“Ka minta tips nya dong buat pelanggan yang hobinya nongkrong lama di kafe tapi tidak pernah pesen lagi”,
Jujur saja ini menjadi permasalahan umum bagi setiap pemilik cafe dimana-mana pasti pernah menemukan jenis pelanggan yang seperti ini. Bahkan mungkin saja ketika kita menjadi pelanggan di kafe lain, kita sering menerapkan mindset “beli kopi aja, nongkrongnya seharian”, kan?
Tapi coba kita lihat dari sisi pandang pemilik kafe, mereka dirugikan karena tidak adanya timbal balik yang diberikan oleh pelanggan. Manner yang baik harus dijalani dua arah dari sisi pelanggan maupun owner. Berikut kami memiliki tips menghadapi pelanggan jarang memesan lagi ketika nongkrong di cafe.
1. Terapkan kebijakan waktu
Tentukan kebijakan waktu maksimum yang dapat digunakan oleh setiap pelanggan. Misalnya, batasi waktu penggunaan meja hingga 2 jam atau lebih sesuai kebijakan kafe. Sampaikan kebijakan ini dengan sopan melalui tanda atau pemberitahuan di tempat duduk atau menu.
Untuk menghadapi pelanggan yang sering nongkrong tapi tidak pernah order lagi, penting bagi pemilik kafe untuk memantau sudah berapa lama waktu yang mereka habiskan disana. Fitur table timer dapat anda pasang melalui tablet dRetail, table timer akan menghitung mundur sesuai dengan waktu yang anda tetapkan. Nanti akan ada notifikasi pada tablet jika waktu sudah habis.
Setelah itu coba hampiri pelanggan dengan senyuman dan ramah. Lakukan upselling dengan mengajukan pertanyaan apakah mereka mau membuat pesanan lagi atau tidak. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, Anda dapat meningkatkan interaksi dengan mereka dan membangun ikatan yang lebih kuat.
Rancanglah menu yang menarik dan beragam untuk menarik perhatian pelanggan. Sediakan pilihan minuman dan makanan yang bervariasi dan sesuai dengan selera mereka. Anda juga dapat menggabungkan beberapa menu menjadi satu paket agar memberikan penawaran lebih menarik dengan harga terjangkau, ini akan mendorong pelanggan untuk memesan lebih banyak.
Tips lainnya adalah sediakan area khusus seperti ruang meeting atau ruang santai yang dapat digunakan oleh pelanggan yang ingin nongkrong lebih lama. Dengan menyediakan pilihan ini, Anda dapat memisahkan antara pelanggan yang ingin duduk lebih lama dengan pelanggan lain yang ingin mencari tempat duduk untuk makan atau minum.
Itulah beberapa tips bijak yang dapat anda terapkan jika menghadapi situasi pelanggan yang berlama-lama nongkrong tapi jarang order lagi. Terapkan batasan waktu untuk setiap meja dengan Fitur Timer Table, supaya setiap pelanggan memiliki giliran untuk menempati meja yang tersedia. Penting bagi anda menggunakan Fitur Sales Real-time pada aplikasi dRetail Mobile, agar dapat melihat transaksi di setiap meja secara langsung.
Kitchen Display Order vs Print Manual, Mana yang Cocok untuk Restoran Saya?
4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Data Penjualan
4 Tipe Diskon untuk Menarik Minat Pelanggan
Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Para Pelaku Bisnis
Red Light Green Light! Simak 5 Pelajaran Bisnis dari Squid Game