Kitchen Display Order vs Print Manual, mana yang cocok untuk restoran saya? Beberapa restoran masih menggunakan cara manual untuk mengambil pesanan, misalnya ada yang masih mencetak kertas pesanan untuk diteruskan ke bagian kitchen. Terus mana yang lebih baik? Sebenarnya itu tergantung pada preferensi dan infrastruktur restoran Anda. Pada artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan Kitchen Display Order dan Print Manual serta manakah yang lebih efisien untuk restoran Anda.
Kitchen Display Order (KDO)
Adalah fitur yang memudahkan Anda untuk mengirim pesanan otomatis ke bagian dapur. Pada fitur ini, bagian kasir tidak perlu mencetak resi pesanan karena bagian dapur dapat melihat daftar pesanan langsung dari tablet. Terdapat beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan fitur ini diantaranya :
1. Hemat kertas
Kebayang kan berapa lembar kertas yang dikeluarkan per harinya untuk mencetak pesanan. Nah, dengan KDO Anda tidak perlu memikirkan biaya belanja kertas, sebab ketika pesanan masuk dari kasir akan langsung diteruskan ke bagian dapur untuk di proses.
2. Mengurangi Kesalahan Pesanan
Say no pada human error! KDO meminimalisir kesalahan pesanan. KDO membantu staff dapur mengetahui pesanan mana yang sedang dimasak dan yang telah diantar ke meja pelanggan.
3. Interaksi antara dapur dan kasir lebih mudah
Saat restoran sedang ramai, bagian kasir adalah bagian yang bertanggung jawab dalam menerima pesanan, ini membuat staff kasir harus selalu stand by. Bila biasanya pesanan di cetak pada struk kasir, lalu diberikan kepada bagian dapur. KDO meminimalisir kontak antara kasir dengan dengan staff dapur. Daftar pesanan pelanggan dapat dilihat pada menu Kitchen Display, ini juga akan meminimalisir kesalahan pesanan.
Bedanya dengan Print Manual?
Print manual jelas berbeda dengan KDO. Printer manual jauh lebih hemat biaya daripada sistem tampilan dapur, menjadikannya pilihan yang lebih diinginkan bagi banyak orang. Ini juga merupakan cara tradisional restoran melacak pesanan dan apa yang paling nyaman bagi pemilik restoran.
Meskipun printer manual banyak digunakan oleh restoran, mereka punya risikonya sendiri. Salah satu masalah pertama dengan printer manual adalah Anda harus memiliki staff yang stand by untuk menerima pesanan. Maka ini kewajiban Anda untuk menyediakan pelatihan staff supaya pelayanan makin baik.
Berbicara soal tingkat efisiensinya, pada bagian kasir masih harus mencetak pesanan secara manual. Jika restoran Anda lagi ramai-ramainya, mencetak resi pesanan akan semakin sering, lebih boros, dan berisiko tercecer.
Dibanding KDO, printer manual mempunyai beberapa masalah. Yang terpenting, resi bisa hilang dengan mudah. Hal ini menyebabkan waktu memasak yang lebih lama dan pelanggan akan merasa frustasi menunggu pesanan datang. Selain itu, printer manual dapat mengganggu komunikasi antara staf bagian belakang dapur dan bagian kasir, terutama jika ada perubahan pesanan.
Bagaimana dRetail bisa membantu?
Kitchen Display Order dari dRetail menyediakan pendekatan yang lebih modern untuk mengelola bagian dapur restoran Anda. KDO kami akan mengatur alur makanan, waktu memasak, dan menentukan kapan pesanan bisa diantar ke meja. Dengan KDO semuanya lebih efisien dan hemat waktu. Sedangkan Print Manual memiliki pendekatan tradisional dengan tingkat biaya
Segera gunakan KDO dRetail dan cari tahu informasi selengkapnya disini
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game
Lupakan Input Manual, Cek 3 Tips Memilih Barcode Scanner untuk Toko Retail