon dan promo, anda mungkin dapat mencoba menerapkan sistem member untuk para pelanggan setia. Sistem membership akan membuat pelanggan merasa spesial karena dengan menjadi member, pelanggan berharap mendapatkan sesuatu yang personal dari anda. 

 

Di samping itu, untuk pelaku bisnis sistem membership dapat anda terapkan untuk mempelajari preferensi pelanggan lebih dalam. Informasi pelanggan dapat anda gunakan untuk merancang strategi bisnis jangka panjang. Dari sini anda dapat memanfaatkan riwayat transaksi member kemudian memberikan penawaran eksklusif yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

 

4. Meningkatkan customer retention dengan sistem poin

Customer retention merupakan upaya yang dilakukan agar pelanggan tetap membeli barang secara berkelanjutan. Untuk mewujudkannya, anda mungkin dapat menerapkan sistem poin untuk anggota member anda. Cara kerjanya sederhana, para member yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu nantinya akan mendapatkan poin dan dikumpulkan dalam batas waktu yang ditentukan untuk ditukarkan dengan hadiah eksklusif. 

 

Semakin besar dan semakin banyak melakukan transaksi, akan semakin banyak pula poin yang bisa dikumpulkan untuk mendapat hadiah eksklusif. Bisa dibilang ini menguntungkan kedua pihak, baik pelanggan dan si penjual. 

 

5.Manajemen Promo dan Diskon lebih mudah dengan dRetail

Keberhasilan strategi  ini juga harus diimbangi dengan perangkat yang memadai. Jika usaha anda memiliki banyak cabang dan bingung mengatur program promo dan diskon yang berlaku, anda dapat menggunakan aplikasi kasir dRetail. Anda dapat mengatur durasi promo per cabang dan menetapkan potongan diskon dan harga promo. Dengan cara ini tidak hanya penjualan anda meningkat, namun loyalitas pelanggan anda juga.