Menemukan solusi manajemen inventaris yang tepat juga dapat membantu Anda menjaga stok dengan lebih efektif. Jika Anda memiliki persediaan persediaan yang berlebih, maka Anda berisiko kehilangannya dan terbuang percuma. Manajemen inventaris dapat melacak riwayat barang yang dijual dan dapat membantu Anda memperkirakan permintaan di masa mendatang.
Setiap restoran mengisi ulang inventaris mereka secara berbeda. Ada banyak faktor dan pertimbangan berbeda yang terlibat, seperti barang apa yang dikonsumsi selama waktu apa hari itu. Hal ini membuat sulit untuk memperkirakan permintaan, karena fakta bahwa orang tidak makan makanan yang sama setiap hari. Terlebih lagi, tantangan seperti kualitas, kesegaran, dan masalah kesehatan perlu dipertimbangkan saat memesan dan menyimpan makanan.
Jika restoran menyimpan terlalu banyak barang tertentu dan tidak semuanya digunakan dalam jangka waktu tertentu, hal itu mengakibatkan makanan menjadi buruk dan mengakibatkan hilangnya uang untuk bisnis tersebut. Demikian pula, jika restoran kekurangan stok dan kehabisan barang, pelanggan tidak dapat dilayani, hal ini dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan.
Dengan memiliki sistem manajemen inventaris yang kuat, Anda dapat:
Membuat proses lebih efisien dan mengurangi kemungkinan barang yang mudah rusak terbuang dengan percuma
Tempatkan produk makanan ke rak lebih cepat sehingga produk tersebut masih matang untuk pelanggan
Mengurangi jumlah limbah
Mengoptimalkan keamanan pangan, mengurangi masalah risiko kesehatan pangan
Meningkatkan proses transit dan pengemasan, mengurangi biaya
Sistem manajemen inventaris dapat berkomunikasi dengan anggota rantai pasokan Anda dan dapat menghasilkan akses ke informasi tentang produk secara real-time. Ini memberikan visibilitas yang lebih tinggi dan memungkinkan Anda melacak pengiriman tertentu jika muncul masalah. Ada sejumlah besar data yang dibagikan yang dapat memberikan wawasan tentang masalah keselamatan, pengiriman, dan kelebihan stok.
dRetail merupakan salah satu aplikasi yang mendukung bisnis di industri F&B. Fitur-fitur yang dihadirkan sangat menarik dan bermanfaat, seperti Manajemen Inventory. Fitur ini memudahkan pencatatan penjualan setiap hari secara otomatis. Fiturnya meliputi:
1. Manajemen Pembelian
Pencatatan jumlah stok yang akan habis dan memudahkan Anda untuk dapat membuat order pembelian ke supplier.
2. Manajemen Gudang
Mengontrol stok gudang dimanapun dan kapanpun dengan Manajemen Gudang.
3. Manajemen Stok
Pendataan dari setiap pemasukan serta pengeluaran stok untuk outlet semakin praktis dengan Manajemen Stok.
4. Manajemen Resep
Bebas keliru pencatatan jumlah item yang terjual setiap hari dengan fitur Manajemen Resep.
Dalam industri makanan, setiap hitungan detik dan setiap item dalam inventaris Anda harus dijual atau digunakan pada tanggal tertentu. Anda ingin memastikan bahwa makanan Anda segar, dan Anda tidak terlalu banyak menimbun atau kekurangan stok.
Itulah sebabnya, dengan sistem manajemen inventaris yang efisien dapat membantu Anda lebih menonjol dari pesaing dan membuat bisnis Anda dapat berkembang dengan baik. Klik di sini untuk coba GRATIS 14 hari dRetail Apps.
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game