Inventory
Daftar "Inventory"

Daftar data yang pertama kali akan tampil pada menu master data merupakan data dari raw material.

Langkah membuat data Raw Material adalah sebagai berikut. Buat data unit > buat data conversion > buat data raw material

Petunjuk kegiatan 

Unit, Klik tombol tambah unit kemudian akan tampil daftar data unit

Conversion, klik icon tambah conversion , akan tampil daftar data conversion. Data unit akan digunakan pada proses tambah data convertion sebagai data satuan dari suatu barang.

Raw material, klik icon tambah raw material untuk menambah data material. Data conversion akan digunakan pada proses tambah data raw material.

Upload, Halaman Upload Pada menu ini terdapat 2 fitur tambahan yaitu :

  • Add raw material

  • Edit raw material

Berikut penjelasannya : 

A. Add Raw Material, Langkah pertama yang harus dilakukan untuk upload raw material adalah tambahkan konversi yang dibutuhkan, di menu berikut :

 

Setelah konversi yang dibutuhkan tersedia, maka Langkah selanjutnya adalah : Download “Sample Format File”.

Setelah di update maka system akan langsung mendownload 3 sheet yang nanti nyadi perlukan, seperti berikut :

 

1. Conversion, sheet ini berisi konversi yang telah di buat di web admin *jika konversi belum tersedia maka tambahkan di web admin lalu download Kembali “sample format file.

Consumption Department Raw material yang di upload di tambahkan dengan department yang sudah tersedia*hanya yang tersedia disini.

Master Raw Material, ubah data di sini sesuai dengan raw material yang akan di upload.

Raw Material Code, isi dengan bebas ( jika dikosongkan maka systemyang akanmembuat otomatis) 

- Name, nama raw material 

- Konversi, gunakan konversi yang sudah tersedia di sheet conversion 

- Low Stock, stok terendah 

Setelah data siap, maka Kembali ke web admih dan “Choose File”, pilih file dari perangkat lalu klik :

- Upload to all  raw material terupload ke semua branch 

- Upload  hanya terupload ke master data

- Consumption Department, isi dengan consumption department yang tersedia di sheet consumption department.

 

B. Edit Raw Material 

Langkah pertama untuk melakukan edit upload raw material adalah download “Existing master file”


Lalu system akan otomatis mendownload 2 sheet sekaligus, yaitu : Master raw data, dan Consumption department

Berikut tampilan “Master Raw Data”

Data ini adalah data raw material yang terdapat di master data Ubah data, kecuali ID Raw Material, dan Raw Material Code Kecuali jika datanya kosong

 

 

 

 

 

Setelah data siap, maka Kembali ke web admin dan “Choose File”, pilih file dari perangkat lalu klik : Upload to all  raw material terupload ke semua branch  atau Upload  hanya terupload ke master data

Expense 

Merupakan daftar data kebutuhan yang tidak berhubungan dengan data produk, langkah membuat data expense adalah sebagai berikut: buat data Expense Group  buat data Expense. daftar data yang tampil setelah masuk pada menu expense merupakan data dari expense.

 

Petunjuk kegiatan

 

Expense Group, merupakan daftar nama data expense. Klik tombol Expense Group  Isi form  Simpan data, data ini dapat dihapus. 

 

New Expense , berisi data expense. Klik tambah Expense  Isi form  Simpan data, data ini dapat dihapus.


Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berfungsi untuk mencatat berbagai macam Supplier yang dibutuhkan di tempat usaha Anda. Fitur ini akan mencatat data-data Supplier yang sudah bekerjasama dengan Anda dan mempermudah Anda untuk mencari data Supplier jika ada kebutuhan, berikut caranya :Caranya :

  • Login terlebih dulu ke backoffice dRetail
  • Pilih menu "Inventory" dan klik submenu "Supplier"
  • Sistem akan menampilkan list Supplier, untuk membuat data baru klik icon (+)
  • Masukkan data-data Supplier yang dibutuhkan
  • Masukkan kode Supplier di textbox "Kode Supplier"
  • Masukkan Nama, Nomor Telepon, Alamat, dan Email di combobox yang tersedia
  • Tentukan branch mana yang akan melakukan transaksi dengan Supplier tersebut
  • Tentukan juga jatuh tempo pembayaran di textbox "Terms of Payment"
  • Jika semua data sudah dilengkapi, klik "Save"
  • Data baru Supplier akan muncul di "Supplier List"
Apakah artikel ini membantu ?

Selain fitur Supplier, dRetail memiliki fitur Purchase, dimana fitur ini akan mencatat data pembelian Anda kepada Supplier dengan lengkap. Di fitur ini juga terdapat data pembelian seperti pembelian terbaru, riwayat pembelian dan pembelian yang sudah lunas. Berikut penjelasannya:Caranya :

  • Login terlebih dulu ke backoffice dRetail
  • Klik menu "Inventory" dan submenu "Purchase"
  • Sistem akan menampilkan data semua proses Purchase yang akan dilakukan. Data tersebut berisi tipe barang, kode barang, nama barang, unit, qty, price per unit, subtotal dan deskripsi
  • Jika Anda akan melakukan Purchase, pastikan halaman web berada di "Add Purchase"
  • Lalu pilih tipe pembelian di combobox "All", dibawah box tanggal
  • Pilih branch mana yang akan melakukan proses pembelian di box "Branch Inisiator"
  • Lalu pilih Supplier di box "Supplier" dan berikan deskripsi pembelian di textbox "Berita"
  • Setelah semua diisi, klik "Lanjutkan"
  • Sistem akan menampilkan data pembelian untuk memastikan pembelian sudah sesuai, lalu klik "Save"
  • Data akan terkirim ke Supplier, dan Anda bisa mengecek riwayat pembelian di "History Purchase"
  • Anda juga bisa mengecek pembelian yang sudah dilakukan di "Close Purchase"
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berisi mengenai data semua gudang yang dimiliki oleh suatu company. Sebelum melakukan pengisian data warehouse diharuskan membuat data master terlebih dahulu. 

 

Saat ingin melakukan input data silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Klik menu “Company Setup” dan pilih sub-menu warehouse
  • Lalu klik ikon tambah (+) dan Isi form sesuai kebutuhan
  • Kemudian simpan data

Jika ingin mengedit data :

  • Klik nama yang akan di edit
  • Ubah data sesuai kebutuhan
  • Klik simpan

Untuk menambahkan data item warehouse :

  • Klik ikon List Item untuk menampilkan daftar item yang tersedia.
  • Kemudian isi daftar item sesuai kebutuhan 
  • Klik Update untuk menyimpan data pembaharuan
Apakah artikel ini membantu ?

Payment adalah pembayaran dari pembelian bahan baku ke Supplier, mengecek Raw Material apa saja yang sudah terbayar dan status pembayaran yang masih pending.Caranya :

  • Pastikan Anda sudah melakukan pemesanan barang yang akan Anda beli pada menu Purchase
  • Jika sudah untuk melakukan data pembayaran ini klik menu "Cash Activity"
  • Klik sub-menu "Payment"
  • Setelah masuk pada halaman "Item to Pay" Anda dapat memilih tipe pembayaran yang ada. Contoh, klik "All"
  • Jika Anda memilih "All" maka pada list item to pay akan ada banyak tipe pembayaran sesuai dengan ketetapan yang diterapkan
  • Jika Anda memilih "Pending" tipe payment pada list item to pay akan otomatis menjadi list data pembayaran yang tertunda
  • Selanjutnya pilih cabang yang pada combobox "All Branch" jika ada pembayaran yang ditujukan langsung pada cabang tersebut
  • Isi pula tanggal awal dan akhir untuk memastikan waktu pemesanan
  • Untuk lebih mempermudah pada textbox "Search" Anda dapat melakukan pencarian barang atau supplier untuk melakukan pembayaran
  • Setelah menemukan barang mana saja yang akan di bayar klik "PO Number" untuk melanjutkan ke tahap berikutnya
  • Jangan lupa isi textbox "Tanggal Pembayaran" yang sesuai dengan hari pembayar kepada Supplier
  • Setelah itu klik box (✔) untuk memilih list barang pesanan di bagian ujung kanan tabel pembayaran
  • Klik "Pay"
  • Dan Anda dapat mengunduh tabel total pembayar pada menu "Payment List" dengan klik "Payment Number" file akan otomatis terunduh pada device Anda
Apakah artikel ini membantu ?

Fitur ini berisi mengenai data retur barang yang berasal dari data payment Cash Activity. Fitur Retur dibagi menjadi tiga bagian: 

1. History Retur 

Untuk menampilkan data retur yang berasal dari pengisian data pada fitur payment yang berada pada menu cash activity.

Cara Penggunaan :
  • Klik tombol Search untuk menampilkan semua datanya
  • Klik Unduh untuk mendapatkan file data retur
  • Klik Nomor ref untuk menampilkan detail data retur

2. History Purchase

Berisi riwayat Purchase yang masuk pada data Retur.

Cara Penggunaan : 
  • Klik Search untuk melakukan pencarian data berdasarkan branch dan supplier.
  • Klik Nomor PO untuk melanjutkan proses data retur.
  • Selanjutnya akan tampil data konfirmasi.
  • Lengkapi data
  • Klik Simpan

3. Retur

Merupakan daftar data retur yang belum di konfirmasi dan baru saja di konfirmasi dari menu History Purchase.

Cara Penggunaan :
  • Klik Search untuk melakukan pencarian data berdasarkan branch dan supplier.
  • Klik tombol Unduh ( download )
  • Selanjutnya klik nomor ref untuk menampilkan data konfirmasi
  • Lalu klik tombol Kas dan simpan retur data

 

Apakah artikel ini membantu ?

Pada versi terbaru ini ditambahkan perhitungan COGS/HPP pada paket item, sehingga sistem dapat memberikan estimasi actual price pada paket item dengan akurat.

Penerapan nya sebagai berikut :

1. Berikut Tampilan Menu – Paket Item

Masuk terlebih dahulu ke Menu – Paket Item lalu klik pada kolom item list untuk menambahkan item ke paket tersebut.  

2. Berikut Tampilan Item List

Pilih branch terlebih dahulu untuk menentukan harga COGS per item harga cogs per-item ditentukan oleh settingan “COGS based on” di menu branch. Lalu tambahkan item (input nama dan qty maka harga otomatis ditampilkan) lalu simpan

Penjelasannya seperti berikut

Pada menu Company Setup – Branch terdapat parameter harga COGS 

Actual Price → harga mengikuti harga actual pada kolom actual price di item branch

Contoh : Demo 1 > Actual Price

Dengan Item Nasi Goreng dan Q

Harga COGS item diatas diambil dari actual price item branch dan masih dapat diubah

Purchase Price → Diambil dari harga Estimasi Actual Price dari ingredient

Contoh : Demo 2 > Purchase Price Dengan Item Nasi Goreng dan Qty 1

Harga COGS item diatas diambil dari item branch - actual price setelah dilakukan perhitungan HPP sehingga nilai nya tidak dapat diubah.

Perhitungan HPP pada ingredient di item

Detail Item - Ingredients

3. Edit Item in Paket 

Klik pada action  

Berikut Tampilan Popup Edit Item in Paket

Item name tidak dapat diubah, perubahan hanya dapat dilakukan pada “Besaran” 

4. Delete Item in Paket

Klik pada action

Berikut Tampilan Popup Konfirmasi Delete Item

Klik Yes, delete maka item otomatis dihapus 

Apakah artikel ini membantu ?

 

Inventory atau Master Data digunakan untuk mendaftarkan semua satuan, konversi dan bahan baku yang digunakanCaranya :
  • Klik Inventory > Master data
  • Hal yang pertama wajib di buat adalah unit
  • Dalam list satuan, user dapat melakukan Add Satuan dan Update Satuan
  • Untuk menambahkan satuan, user klik tombol "New Satuan" tombol bulat (+)
  • Input nama satuan contohnya "kilogram" lalu "Save"
  • Lalu buat kembali satuan nya Contohnya "Gram"
  • List Konversi Untk membuat konversi yang di inginkan
  • Klik tombol "New Konversi"
  • input nama konversi pada textbox dengan contoh "kg ke gram"
  • User pilih satuan pada combobox satuan Dengan cara memilih Unit yang dibuat. Contoh, klik Kilogram lalu pilih bagi isi kolom 1000 Lalu pilih combobox satuan Gram
  • Setelah itu klik tombol "Save"
Apakah artikel ini membantu ?