Setiap bisnis restoran pasti telah menerapkan aturan standar resep yang baik. Untuk mempertahankan cita rasa dan nilai gizi yang terkandung dalam menu, penting bagi restoran untuk menerapkan manajemen resep. Di bawah ini ada beberapa informasi penting mengapa anda harus menggunakan manajemen resep .
Resep makanan sebenarnya hanya sebuah alat bantu yang sangat penting untuk kegiatan memasak. Resep hanya serangkaian catatan yang berisi informasi penting tentang masakan tertentu, berkenaan dengan bahan, bumbu, dan cara membuat makanan. Namun, semuanya dicatat dan disusun rapi sehingga menjadi standar resep makanan. Ketika memasak suatu makanan, Anda wajib memperhatikan segala hal yang harus dilakukan agar dapat menciptakan makanan sesuai selera. Standar resep yang telah dibuat harus diterapkan supaya bisa menciptakan kualitas makanan dan kuantitas makanan akan tetap terjaga.
Selanjutnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan. Manajemen resep sebuah restoran pasti telah membuat standar resep dengan sangat teliti. Standar tersebut berkenaan dengan tata cara ataupun petunjuk dalam persiapan memasak, memperhitungkan porsi, bahan makanan yang diperlukan, waktu yang diperlukan untuk memasak, dan cara menghidangkannya. Jadi, adanya manajemen resep sangat menentukan standar resep bagi usaha restoran.
Standar resep yang tersusun baik akan menciptakan sebuah masakan yang bermutu tinggi, lezat, dan kaya akan gizi. Dengan kondisi seperti ini, keberhasilan memasak akan memuaskan para pelanggan restoran tersebut. Pelanggan pasti akan datang kembali lagi bahkan mungkin saja akan mempromosikan restoran Anda dari mulut ke mulut. Jadi, manajemen resep akan membuat pelanggan merasa puas dan bisnis restoran Anda akan semakin mendapatkan untung.
Ternyata, manajemen resep juga sangat penting pengaruhnya terhadap manajemen anggaran untuk persediaan atau bahan baku makanan. Ketika Anda membuat suatu makanan, sudah pasti terdapat beberapa bahan baku yang dibutuhkan. Dengan manajemen resep, segala bahan baku yang dibutuhkan telah tercatat. Dengan demikian, Anda bisa menyediakan anggaran yang cukup untuk menciptakan sebuah makanan. Intinya, usaha restoran Anda akan terhindar dari pemborosan untuk bahan baku.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, manajemen resep meliputi setiap kegiatan dalam membuat makanan. Semua tercatat secara rinci, baik bahan baku yang digunakan, cara mengolah, cara menyajikan, hingga cara perawatan. Di dalam manajemen resep juga terdapat petunjuk atau cara membuat makanan yang lengkap dengan pemanfaatan alat-alat yang ada. Dengan petunjuk yang tersedia, karyawan restoran akan lebih mudah dalam mengerjakan proses produksi makanan.
Manajemen resep sangat penting untuk mendukung kelancaran usaha restoran Anda. Untuk efektivitas yang lebih tinggi, dRetail menyediakan aplikasi yang sangat penting untuk manajemen resep bisnis restoran Anda. Manajemen Resep dRetail menjamin Anda tidak akan keliru mencatat jumlah item yang terjual setiap hari. dRetail Manajemen Resep dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Inventory Of Raw Materials yang sangat penting untuk mencatat jumlah stok yang akan habis dan memudahkan Anda untuk dapat membuat order pembelian bahan baku makanan ke supplier.
Anda juga akan mudah mengatur anggaran untuk memproduksi makanan dengan fitur Simple COGS. Untuk menambahkan topping atau atau modifikasi pesanan pelanggan sesuai keinginan, Anda bisa memanfaatkan fitur Modifier. Ayo, saatnya maksimalkan keuntungan usaha Anda dengan aplikasi dRetail. Daftar sekarang di sini!
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game