17-Jan-2023 16:40
Penulis : Evelyn Melissa
‘‘Sudah punya Membernya kak?” Ini Enaknya Pakai Sistem Membership Point buat Keberlangsungan Bisnismu

“Sudah punya membernya kak?” Pernahkah kamu mendengar kalimat ini ketika bertransaksi di kasir? Sistem Membership sepertinya sudah tidak asing lagi untuk para pemilik bisnis FnB, ritel, dan service. Pasalnya dengan sistem membership, pelanggan mendapatkan berbagai keuntungan dan potongan harga dari situ. Biasanya sistem membership diterapkan bersamaan dengan sistem poin. Dimana cara kerjanya adalah ketika pelanggan berhasil mengumpulkan poin, mereka mendapatkan reward berupa potongan harga atau free item. Ini mendorong daya beli pelanggan untuk segera mengumpulkan poin agar mendapatkan reward. 

 

Nah, sistem membership point dapat diaplikasikan pada bisnismu dengan praktis melalui bantuan software kasir dRetail. Simak hal apa saja yang bisa anda dapatkan dari sistem membership point dengan bantuan point of sale system dRetail. 

 

Bisa Atur jumlah Point Reward sesuai kebutuhan

 

Saat anda memutuskan untuk membuat sistem membership poin, anda tidak perlu pusing saat ingin mengaplikasikannya ke dalam kasir. Atur jumlah point reward sesuai kebutuhan melalui website back office. Disini anda bisa mulai membuat program poin sesuai dengan ketentuan yang diinginkan. Di bagian general settings, isi nama program dan deskripsinya lalu save untuk menyimpan program.

 

Dapat menentukan Syarat dan Ketentuan untuk mendapatkan poin

 

Setelah anda mengisi nama dan deskripsi program poin yang akan dijalankan. Pada menu Point Terms, tentukan dulu syarat dan ketentuan yang diinginkan. Misalnya pelanggan akan mendapatkan 100 poin jika mereka membeli item tertei  ntu atau bisa juga pelanggan mendapatkan 100 poin jika mereka bertransaksi dengan minimum tertentu dan pilih item yang ingin dikenakan poin. 

 

Tetapkan periode pemberlakuan poin untuk memunculkan rasa urgensi untuk membeli

 

Untuk memunculkan rasa urgensi, sebuah program promosi harus disertai dengan periode waktu. Anda dapat menerapkan periode waktu dalam program membership point apakah poin berlaku untuk setiap hari atau hari-hari tertentu saja. Dengan diberlakukannya jangka waktu point, akan mendorong pelanggan dalam melakukan transaksi sebelum program poin berakhir.

 

Selain Meningkatkan daya beli pelanggan, Penjualan item juga meningkat

 

Siapa yang tidak senang jika kita berhasil mendapatkan poin setelah berhasil memenuhi persyaratannya. Ketika pelanggan berhasil mendapatkan poin, mereka akan terpancing untuk melakukan pembelian berulang (repeat order) dan alhasil penjualan item juga meningkat. Sistem membership poin disebut-sebut berhasil meningkatkan pelanggan setia,  nah seiring dengan meningkatnya kesetiaan konsumen, mereka akan berkontribusi langsung kepada pertumbuhan bisnis. Misalnya saat pelanggan senang berbelanja dan mendapatkan poin mereka akan menyebarkan testimoni dari mulut ke mulut tentang bisnismu. Alhasil akan mendatangkan pelanggan baru.