28-Dec-2020 15:37
Penulis : Detty Resetya Ulyana
5 Tips Mengelola Minimarket yang Potensial di Era Kehidupan Normal Baru

Dengan adanya dampak dari pandemi virus corona (COVID-19), pengusaha minimarket harus memiliki strategi khusus agar usaha yang dijalankan dapat terus bertahan. Bagi Anda yang memiliki usaha di minimarket, Anda masih bisa memperbesar keuntungan bisnis di masa new normal ini. Berikut ini, beberapa 5 tips mengelola minimarket yang potensial di era new normal.

Laporan Keuangan Tersusun Rapi

Setiap bisnis wajib membuat dan menyusun laporan keuangan dari operasional usahanya. Aktivitas ini tidak dibatasi oleh kondisi tertentu karena selama bisnis berjalan maka laporan keuangan wajib dibuat. Tapi, di era new normal ini laporan keuangan menjadi lebih vital dibandingkan sebelumnya.

Anda harus mencatat arus pendapatan yang akurat, termasuk membuat laporan laba rugi dan perencanaan kas yang baik. Adanya laporan keuangan yang tersusun rapi akan sangat membantu dalam meningkatkan potensial bisnis minimarket sekaligus untuk menanggulangi dampak yang diakibatkan oleh pandemi virus corona belakangan ini.

Dalam situasi new normal, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan sehingga perlu bagi Anda untuk melihat kemampuan finansial bisnis dari laporan keuangan. Laporan keuangan yang tersusun dengan rapi akan memastikan usaha minimarket Anda tidak akan kesulitan dalam menentukan arah bisnis ke depannya.

 

Monitoring Efisiensi Operasional Usaha

Pengelolaan usaha minimarket yang baik dapat dilihat dalam segi operasional usaha. Salah satu efeknya akan Anda ketahui dari tingkat kepuasan pelanggan. Maka dari itu, di masa new normal ini Anda harus membuat operasional bisnis yang efisien dan agar pelanggan menjadi lebih mudah saat melakukan pembelian. Misalnya, Anda bisa memaksimalkan penggunaan dua mesin kasir atau aplikasi POS yang bisa mempercepat pelanggan dalam menerima pelayanan.

Perlu Anda sadari bahwa secara umum pelanggan lebih memilih untuk belanja di minimarket dengan alasan kecepatan serta kemudahannya. Maka dari itu, Anda operasional usaha yang sudah dibangun masih harus tetap terkontrol dan termonitor dengan maksimal supaya pelanggan mendapatkan kepuasan dan akan tertarik untuk menjadi pelanggan reguler di minimarket Anda.

 

Mengoptimalkan Pengelolaan Stok Barang

Masa new normal menuntut bisnis minimarket Anda untuk segera mendapatkan margin keuntungan yang cepat naik. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk mengoptimalkan pengelolaan stok barang atau inventory. Anda harus bisa memilih supplier dengan penawaran yang lebih menguntungkan. Untuk memulainya, Anda bisa memeriksa dari laporan penjualan secara berkala. Dari laporan tersebut Anda akan tahu stok atau persediaan yang perlu dibeli ulang dan produk yang paling banyak diminati pembeli.

Mengoptimalkan pengelolaan stok barang juga harus disertai dengan kejelian dalam mengontrol kualitas produk yang dijual. Jika memang ada produk yang memiliki kualitas di bawah standar, maka sebaiknya segera return ke supplier dan carilah produk lain yang serupa dengan kualitas yang lebih baik. Dengan adanya dampak dari pandemi virus corona (COVID-19) dan di masa-masa new normal seperti ini, pelanggan tentu lebih membutuhkan kepastian atas tersedianya produk tertentu. Jadi, pastikan perputaran produk dalam minimarket selalu terjaga.

 

Memberikan Perhatian Kepada Tenaga Kerja

Di era new normal ini, banyak tenaga kerja atau karyawan perusahaan yang merasa kecewa karena kurang diperhatikan oleh petinggi perusahaan tempatnya bekerja. Jika Anda ingin mengelola bisnis minimarket dengan baik di era new normal ini, maka Anda tidak bisa melewatkan perhatian atas kebutuhan tenaga kerja.

Tenaga kerja atau karyawan sangat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Maka dari itu, jika Anda ingin menang bersaing di masa new normal ini, Anda harus mengelola karyawan atau tenaga kerja terlebih dahulu. Anda harus mengukur banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan dan memberikan tugas sesuai dengan kompetensi masing-masing. Anda juga harus membuat regulasi dan kebijakan yang saling menguntungkan, baik untuk Anda selaku pemilik usaha minimarket maupun untuk para tenaga kerja.

 

Efisiensi Manajemen Minimarket dengan dRetail

Mengelola usaha minimarket di saat new normal memang sangat membutuhkan efisiensi bisnis. Maka dari itu, Anda harus selalu fokus agar bisnis dapat tetap berjalan dengan situasi yang tengah dihadapi saat ini. Bisnis minimarket tentu saja sangat mengedepankan fokus kepada kepuasan pelanggan. Anda harus menggunakan pendekatan dan strategi yang tepat dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki.

Saat ini, Anda bisa lebih fokus untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan berbagai macam aplikasi penjualan. Misalnya dRetail. Aplikasi berbasis cloud ini akan membuat bisnis minimarket Anda mendapatkan rating yang tinggi dari para pelanggan. dRetail akan meringankan pekerjaan karyawan / staff dari  minimarket Anda. Untuk memanfaatkan kemudahan fitur-fitur dRetail ini, Anda hanya perlu melakukan registrasi di sini. FREE TRIAL selama 14 hari akan Anda dapatkan jika melakukan pendaftaran sekarang.